Comscore Tracker

5 Buah dan Sayur Ini Mirip dengan Organ Manusia, Berlimpah Khasiat!

Rajinlah mengonsumsi makanan ini agar kita sehat dan kuat

Pernah gak sih memperhatikan bentuk buah dan sayuran yang memiliki perawakan seperti organ pada manusia? Jika kita perhatikan dengan teliti, mungkin kita akan sadar bahwa buah dan sayuran yang kita konsumsi sehari-hari ternyata memiliki kemiripan dengan organ manusia seperti bola mata, jantung, paru-paru, hati dan lain-lainnya.

Selain memiliki kemiripan, manfaat yang diperoleh jika kita mengonsumsi makanan ini adalah dapat menjaga kesehatan organ penting dalam tubuh. Inilah beberapa jenis buah dan sayuran yang memiliki kemiripan dengan organ manusia.

1. Buah tomat dan jantung

5 Buah dan Sayur Ini Mirip dengan Organ Manusia, Berlimpah Khasiat!unsplash.com/Mockup Graphic

Cobalah potong buah tomat secara melintang dan perhatikan struktur yang ada di dalamnya. Terlihat seperti sekat dan ruang yang mirip dengan anatomi jantung. Selain mirip ternyata buah tomat juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung lho. Buah tomat mengandung likopen dan kalium yang mampu menurunkan kadar kolesterol, menjaga kestabilan ritme jantung dan mencegah terjadinya kanker.

2. Wortel dan bola mata

5 Buah dan Sayur Ini Mirip dengan Organ Manusia, Berlimpah Khasiat!pixnio.com/bicanski

Siapa yang gak kenal dengan wortel. Umbi yang satu ini mengandung vitamin A, lutein dan  zeaxanthin untuk melindungi retina dan lensa pada mata. Selain menjaga kesehatan mata, wortel juga memiliki segudang manfaat lain seperti menurunkan risiko kanker, meningkatkan daya ingat, melancarkan metabolisme tubuh dan meningkatkan imunitas.
Coba perhatikan deh, bagaimana bentuk irisan wortel. Mirip dengan pupil dan iris mata manusia bukan?

Baca Juga: 5 Manfaat dan Khasiat Buah Pala Ini Bikin Sehat, Sudah Tahu? 

3. Kacang merah dan ginjal

5 Buah dan Sayur Ini Mirip dengan Organ Manusia, Berlimpah Khasiat!pexels.com/icon0.com

Bentuk luar dari kacang merah ini sangat mirip seperti ginjal pada manusia sehingga manfaat kacang merah juga dapat menjaga kesehatan ginjal lho. Kacang merah sangat tinggi serat yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi penyebab terjadinya kerusakan pembuluh darah di organ ginjal. Untuk itu rajin-rajinlah mengonsumsi kacang merah agar ginjal kita tetap sehat.

4. Buah anggur dan alveoli pada paru-paru

5 Buah dan Sayur Ini Mirip dengan Organ Manusia, Berlimpah Khasiat!pexels.com/Kai-Chieh Chan

Daging buah anggur memiliki citra rasa yang manis dan enak ternyata memiliki kandungan antioksidan polifenol, tinggi serat, vitamin A, B, C, E dan vitamin K serta zat anti-inflamasi yang mampu mengurangi radang pada paru-paru. Selain daging buah, kulit anggur merah juga bisa membersihkan lendir yang terdapat di saluran pernapasan.

5. Kacang kenari dan otak manusia

5 Buah dan Sayur Ini Mirip dengan Organ Manusia, Berlimpah Khasiat!pexels.com/pixabay

Pernah gak sih memperhatikan struktur luar dan dalam kacang kenari? Bagaimana bentuknya? Mirip bukan seperti otak manusia. Jika diperhatikan bentuk biji kenari memang sangat mirip dengan otak pada manusia. Selain mirip ternyata kacang kenari memiliki manfaat yang baik untuk otak.

Kacang kenari mengandung polifenol, lemak tak jenuh ganda dan vitamin E yang berfungsi untuk mengurangi peradangan pada otak sehingga jika rutin mengonsumsi kacang kenari dapat meningkatkan daya ingat dan mencegah penyakit alzheimer.

Itu beberapa buah dan sayuran yang memiliki kemiripan dengan organ pada manusia. Mana lagi yang mirip menurutmu?

Download aplikasi resep Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: Meski Pahit, 5 Khasiat Biji Mahoni Ini Bikin Kesehatan Terjaga

Fauzan Fadhilah Photo Writer Fauzan Fadhilah

"Biarkan kegagalan mengejar dan menghantuimu hingga suatu saat dia akan menyerahkan untuk mengejarmu" . . Fauzan Fadhilah . . . Instagram @ffz_23

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ernia Karina
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya