Comscore Tracker

Biro Perjalanan: Pengertian, Jenis dan Fungsinya

Penjelasan apa itu biro perjalanan

Istilah biro perjalanan mungkin sudah sering kamu dengar. Dalam UU Nomor 9 Tahun 1990 bagian kedua pasal 12 menyebutkan bahwa Biro Perjalanan adalah usaha penyedia jasa perencanaan dan atau jasa pelayanan dan penyelenggaraan wisata.

Menurut RS Damardjati (2009) dalam bukunya, biro perjalanan merupakan perusahaan yang khusus mengurus dan menyelenggarakan perjalanan dan persinggahan orang-orang yang ingin berwisata termasuk kelengkapan perjalannannya dari suatu tempat ke tempat lain, baik itu di dalam negeri maupun luar negeri.

Biro perjalanan merupakan suatu kegiatan ekonomi berupa pemberian jasa yang diperlukan dalam rangka perjalanan. Contohnya seperti pembelian tiket, pengurusan paspor atau visa, penginapan dan acara darmawisata.

Dapat kita simpulkan, biro perjalanan merupakan kegiatan bisnis bersifat komersial yang mengatur serta menyediakan pelayanan bagi seseorang atau sekelompok dalam melakukan perjalanan dengan tujuan utama yaitu berwisata. Untuk mengetahui apa itu biro perjalanan lebih luas, simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga: Biro Travel Bakal Kesulitan Kirim Seluruh Jemaah yang Batal Umrah

1. Ruang lingkup biro perjalanan

Biro Perjalanan: Pengertian, Jenis dan FungsinyaPexels
  • Membuat, menyelenggarakan, serta menjual paket-paket yang diperlukan untuk wisata perjalanan.
  • Mengurus transportasi seseorang atau sekelompok orang yang akan mengikuti wisata perjalanan.
  • Mengurus segala dokumen yang dibutuhkan wisata perjalanan seperti paspor dan visa.
  • Membuat panduan untuk perjalanan wisata.
  • Melayani penyelenggaraan konvensi.

2. Fungsi biro perjalanan

Biro Perjalanan: Pengertian, Jenis dan Fungsinyaunsplash.com/Estée Janssens

1. Fungsi umum
Secara umum, biro perjalanan berfungsi sebagai badan usaha yang memberikan segala informasi mengenai suatu hal yang berhubungan dengan dunia perjalanan pada umumnya dan perjalanan wisata pada khususnya.

2. Fungsi khusus
Biro perjalanan memilki fungsi khusus antara lain:

  • Sebagai perantara
    Dalam kegiatannya, biro perjalanan bertindak atas nama perusahaan lain dan menjual jasa-jasa perusahaan yang diwakilinya tersebut. Oleh karena itu, biro perjalanan memiliki posisi yang menghubungkan antara wisatawan dan industri wisata.
  • Sebagai pengorganisasi atau pengatur
    Biro perjalanan mengatur segala kegiatan perjalanan wisata. Dalam menggiatkan usaha, biro perjalanan ini aktif menjalin kerjasama dengan perusahaan lain baik di dalam negeri maupun luar negeri. Adapun fasilistas yang dimilikinya akan dimanfaatkan sebagai dagangannya.
  • Sebagai badan usaha perjalanan
    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, biro perjalanan memiliki fungsi khusus sebagai badan usaha yang merencanakan dan menyelenggarakan perjalanan wisata dengan tanggung jawab dan resikonya sendiri.

