Comscore Tracker

5 Jajanan Legendaris di Kota Malang yang Lezatnya Menyenangkan Lidah

Lezatnya juga mampu bikin bahagia #LokalIDN

Kota Malang tidak hanya menarik perhatian wisatawan karena punya banyak destinasi wisata yang bisa dituju mulai dari wisata alam, sejarah, hingga wisata kekinian, semuanya ada.

Di kota yang terletak di Jawa Timur ini juga mempunyai beragam makanan ringan yang enak banget dinikmati usai pelesiran.

Dan berikut ini ada lima rekomendasi makanan ringan di Kota Malang yang tidak hanya terkenal maknyus, tapi juga legendaris di kota berjuluk Kota Apel ini. Yuk, coba satu per satu!

1. Puthu Lanang

5 Jajanan Legendaris di Kota Malang yang Lezatnya Menyenangkan LidahPuthu Lanang (instagram.com/holiday.crazyeats)

Karena namanya masuk dalam deretan kuliner legendaris di Malang, kedai Puthu Lanang tak pernah sepi pengungjung untuk mencicipi nikmatnya kue putu bambu.

Kedai ini juga menjajakan jajanan tradisional lainnya seperti lupis, klepon, cenil, dan campur-campur dengan cita rasa yang nikmat. Pantaslah, banyak pembeli rela antre untuk mendapatkannya.

Kisaran harga: Rp10 ribu per porsi.

Waktu operasional: Setiap hari, pukul 17.30-21.30.

Alamat: Jalan Jaksa Agung Suprapto No.73, Samaan, Klojen.

2. Ronde Titoni

5 Jajanan Legendaris di Kota Malang yang Lezatnya Menyenangkan LidahRonde Titoni (instagram.com/pakdhexprnc)

Buka pada sore hingga malam hari, kedai Ronde Titoni memang tahu betul bagaimana cara memanjakan penikmatnya. Kedai yang telah berdiri sejak tahun 1948 ini memanjakan lidah pengunjungnya dengan semangkuk wedang ronde. 

Piihan wedang ronde di kedai ini terdapat dua macam, yaitu ronde kering dan ronde basah. Lalu, apa bedanya? Jika ronde kering, kamu akan dapati bola-bola ronde diselimuti dengan bubuk kacang. Sedangkan ronde yang basah, tentunya berenang di kuah.

Kisaran harga: Rp10-15 ribu per porsi.

Waktu operasional: Senin-Sabtu, pukul 18.00-00.

Alamat: Jalan Zainul Arifin No.17, Sukoharjo, Klojen.

Baca Juga: Ini 6 Spot Kuliner Khas Bali di Malang, Gak Perlu Jauh-Jauh!

3. Toko Oen

5 Jajanan Legendaris di Kota Malang yang Lezatnya Menyenangkan LidahToko Oen Malang (instagram.com/susur_malang)

Bila kedai Ronde Tintoni menyajikan jajanan penghangat jiwa, maka Toko Oen sebaliknya! Interior bangunan restoran ini memang terlihat lawas alias tempo dulu, tapi jajanan yang ditawarkan tak boleh diragukan lagi nikmatnya.

Sejak tahun 1930 hingga sekarang, Toko Oen konsisnten menjual es krim yang berkualitas. Tidak hanya es krim dengan beragam rasa maupun warna. Pengunjung bisa mencicipi pula dessert hingga makanan utama ala Toko Oen.

Kisaran harga: Kurang dari Rp100 ribu per orang.

Waktu operasional: Setiap hari, pukul 09.00-21.30.

Alamat: Jalan Zainul Arifin No.17, Sukoharjo, Klojen.

4. Es Tawon Kidul Dalem

5 Jajanan Legendaris di Kota Malang yang Lezatnya Menyenangkan LidahEs Tawon Kidul Dalem (instagram.com/furymaghfuri)

Ada lagi jajanan legendaris di Kota Malang yang bisa bantu kamu ngademin hati dan pikiran yakni Es Tawon Kidul Dalem. Tawon sendiri sejenis hewan yang masih satu keluarga dengan lebah. 

Tapi tenang, es penyegar jiwa ini tak menggunakan satu pun tawon karena hanya sekadar nama. Varian es di kedai ini cukup beragam seperti es alpukat, es campur, es dawet, hingga es kacang hijau.

Kisaran harga: Rp8 ribu

Waktu operasional: Setiap hari, pukul 07.30-15.00.

Alamat: Jalan KH. Zainul Arifin No. 15, Sukoharjo, Klojen.

5. Warung Steven

5 Jajanan Legendaris di Kota Malang yang Lezatnya Menyenangkan LidahWarung Steven (instagram.com/kulinermalang_warungsteven)

Warung Steven dikenal pula dengan panggilan Heci Klenteng. Kedai ini menawarkan bermacam jajanan yang merupakan kuliner akulturasi dari budaya China seperti heci (dikenal juga dengan ote-ote/bakwan), cakwe, pempek, dan kue moho.

Bagi kamu yang kepengin makan berat selagi di kedai ini, Warung Steven juga menawarkan lezatnya bakmi jawa, nasi goreng, hingga mi instan.

Kisaran harga: Rp35 ribu /orang.

Waktu operasional: Setiap hari, pukul 09.00-17.00.

Alamat: Jakan Laksamana Martadinata No.3, Kotalama, Kedungkandang.

Itu tadi lima jajanan legendaris yang ada di Kota Malang. Dari yang bercita rasa manis hingga gurih, semuanya ada! Karena beberapa di antaranya masih dalam satu kecamatan atau wilayah, jangan sungkan untuk mendatanginya juga. Kemudian, rasakan masing-masing kenikmatan yang susah dilupakan.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Spot Kuliner Cumi-cumi di Malang, Kenyal dan Gurih!

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya