Comscore Tracker

Jangan Ngaku Doyan Ngeteh kalau Belum Pernah Cicip 5 Teh Terkenal Ini!

Mana nih yang jadi kesukaanmu?

Mana nih yang ngaku suka minum teh alias ngeteh? Gak heran sih kalau teh jadi minuman kesukaan banyak orang. Rasanya yang segar, sehat dan bisa dinikmati dalam keadaan panas atau dingin, bikin teh jadi primadona. 

Namun, tahu gak kalau teh ternyata punya jenis yang banyak banget? Nah, berikut ini adalah 5 jenis teh yang paling populer di dunia. Kira-kira, ada teh kesukaanmu gak ya?

1. Black tea

Jangan Ngaku Doyan Ngeteh kalau Belum Pernah Cicip 5 Teh Terkenal Ini!black tea (instagram.com/kucacajaizacina)

Black tea atau teh hitam mungkin belum banyak diketahui. Seperti namanya, diambil dari daun teh Camellia sinensis saat warnanya sudah menghitam.

Saat diseduh, teh ini akan menghasilkan warna kuning kecokelatan dengan aroma teh yang lebih kuat daripada sebelumnya. Nah soal rasa sih sedikit terasa gurih, tapi juga manis. Soal manfaat, black tea bisa menjaga kesehatan usus dan menurunkan tekanan darah jika dikonsumsi secara rutin. 

2. Matcha

Jangan Ngaku Doyan Ngeteh kalau Belum Pernah Cicip 5 Teh Terkenal Ini!matcha (instagram.com/floratcha.loves.matcha)

Masih banyak yang mengira nih kalau matcha dan green tea itu sama. Padahal berbeda, lho. Matcha sangat unik karena metode panen, pemrosesan, dan persiapannya antara 3-4 minggu sebelum panen.

Mulanya pohon Camellia sinensis ditutup untuk mencegah sinar matahari langsung dan membiarkan daunnya tumbuh perlahan di tempat teduh. Nah, setelah panen ini daun dipisahkan dari batangnya dan diolah jadi bubuk. Ini dia yang bikin matcha beda daripada teh yang lain karena selalu hadir dalam bentuk bubuk.

Meski terkenal di Jepang, tapi teknik ini pertama kali diperkenalkan di China. 

Baca Juga: 5 Jenis Teh yang Bukan Berasal dari Daun Teh, Ada Apa Saja?

3. Green tea

Jangan Ngaku Doyan Ngeteh kalau Belum Pernah Cicip 5 Teh Terkenal Ini!green tea (instagram.com/teahouse_maharajah)

Green tea adalah jenis teh non-oksidasi yang ditandai dengan warna teh hijau cerah, bukan kemerahan atau cokelat seperti lainnya dan punya arom yang lebih menyegarkan.

Green tea diproses dengan teknik kill green di mana daun teh dipanaskan atau dikukus untuk menghilangkan oksidasi. Green tea ini punya manfaat yang baik untuk kulit, jadi gak heran kalau banyak masker wajah juga menggunakan green tea sebagai salah satu kandungannya. 

4. Oolong

Jangan Ngaku Doyan Ngeteh kalau Belum Pernah Cicip 5 Teh Terkenal Ini!Oolong (instagram.com/serene_tea_cha)

Teh yang terkenal berikutnya adalah Oolong. Teh oolong adalah teh semi teroksidasi yang variasinya tergantung pada warna daun, tingkat oksidasi, dan tingkat pemanggangannya.

Teh oolong ada di antara teh hijau dan teh hitam dan memiliki beragam rasa dan aroma. Teh Oolong bisa jadi berwarna hijau atau kuning, bahkan oranye pekat. Sementara aromanya pun berbeda, kadang seperti buah aprikot atau rempah-rempah. 

5. Breakfast tea

Jangan Ngaku Doyan Ngeteh kalau Belum Pernah Cicip 5 Teh Terkenal Ini!breakfast tea (instagram.com/islandteatime)

Breakfast tea bukan sebuah nama acara minum teh, tapi salah satu varietas teh yang populer di Inggris dan dan dunia. Campuran tehnya terbuat dari teh hitam asal Kenya, Assam, Ceylon, dan China. Campuran teh ini amat disukai oleh Ratu Victoria dan mempromosikannya kepada banyak orang hingga akhirnya jadi terkenal.

Selain dengan gula, teh campuran ini juga dicampur dengan susu. 

Setelah baca ulasan di atas, jadi makin yakin kalau yang terkenal dan banyak ragamnya bukan cuma kopi aja. Duh, jadi pengin minum teh hangat pakai madu, nih!

Baca Juga: Resep Teh Apel Segar, Sajian Minuman Teh Unik yang Menggugah Selera

Dyar Ayu Photo Verified Writer Dyar Ayu

Hai, mari kunjungi saya di instagram.com/dyarayu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya