Comscore Tracker

Buah Favorit di Bulan Puasa, Ini 5 Manfaat Kurma untuk Kesehatan 

Sebentar lagi bulan puasa lho

Tak terasa bulan suci Ramadhan akan segera tiba, tentunya para umat Islam di seluruh dunia sudah tidak sabar menanti kehadiran bulan suci yang penuh rahmat dan ampunan tersebut. Salah satu makanan yang identik dengan kehadiran bulan suci tersebut, adalah buah kurma. Buah yang tanamannya banyak dibudidayakan di Afrika Utara dan Timur Tengah ini, biasanya dikonsumsi saat berbuka puasa.

Terkenal akan kandungan gizinya yang tinggi, membuat buah kurma ini memiliki banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan, bagi siapa saja yang rutin mengonsumsi. Berikut 5 manfaat kesehatan yang akan kamu peroleh jika rutin mengonsumsi buah kurma.

1. Mencegah sembelit dan mengobati diare

Buah Favorit di Bulan Puasa, Ini 5 Manfaat Kurma untuk Kesehatan fridaymagazine.ae

Kandungan serat yang tinggi pada kurma sangat baik untuk kesehatan pencernaan, salah satunya yaitu dapat mencegah sembelit. Kandungan serat pada kurma dapat melancarkan buang air besar (BAB), dengan cara berkontribusi terhadap pembentukan tinja.

Selain itu, kandungan kalium pada kurma yang matang, dapat mengelola kelonggaran usus dan juga mudah untuk dicerna, sehingga dapat membantu mengobati diare kronis.

2. Mengontrol gula darah

Buah Favorit di Bulan Puasa, Ini 5 Manfaat Kurma untuk Kesehatan npr.org

Kandungan serat yang tinggi pada kurma tak hanya dapat melancarkan buang air besar (bab), namun juga dapat mengontrol gula darah. Serat pada kurma dapat membantu mengontrol kadar gula darah setelah makan, sehingga dapat menjaga terjadinya lonjakan gula darah. Selain itu, indeks glikemik pada kurma juga rendah, sehingga aman dan baik untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes.

Baca Juga: 8 Manfaat Kurma Muda untuk Kesehatan, Apa Benar Bikin Cepat Hamil?

3. Meningkatkan kesehatan tulang

Buah Favorit di Bulan Puasa, Ini 5 Manfaat Kurma untuk Kesehatan parenting.firstcry.com

Ternyata rutin mengonsumsi buah kurma dapat meningkatkan kesehatan tulang lho, mengapa bisa? Karena kurma mengandung magnesium yang tinggi. Magnesium berperan penting dalam kesehatan tulang. Selain itu, magnesium bekerja sama dengan kalium dan fosfor untuk membentuk hidroksiapatit, yang merupakan zat mineral yang dapat membuat tulang menjadi keras.

4. Menjaga kesehatan jantung dan mengontrol tekanan darah

Buah Favorit di Bulan Puasa, Ini 5 Manfaat Kurma untuk Kesehatan trustednaturalhealth.com

Ternyata kandungan kalium yang ada pada kurma sangat baik lho untuk kesehatan jantung, mengapa? Karena kalium dapat membuat detak jantung menjadi berdetak secara teratur. Kalium merupakan elektrolit alami yang berperan penting dalam fungsi saraf, termasuk pada saraf yang bertugas memberikan instruksi pada jantung untuk berdetak secara teratur. Selain itu kalium juga dapat melawan sifat peningkatan tekanan darah natrium, untuk menjaga agar tekanan darah tetap stabil.

5. Menghambat perkembangan kanker dan alzheimer

Buah Favorit di Bulan Puasa, Ini 5 Manfaat Kurma untuk Kesehatan foodandnutrition.org

Kurma juga mengandung tiga antioksidan yang kuat, yaitu flavonoid, asam fenolik, dan karotenoid. Ketiga antioksidan tersebut dapat menghambat perkembangan penyakit kronis seperti kanker dan alzheimer.

Nah, Itulah lima manfaat buah kurma untuk kesehatan. Meski memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, tetap konsumsi yang sewajarnya saja, untuk menghindari efek samping yang mungkin dapat terjadi di kemudian hari. Sesuatu yang berlebihan itu tetap tidak baik, meskipun memiliki banyak manfaat.

Baca Juga: Selain Kurma, 5 Buah Ini Juga Tercatat Spesifik dalam Al Quran

Eliza ustman Photo Verified Writer Eliza ustman

'Menulislah dengan hati, maka kamu akan mendapatkan apresiasi yang lebih berarti'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya