Comscore Tracker

Bingung Menentukan Menu Bekal? Ini 6 Ide Dosirak ala Korea Selatan

Yuk, kreasikan menu bekal makan siang agar lebih menarik

Pemerintah sudah memberi lampu hijau untuk menyelenggarakan sekolah tatap muka terbatas. Meski sedikit merasa lega karena anak-anak diperbolehkan kembali ke sekolah, tapi masih ada rasa waswas menyoal kesehatan mereka.

Walau sudah dibekali pemahaman protokol kesehatan yang cukup, tapi lagi-lagi rasa khawatir justru timbul di perkara lain, yaitu bagaimana jajanan di sekolah.

Nah, untuk mensiasati agar anak-anak gak jajan sembarangan, lebih baik membekali mereka dengan kreasi makanan rumahan khas Korea Selatan. Selaincara membuatnya yang simpel, rasa dan nutrisinya gak kalah lengkap dengan masakan ala ibu-ibu di Indonesia, lho.

Apa saja kira-kira menunya? Berikut 6 ide dosirak alias bekal makan siang khas Korea Selatan yang bisa banget untuk disontek.

1. Gimbap

Bingung Menentukan Menu Bekal? Ini 6 Ide Dosirak ala Korea Selatangimbap (pixabay.com/Lisy_)

Siapa yang gak tahu gimbap? Makanan yang sering wara-wiri di banyak drama Korea ini cocok banget dijadikan menu bekal makan siang untuk anak, lho.

Berbahan dasar nasi putih, beraneka macam sayuran, juga protein hewani juga digulung dengan selembar rumput laut kering. Hal tersebut membuat menu satu ini mengandung bermacam vitamin, serat, dan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Pilihan sayuran dan protein hewaninya pun disesuaikan, gak terpaku resep asli dari Korea. Anti ribet, karena bisa menggunakan sayur-sayuran dan daging-dagingan yang tersedia di rumah.

2. Bibimbap

Bingung Menentukan Menu Bekal? Ini 6 Ide Dosirak ala Korea Selatanbibimbap (pixabay.com/changupn)

Bibimbap merupakan menu yang gak kalah populer di Korea Selatan. Terdiri dari sayur-sayuran dan telur mata sapi, kedua bahan tadi kemudian dicampur dengan saus gochujjang.  Hal ini membuat menu satu ini memiliki tempat tersendiri di hati penggemarnya.

Cara membuat bibimbap pun terbilang mudah dan gak butuh waktu lama. Cukup menumis sebentar sayur-sayuran dan menggoreng telur mata sapi, lalu sajikan di pinggir-pinggir nasi.

Beri sentuhan terakhir berupa saus gochujjang dan minyak wijen untuk menambah aroma. Pas bangeth dijadikan menu bekal makan siang yang simpel.

3. Omurice

Bingung Menentukan Menu Bekal? Ini 6 Ide Dosirak ala Korea Selatanomurice (pixabay.com/subarasikiai)

Omurice di Jepang dan Korea Selatan ternyata mempunyai kemiripan, lho. Telur dadar yang menjadi ciri khas dari menu ini sama-sama menyelimuti nasi goreng yang ada di bagian bawah. Sehingga tak terlihat kecuali kamu menyendoknya untuk disantap.

Pertama-tama, kamu harus membuat nasi goreng terlebih dahulu barulah terakhir membuat telur dadar. Sebab telur dadar hangat lebih fleksibel untuk membalut ataupun menyelimuti nasi. Tentu, beda halnya dengan telur dadar yang sudah bersuhu ruangan.

Baca Juga: 5 Tips Membuat Omurice, Nasi Goreng Berbungkus Telur yang Lezat!

4. Bokkeumbap

Bingung Menentukan Menu Bekal? Ini 6 Ide Dosirak ala Korea Selatanbokkuembap (pixabay.com/sharonang)

Bokkeumbap atau nasi goreng khas Korea Selatan gak jauh berbeda dengan nasi goreng di Indonesia. Hanya saja, bahan-bahan yang diperlukan lebih simpel.

Gak perlu cabai apalagi bawang-bawangan, kamu cukup menumis irisan daun bawang bersama mentega yang dilelehkan. Lalu tambahkan nasi dingin dan sejumput garam serta gula, aduk rata.

Mau yang lebih sedikit berbeda? Kamu bisa tambahkan kimchi dalam proses pembuatannya atau telur orak-arik di atas penyajiannya. Siap ditaruh di tempat bekal anak, deh. Mudah banget, kan?

5. Curry rice

Bingung Menentukan Menu Bekal? Ini 6 Ide Dosirak ala Korea Selatancurry rice (pexels.com/Cats Coming)

Masih mau berkreasi menu berbahan dasar nasi karena dianggap lebih mengenyangkan? Kamu bisa mencoba menu curry rice. Menu satu ini memiliki sentuhan pengaruh dari Jepang juga, lho.

Kamu bisa menggunakan daging ayam atau daging sapi sebagai protein hewani dan menambahkan potongan kentang serta wortel sebagai sayuran pelengkapnya.

Sementara bumbu kari bisa kamu dapatkan di pusat perbelanjaan. Disarankan sebelum membeli bumbu kari instan, terlebih dahulu membaca keterangan di kemasan. Sebab kari khas Korea dan Jepang berbeda dengan bumbu kari instan lainnya.

Ada juga beragam pilihan rasa mulai dari mild hingga hot spicy. Usahakan juga memiliki wadah bekal yang memiliki sekat dan anti tumpah, agar nasi dan kari tidak tercampur.

6. Korean Toast

Bingung Menentukan Menu Bekal? Ini 6 Ide Dosirak ala Korea Selatankorean toast (unsplash.com/Suea Sivilaisith)

Sudah pernah coba korean toast? Terbilang sedikit unik karena sebagian orang menyajikannya dengan menambahkan gula dan saus di dalam toast.

Berbeda dengan toast yang lain, dalam hidangan ini sayur-sayuran seperti kol dan wortel dimasak bersama telur sebagai isian. Jangan lupa untuk memanggang sini kiri dan kanan roti tawarnya dengan mentega secukupnya.

Penyajiannya pun cukup sederhana, sama seperti toast pada umumnya. Letakkan isian berupa telur dadar di bagian tengah kedua roti tawar panggang dan tambahkan saus juga gula.

Sudah punya pilihan ide untuk menu bekal anak besok? Jika belum, maka 6 ide dosirak di atas bisa kamu coba. Selain unik dan menarik, berbagai kandungan gizi pun terdapat dalam keenam jenis dosirak di atas. Selamat mencoba!

Baca Juga: Kembaran French Toast, Cuma 5 Bahan Bikin Creamy Cheese Toast Lembut

Diena Photo Writer Diena

Writing is a healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya