Comscore Tracker

5 Menu Sahur yang Bisa Membuatmu Tetap Berenergi Sepanjang Hari

Cocok untuk kamu yang aktif!

Meskipun sedang berpuasa, banyak dari kita yang tetap harus menjalani aktivitas yang sibuk seperti hari-hari biasa. Karenanya, penting untuk menjaga tubuh agar tetap berenergi meskipun sedang berpuasa.

Dalam hal ini, apa yang kamu makan saat sahur dapat memengaruhi tubuhmu secara keseluruhan. Beberapa makanan bisa membuat kamu cepat lapar sehingga kamu merasa lemas seharian. Namun, beberapa lainnya bisa membantu kamu tetap berenergi sepanjang hari.

Untuk kamu yang dituntut untuk terus aktif sepanjang hari, berikut ada beberapa pilihan menu sahur yang cocok untuk kamu karena bisa mempertahankan energi sepanjang hari.

1. Telur

5 Menu Sahur yang Bisa Membuatmu Tetap Berenergi Sepanjang Hariilustrasi telur mata sapi (pixabay.com/Alexas_Fotos)

Tiap satu butir telur berukuran besar mengandung 6 gram protein berkualitas tinggi dan sembilan asam amino esensial. Protein berkualitas tinggi dalam telur juga berfungsi membantu mendukung otot dan tulang yang kuat sekaligus memberikan energi yang berkelanjutan bagi mental dan fisik sepanjang hari. Telur juga kaya akan vitamin B, seperti vitamin B12, yang merupakan nutrisi yang mendukung produksi energi sel, menurut penelitian dalam jurnal Nutrients.

Telur adalah makanan penunjang energi yang luar biasa untuk dimakan saat sahur. Selain itu, memulai hari dengan makan telur dapat membantu orang menurunkan lebih banyak berat badan dan merasa lebih energik sepanjang hari.

2. Kerang

5 Menu Sahur yang Bisa Membuatmu Tetap Berenergi Sepanjang Hariunsplash.com/David Todd McCarty up

Kerang bukan hanya lezat dimakan, tapi juga dapat memberikan dorongan energi sehingga sangat baik dijadikan menu sahur. Kerang merupakan sumber zat besi, yaitu mineral yang membantu mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh. Jika mengalami kekurangan zat besi dalam darah, kamu mungkin tidak akan mendapatkan cukup aliran oksigen untuk membantu tubuh merasa berenergi dan bekerja secara efisien. Menurut laporan dalam jurnal Lancet, 44 persen individu yang kekurangan zat besi mengalami kelelahan. Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi makanan kaya zat besi, seperti kerang untuk mencegah kelelahan dan lemah selama berpuasa.

Bukan hanya zat besi, kerang juga mengandung vitamin B12 dan koenzim Q10 yang merupakan tambahan nutrisi pendukung energi. Memasukkan kerang dalam salah satu menu sahur adalah cara untuk mendukung energi secara alami tanpa menambahkan terlalu banyak kalori.

Baca Juga: Konsumsi 10 Makanan Sehat Ini Usai Berolahraga, Enak dan Murah

3. Prune

5 Menu Sahur yang Bisa Membuatmu Tetap Berenergi Sepanjang Harifreepik.com/stockking

Prune atau plum kering bukan hanya merupakan camilan yang manis dan memuaskan, tetapi juga bisa mempertahankan rasa kenyang dan membantu mengontrol berat badan. Tiap empat buah atau sekitar 40 gram prune mengandung sekitar 3 gram serat makanan.

Jika dibandingkan dengan buah kering lainnya, prune mengandung gula yang lebih rendah dan indeks glikemik yang cukup rendah, yaitu hanya 29. Ini berarti prune dicerna dan diserap secara perlahan oleh tubuh, yang membantu mempertahankan energi dalam jangka waktu yang lebih lama dibandingkan dengan makanan dengan indeks glikemik yang lebih tinggi. Selain itu, sebuah penelitian dalam jurnal Appetite menunjukkan bahwa prune dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah, meningkatkan rasa kenyang, dan menekan rasa lapar.

4. Alpukat

5 Menu Sahur yang Bisa Membuatmu Tetap Berenergi Sepanjang Haripexels.com/Daria Shevtsova

Alpukat merupakan salah satu menu terbaik untuk mengawali hari. Sebab, alpukat mengandung berbagai macam nutrisi, salah satunya lemak tak jenuh tunggal yang membantu mengusir rasa lapar dan meningkatkan perasaan kenyang. Sebuah studi yang dilaporkan dalam Nutrition Journal menemukan bahwa mengonsumsi alpukat segar dapat menurunkan keinginan makan hingga 40 persen di jam-jam setelah makan.

Tak hanya lemak sehat, alpukat juga mengandung vitamin K, folat, vitamin C, kalium, vitamin B, dan vitamin E. Selain dimakan langsung, kamu juga bisa menikmati alpukat dengan menambahkannya ke atas telur dadar atau dihancurkan di atas roti gandum utuh. Kamu juga bisa mencampurkannya ke dalam smoothie untuk memberikan konsistensi krim pada minuman.

5. Sirop maple

5 Menu Sahur yang Bisa Membuatmu Tetap Berenergi Sepanjang Haripexels.com/Pixabay

Sirop maple adalah pemanis alami yang terbuat dari getah pohon maple. Apabila dikonsumsi dalam jumlah sedang, sirop maple bisa menjadi bagian dari diet sehat dan dapat membantu mendukung tingkat energi secara alami.

Tiap sendok makan sirop maple menyediakan mangan yang bisa memenuhi 35 persen dari kebutuhan mangan harian. Menurut penelitian yang dilaporkan dalam jurnal Frontiers in Bioscience, dijelaskan bahwa mangan membantu mengaktifkan banyak enzim yang terlibat dalam metabolisme karbohidrat untuk membantu memberi dorongan energi pada tubuh secara alami.

Untuk menikmati sirop maple, kamu bisa menggunakannya sebagai taburan pancake, tambahan pada smoothie, bahkan sebagai pemanis dalam kopi. Pastikan kamu menggunakan sirop maple murni 100 persen untuk mendapatkan manfaat dari energizer alami ini.

Dengan mengonsumsi makanan di atas sebagai menu sahur, dijamin kamu akan lebih berenergi sepanjang hari dan bisa menjalani hari yang sibuk. Silakan dicoba!

Ingin tahu banyak soal resep yang gampang pembuatannya? Yuk, download Yummy App di Google Play Store dan Apple App Store!

Baca Juga: Lezat! 5 Makanan Sehat Penambah Berat Badan buat Kamu yang Diet Gemuk

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Yudha
  • Hidayat Taufik

Berita Terkini Lainnya