Baca Juga: Kemenag Minta Biro Travel Bersiap Usai Jemaah RI Dibolehkan Umrah

3. Jenis biro perjalanan

Biro Perjalanan: Pengertian, Jenis dan FungsinyaUnspalsh/AbbyZavgorodniaia

Biro perjalanan memiliki tiga jenis yang berbeda. Adapun tiga jenis tersebut antara lain:

  • Biro perjalanan wisata
    Biro perjalanan wisata adalah biro perjalanan yang bergerak di bidang yang paling umum. Biro perjalanan wisata ini biasanya menyediakan paket perjalanan wisata dan kegiatan wisata singkat. Misalnya, berkeliling kota atau museum.
  • Biro perjalanan bisnis
    Biro perjalanan bisnis adalah biro perjalanan yang berfokus kepada perjalanan yang berkaitan dengan urusan bisnis. Misalnya, pariwisata MICE (Meeting, Insentif, Conference dan Exhibition).
  • Biro perjalanan khusus
    Biro perjalanan khusus adalah biro perjalanan yang sifatnya lebih khusus di mana perjalanan wisatanya dipandu oleh pengawal atau tour guide yang benar-benar mengetahui seluk-beluk dan kegiatan geografis dari tempat wisata tersebut. Misalnya seperti wisata petualangan, wisata agama, wisata kesehatan dan banyak lagi.

4. Perbedaan biro perjalanan dengan agen perjalanan

Biro Perjalanan: Pengertian, Jenis dan FungsinyaPexels.com/Gratisography

Mungkin masih banyak di antara kita yang belum memahami perbedaan antara biro perjalanan dengan agen perjalanan. Memangnya berbeda? Meskipun keduanya sama-sama bergerak di bidang yang sama serta berada dalam naungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, jika ditelaah lebih lanjut baik biro perjalanan dan agen perjalanan memiliki beberapa perbedaan. Adapun perbedaan keduanya antara lain:

  1. Menurut UU Nomor 9 Tahun 1990 pasal 12, menjelaskan bahwa biro perjalanan wisata merupakan sebuah usaha yang menyediakan perencanaan, pelayanan serta penyelenggaraan wisata. 
    Sedangkan pengertian agen perjalanan menurut UU tersebut adalah kegiatan usaha yang menyelenggarakan perjalanan di mana mereka bergerak sebagai perantara dalam menjual atau mengurus jasa perjalanan.
  2. Terletak pada izin usahanya. Biro perjalanan memiliki izin dengan cakupan yang lebih luas meliputi penjualan layanan jasa, perencanaan, dan operator pelayanan wisata sesuai dengan kontrak layanan yang dibuat berdasarkan program yang telah disepakati.
    Sedangkan, agen perjalanan memiliki izin dengan cakupan yang lebih sempit yakni hanya bertindak sebagai retailer dari berbagai produk layanan wisata yang berdasarkan pada keagenan yang ditunjuk.
  3. Berdasarkan tugasnya, biro perjalanan tugasnya sebagai informan yang berkaitan dengan dunia wisata atau khususunya perjalanan wisata itu sendiri. Sedangkan agen perjalanan hanya bertugas sebagai perantara atau organisator.

Baca Juga: Umrah Dibuka, AMPUH Imbau Biro Travel Tak Buru-buru Publikasi Harga

5. Contoh perusahaan biro perjalanan di Indonesia

Biro Perjalanan: Pengertian, Jenis dan Fungsinyaunsplash.com/Alexandre Micheloud
  1. Darmawisata Indonesia
    Biro perjalanan ini berlokasi di Jalan Mulyosari No. 338, Surabaya, Jawa Timur. Biro perjalanan ini berfokus pada penjualan tiket pesawat, hotel, paket tour, dan paket umrah atau haji.
  2. Butik Trip
    Butik trip ini berlokasi di Jalan Cililin No. 11, Petagongan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Biro perjalanan ini memberikan jasa pelayanan perjalanan wisata ke seluruh wilayah eksotis di Indonesia.
  3. Panorama Destination
    Panorama destination ini berlokasi di Panorama Building, Jalan Tomang Raya No. 63, Tomang, Jakarta Barat. Biro perjalanan ini melayani jasa bagi para wisatawan yang ingin menyelenggarakan perjalanan ke berbagai destinasi di Indonesia maupun di luar negeri.

Topic:

  • Rinda Faradilla
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya