Comscore Tracker

5 Makanan dari Ubi dengan Sensasi Umami, Berkesan di Lidah

Bisa diolah menjadi camilan hingga lauk sedap

Ubi seringkali dinikmati sebagai salah satu hidangan dengan cita rasa manis. Hal ini tidak mengherankan mengingat salah satu sumber perasa alami yang terkandung di dalam olahan tersebut adalah sensasi legit.

Namun demikian ubi pun bisa dinikmati sebagai ragam olahan bercita rasa umami. Bahkan ada macam-macam makanan ringan ataupun lauk makan yang sukses membuat kamu terkesan, seperti lima olahan yang sudah dirangkum di daftar berikut.

1. Keripik ubi jalar pedas manis 

5 Makanan dari Ubi dengan Sensasi Umami, Berkesan di Lidahilustrasi keripik ubi jalar pedas manis (yummy/andrenia giawati)

Masakan pertama yang bisa dibuat menggunakan ubi dengan cita rasa umami bukan lain adalah keripik. Umumnya kamu akan membuat makanan tersebut menggunakan singkong agar ada sensasi asin yang memikat ketika dinikmati sebagai snack rumahan.

Proses pembuatan keripik ubi sendiri memerlukan ubi jalar yang sudah dibersihkan dan diparut seperti keripik pada umumnya. Setelah direndam, kamu bisa menggorengnya sampai garing dan masak kembali bersama bumbu balado agar ada sensasi rasa asin, manis, dan pedas.

2. Bola-bola ubi sambal roa 

5 Makanan dari Ubi dengan Sensasi Umami, Berkesan di Lidahilustrasi bola-bola ubi sambal roa (unsplash.com/Anton)

Olahan selanjutnya yang tidak kalah menarik untuk dimasak sebagai camilan ringan adalah bola ubi isi sambal roa. Seperti diketahui, Indonesia memiliki aneka macam sambal yang menarik hati, salah satunya yang dibuat dari ikan roa.

Kamu dapat menggunakan ubi ungu yang sudah dikukus dan dihaluskan bersama macam-macam tepung dan pengembang. Setelah itu ambil sambal roa dan bulat-bulat di dalam adonan. Setelah ditambahi lapisan tepung roti tinggal goreng, deh.

Baca Juga: Resep Kering Ubi Pedas Manis untuk Stok Lauk, Krispinya Bikin Nagih

3. Sambal goreng ubi 

5 Makanan dari Ubi dengan Sensasi Umami, Berkesan di Lidahilustrasi sambal goreng ubi (yummy/andrenia giawati)

Sambal goreng selalu menghadirkan macam-macam bahan menarik agar hidangan ini terasa lebih sedap ketika dinikmati bersama nasi hangat. Kalau umumnya kentang yang selalu menjadi bintang utama, maka kali ini kamu bisa menggunakan ubi.

Proses memasak sambal goreng ubi ini mirip dengan sambal kentang. Potong ubi kemudian digoreng sampai garing. Setelah itu haluskan bumbu sambal dan masak kembali ubi bersama tambahan telur, daging-dagingan, dan lain sebagainya.

4. Stik ubi jalar asin 

5 Makanan dari Ubi dengan Sensasi Umami, Berkesan di Lidahilustrasi stik ubi jalar asin (unsplash.com/Farhad Ibrahimzade)

Kalau sajian satu ini merupakan salah satu inovasi ubi yang cocok sekali buat kamu yang merupakan pencinta hidangan renyah di luar tetapi lembut di dalam. Makanan ini dikenal dengan nama stik ubi jalar sederhana.

Cukup kukus ubi sampai lunak kemudian haluskan dan tambah menggunakan tepung-tepungan, garam, parutan keju, dan aneka macam bumbu perasa. Selanjutnya bentuk menjadi stik dan goreng sampai bagian adonan tersebut berwarna keemasan.

5. Ubi jalar tumis daging     

5 Makanan dari Ubi dengan Sensasi Umami, Berkesan di Lidahilustrasi ubi jalar tumis daging (yummy/Atik Haryono)

Kreasi masakan berikutnya juga tidak kalah menarik untuk dicoba adalah membuat ubi jalar untuk ditumis bersama daging. Masakan ini cocok sekali dinikmati bersama nasi hangat sebagai menu makan siang atau malam.

Kamu bisa menghadirkan macam-macam daging dan bumbu halus. Kemudian setelah itu masak seluruh adonan yang ada sampai matang. Lalu jangan lupa juga untuk menambahkan penyedap rasa biar hidangan ini terasa lebih maksimal.

Olahan ubi yang dimasak menjadi santapan umami ternyata bisa memikat banyak orang. Bahkan macam-macam hidangan tersebut dapat berupa makanan ringan hingga makanan berat yang cocok sekali untuk kamu santap sehari-hari.

Baca Juga: 5 Minuman Berbahan Ubi Ungu, Siap Saingi Olahan Kekinian

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya