Comscore Tracker

5 Jenis Pie Khas Finlandia yang Paling Populer, Bikin Nagih!

Pie-pie ini populer karena rasanya yang lezat

Masyarakat Finlandia dikenal sangat gemar sekali mengonsumsi kue pie yang banyak disajikan sebagai menu hidangan dessert dan appetizer. Hal inilah yang membuat Finlandia memiliki banyak varian kue pie dengan bentuk yang beranekaragam. Selain itu, kue pie khas Finlandia dibuat dari resep yang telah turun temurun sehingga menawarkan cita rasa yang lebih khas.

Dapat dengan mudah dijumpai di toko-toko roti hingga warung pinggir jalan dan dijual dengan harga terjangkau, inilah lima kue pie khas Finlandia yang paling terkenal.

1. Kainuun ronttonen

5 Jenis Pie Khas Finlandia yang Paling Populer, Bikin Nagih!kainuun ronttonen (instagram.com/kaesankahvila)

Kainuun ronttonen merupakan makanan yang berasal dari wilayah Kainuu. Pie berukuran kecil ini terbuat dari tepung gandum yang bagian tengahnya diisi kombinasi bahan kentang dan buah lingonberry untuk memberikan rasa manis.

Dulunya kainuun ronttonen biasa dibuat oleh wanita Finlandia pada saat musim dingin dengan ukuran yang lebih besar dan hanya diisi kentang.

Masyarakat Finlandia sering menyantap kainuun ronttonen dengan ditemani segelas kopi hangat. Kamu juga bisa mengoleskan mentega pada bagian atasnya agar terasa lebih nikmat.

2. Mustikkapiiraka

5 Jenis Pie Khas Finlandia yang Paling Populer, Bikin Nagih!mustikkapiiraka (instagram.com/laura_saari)

Dari sekian banyaknya jenis pie khas Finlandia, mustikkapiiraka menjadi yang paling populer.

Untuk membuatnya, kamu harus menyiapkan beberapa bahan-bahan sederhana yaitu gula, tepung terigu, telur, dan baking powder. Setelah semua bahan tercampur menjadi adonan, kemudian masukkan dalam wajan dan tambahkan buah blueberry segar pada bagian atasnya.

Panggang adonan selama beberapa menit di dalam oven hingga warna bagian sampingnya berubah menjadi kecokelatan. Setelah matang, mustikkapiiraka dipotong menjadi beberapa bagian dan siap untuk dihidangkan.

Baca Juga: 5 Landmark Paling Populer di Finlandia, Berusia Ratusan Tahun, Lho

3. Kalakukko

5 Jenis Pie Khas Finlandia yang Paling Populer, Bikin Nagih!kalakukko (instagram.com/pkaivola)

Kalakukko dikenal akan cita rasanya yang otentik dimana hidangan ini telah ada sejak abad pertengahan. Dibutuhkan waktu yang lama dan teknik khusus untuk dapat membuatnya.

Kalakukko merupakan jenis pie yang terbuat dari tepung gandum yang diisi dengan daging ikan salmon dan sayur.

Selain memiliki rasa yang lezat, makanan ini juga mangandung gizi dan nutrisi yang tinggi. Kamu dapat dengan mudah membeli kalakukko di toko-toko roti tradisional di Finlandia.

4. Karjalanpiirakka

5 Jenis Pie Khas Finlandia yang Paling Populer, Bikin Nagih!karjalanpiirakka (instagram.com/minnammk_)

Karjalanpiirakka merupakan kue tradisional yang berasal dari daerah North Kerelia. Adonan karjalanpiirakka terbuat dari tepung gandum yang dibentuk oval lalu bagian tengahnya diisi dengan krim. Setelah itu, adonan diolesi dengan mentega kemudian dipanggang di dalam oven hingga tekstur kulit luarnya menjadi crispy.

Ada juga beberapa varian dari karjalanpiirakka yang mengganti isiannya dengan bubur barley dan kentang tumbuk. Jenis pie ini sering dijadikan sebagai menu sarapan pagi dikarenakan praktis dan lezat.

5. Lihapiirakka

5 Jenis Pie Khas Finlandia yang Paling Populer, Bikin Nagih!lihapiirakka (instagram.com/annankeittiossa)

Bagi kamu penggemar kue pie, lihapiirakka menjadi makanan yang wajib kamu cicipi saat berkunjung ke Finlandia. Hal ini dikarenakan jenis pie ini menawarkan cita rasa yang gurih karena diisi dengan nasi dan daging cincang.

Masyarakat Finlandia biasanya menikmati lihapiirakka dengan ditambahkan saos tomat dan mustard. Lihapiirankka juga dikenal dengan sebutan meat pie atau pie daging. Makanan ini dapat kamu temukan di hampir seluruh supermarket di Finlandia.

Nah, itulah beberapa jenis kue pie khas Finlandia yang dikenal akan kelezatannya. Dengan proses pengolahan yang mudah, kamu dapat membuatnya sendiri di rumah untuk dijadikan camilan saat bersantai.

 

Baca Juga: 6 Pie Berbahan Unik dari Berbagai Negara, Ada Pie Kelapa Muda

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya