Comscore Tracker

5 Perbedaan Es Krim, Gelato, dan Sorbet, Serupa tapi Tak Sama

Sama-sama menyegarkan, cocok dimakan saat cuaca panas

Siapa sih yang gak suka sama camilan dingin satu ini? Kalian pasti sering kan makan es krim, gelato, atau sorbet waktu sendirian maupun lagi nongkrong dengan teman-teman. Memiliki berbagai varian rasa dan mudah sekali ditemukan di pasaran, ketiganya menjadi favorit bagi penggemar kuliner.

Biasanya, makanan ini disajikan sebagai penutup atau teman ngemil di siang yang panas. Seringkali dianggap sama, ketiga makanan ini ternyata berbeda. Apa saja perbedaannya? Cek faktanya di bawah ini.

1. Perbedaan secara umum

5 Perbedaan Es Krim, Gelato, dan Sorbet, Serupa tapi Tak Samailustrasi es krim (pexels.com/Cats Coming)

Perbedaan secara umum dari es krim, gelato, dan sorbet terletak pada bahan-bahan yang digunakan untuk membuat dessert ini. Ketiganya memiliki komposisi bahan yang berbeda satu sama lain. Berikut ini perbedaan komposisi bahan untuk es krim, gelato, dan sorbet. 

  • Es krim merupakan dessert dingin yang terbuat dari campuran susu, krim, gula dan kuning telur yang disajikan dalam kondisi beku.
  • Gelato hampir sama dengan es krim hanya saja banyaknya bahan yang dimasukkan berbeda dari es krim. Pada gelato campuran susu lebih banyak dibandingkan es krim dan tidak ditambahkan bahan penstabil. 
  • Sorbet agak berbeda dengan 2 lainnya, dessert ini terbuat hanya dari sari buah yang dicampur dengan gula. Sorbet sangat cocok untuk vegan dan orang yang sedang diet karena bebas dari susu maupun krim.

2. Kandungan lemak

5 Perbedaan Es Krim, Gelato, dan Sorbet, Serupa tapi Tak Samailustrasi es krim (pexels.com/Lukas)

Kandungan lemak yang dimiliki ketiga dessert ini berbeda satu sama lain. Es krim memiliki kandungan lemak lebih tinggi dibandingkan dua lainnya. Berikut persentase lemak yang dikandung oleh es krim, gelato, dan sorbet.

  • Es krim memiliki kandungan lemak yang paling tinggi sekitar 12—14 persen, karena komposisinya yang kaya akan lemak. 
  • Gelato mempunyai kandungan lemak yang cukup rendah. Biasanya gelato mengandung lemak dibawah 10 persen, sedangkan untuk jenis gelato yang berkualitas tinggi ada yang hanya mengandung 1—3 persen lemak.
  • Sorbet menjadi yang paling rendah lemak diantara 3 dessert ini, karena terbuat dari buah-buahan dan tidak dicampurkan dengan susu ataupun krim.

3. Tekstur

5 Perbedaan Es Krim, Gelato, dan Sorbet, Serupa tapi Tak Samailustrasi gelato (pexels.com/Roman Odintsov)

Selanjutnya, perbedaan berdasarkan teksturnya. Ketiganya memiliki tekstur yang berbeda saat dimakan. Hal tersebut disebabkan oleh proses pembuatannya yang berbeda.

  • Tekstur es krim lebih lembut, ringan, dan mudah hancur dibandingkan gelato karena mengandung gelembung udara. 
  • Gelato memiliki tekstur yang paling tebal, kental, dan padat karena dalam proses pembuatannya diaduk dengan sangat pelan dalam suhu minus 10 derajat celcius sehingga meminimalkan gelembung udara. 
  • Tidak menggunakan krim dan susu dalam pembuatannya menjadikan sorbet memiliki tekstur yang paling ringan dan sangat cocok untuk pencuci mulut.

Baca Juga: 10 Restoran Es Krim di Indonesia yang Sudah Ada Sejak Zaman Penjajahan

4. Varian rasa

5 Perbedaan Es Krim, Gelato, dan Sorbet, Serupa tapi Tak Samailustrasi Sorbet (pexels.com/Nishant Aneja)

Tentu kita sudah tahu jika dessert dingin ini memiliki banyak varian rasa. Faktanya, es krim, gelato, dan sorbet memiliki varian rasa yang berbeda satu sama lain karena perbedaan komposisi yang digunakan untuk membuatnya.

  • Varian rasa untuk es krim sangatlah luas dan banyak, semua jenis rasa bisa dimasukkan ke dalam campuran es krim seperti coklat, karamel, buah-buahan, dan lain-lain. 
  • Gelato sama dengan es krim memiliki range yang luas untuk varian rasa.
  • Sorbet memiliki varian rasa yang lebih sedikit dibanding gelato dan es krim karena terbatas pada rasa buah-buahan.

5. Temperatur penyajian

5 Perbedaan Es Krim, Gelato, dan Sorbet, Serupa tapi Tak Samailustrasi Gelato (Pixels.com/Roman Odintsov)

Meskipun sama-sama disajikan dalam kondisi dingin, ketiganya memiliki suhu yang berbeda untuk penyajiannya. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan pengalaman rasa yang sesuai dan enak di lidah.

  • Es krim disajikan pada suhu yang paling dingin sekitar minus 14 sampai minus 12 derajat celcius, untuk mengurangi rasa yang terlalu kuat pada es krim karena pada suhu yang dingin lidah bisa mati rasa. 
  • Penyajian gelato dan sorbet biasanya dilakukan pada suhu sekitar minus 12 sampai dengan minus 5 derajat celcius. 

Hal ini dikarenakan gelato memiliki tekstur yang sangat padat. Penyimpanan pada suhu yang lebih hangat agar gelato dapat dinikmati dengan mudah dan memiliki rasa yang lebih kuat dibandingkan es krim. Sama halnya dengan sorbet. Suhu yang dingin dapat menyebabkan sorbet menjadi lebih keras dan sulit untuk dimakan.

Begitulah perbedaan antara es krim, gelato dan sorbet. Gelato dan sorbet sangat cocok untuk orang diet yang ingin makan dessert semacam ini karena kandungan lemaknya yang rendah. Jangan bingung lagi, ya!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Kafe Dessert di Yogyakarta, Cocok untuk Me Time

Oki Silvie Wildiyanti Photo Verified Writer Oki Silvie Wildiyanti

everything will be okay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya