Comscore Tracker

5 Inspirasi Sajian dari Stroganoff, Olahan Daging Serbaguna ala Rusia

Sering digunakan sebagai saus pasta, lho!

Stroganoff atau kerap dikenal pula dengan nama stroganov merupakan salah satu olahan asal Rusia berupa saus krim berisikan aneka daging-dagingan. Masakan tersebut cocok sekali disantap dengan beragam makanan, mulai dari pasta ataupun roti.

Terdapat banyak sekali kreasi stroganoff yang patut untuk dicicipi dalam menemani aneka hidangan, lima di antaranya ialah sebagai berikut.

1. Pasta beef stroganoff

5 Inspirasi Sajian dari Stroganoff, Olahan Daging Serbaguna ala Rusiailustrasi beef stroganoff pasta (unsplash.com/Kouji Tsuru)

Seperti yang disinggung sebelumnya, stroganoff memang cocok sekali bila disandingkan dengan aneka ragam pasta. Sehingga rasanya menjadi lebih nikmat ketika dikonsumsi sebagai menu makan siang atau malam.

Proses pembuatan pun terbilang sederhana, sebab kamu perlu mempersiapkan sour cream, daging sapi, jamur, bawang-bawangan, mentega, kaldu, sedikit tepung, dan tambahan kecap Inggris.

2. Classic stroganoff with rice

5 Inspirasi Sajian dari Stroganoff, Olahan Daging Serbaguna ala Rusiailustrasi classic stroganoff with rice (pixabay.com/mateya)

Selain dinikmati bersama pasta, stroganoff pun ternyata cocok jika disantap bareng nasi sebagai makanan berat, lho. Hidangan tersebut tidak berbeda dengan saus yang dipakai sebagai pendamping pasta.

Sementara itu, daging sapi yang dipakai dalam stroganoff dapat disesuaikan dengan kesukaanmu. Namun, saat ini yang paling sering digunakan dalam pembuatan saus creamy tersebut adalah sirloin.

Baca Juga: 5 Hidangan Berbahan Daging Khas Inggris, Pecinta Daging Wajib Coba!

3. Meatball stroganoff skillet

5 Inspirasi Sajian dari Stroganoff, Olahan Daging Serbaguna ala Rusiailustrasi meatball stroganoff skillet (unsplash.com/The Creative Exchange)

Enggak selalu berbentuk daging sapi yang telah dipotong-potong, bahan baku berikutnya yang dapat diolah untuk menemani stroganoff adalah meatball

Komponen pendamping yang dipakai untuk pembuatan masakan ini pun sama-sama terdiri dari sour cream, jamur, bawang-bawangan, kecap Inggris, hingga kaldu ayam.

4. Chicken stroganoff

5 Inspirasi Sajian dari Stroganoff, Olahan Daging Serbaguna ala Rusiailustrasi chicken stroganoff (pillsbury.com/Pillsbury Kitchens)

Kreasi stroganoff berikut ini menjadi alternatif sajian bagi kamu yang enggan menggunakan daging sapi sebagai bahan baku pembuatan makanan. Sebab stroganoff masih bisa diolah dengan nikmat meskipun hanya memakai ayam.

Sebagai bahan yang mudah didapatkan, ada baiknya gunakan daging bagian dada atau paha yang telah dibebaskan dari tulang. Hal ini dilakukan agar kamu tidak terganggu saat makan, sehingga bisa menikmati stroganoff dengan maksimal.

5. Stroganoff burger

5 Inspirasi Sajian dari Stroganoff, Olahan Daging Serbaguna ala Rusiailustrasi stroganoff burger (pixabay.com/Richard Eisenmenger)

Selain dinikmati bareng nasi atau bermacam-macam pilihan pasta, stroganoff pun rupanya cocok untuk mendampingi salah satu makanan cepat saji populer di seluruh dunia, seperti hamburger. 

Penambahan stroganoff dilakukan dengan cara meletakkan saus tersebut di antara isian yang telah ditumpuk dalam roti. Bisa di antara patty daging ataupun dekat sayuran, agar rasanya semakin nikmat.

Ternyata, Rusia pun memiliki saus serbaguna yang dapat dijadikan alternatif dalam menikmati aneka masakan rumah. Lima hidangan tersebut dapat dijadikan patokan, apabila kamu tertarik menyantap stroganoff dalam waktu dekat.

Baca Juga: 5 Olahan Daging Khas Kolombia, Ragam dan Porsinya Melimpah Ruah!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya