Comscore Tracker

10 Teh dari Bunga Ini Bermanfaat untuk Kesehatan, Gak Cuma Daun!

Wujudkan tidur berkualitas

Teh menjadi salah satu minuman favorit masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Apalagi minum teh di pagi atau sore hari terbukti bisa memperbaiki mood dan menyehatkan badan. Gak hanya daun, nyatanya teh dari bunga juga memiliki manfaat kesehatan lho. Bahkan teh yang berasal dari bunga tidak mempunyai kandungan kafein hingga membuat tidur semakin berkualitas.

Dari jurnal yang diterbitkan oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC), setidaknya terdapat lebih dari 30% orang dengan masalah tidur memiliki gangguan terhadap kesehatan fisik atau kesehatan mental. Nah, gak hanya itu, manfaat kesehatan lainnya juga diperoleh dari beberapa teh bunga di bawah ini.

1. Teh lavender

10 Teh dari Bunga Ini Bermanfaat untuk Kesehatan, Gak Cuma Daun!cupandleaf.com

Lavender sering digunakan untuk membuat tubuh rileks. Karena itu, tak jarang bunga berwarna ungu ini sering dijadikan aroma terapi. Teh lavender pun memiliki efek menenangkan lho. Bahkan di beberapa studi, teh lavender ampuh untuk menyembuhkan insomnia.

2. Teh chamomile

10 Teh dari Bunga Ini Bermanfaat untuk Kesehatan, Gak Cuma Daun!peekerhealth.com

Apigenin yang ada pada chamomile dapat membuat seseorang mengantuk. Memang antioksidan ini sering digunakan sebagai penenang dalam dunia medis. Dari studi yang dirilis oleh Pub Med Health, perempuan postpartum atau pasca persalinan dengan gangguan tidur bisa lebih tenang setelah mengonsumsi teh chamomile selama 2 minggu.

3. Teh mullein

10 Teh dari Bunga Ini Bermanfaat untuk Kesehatan, Gak Cuma Daun!breathingexaminer.com

Teh mullein sudah lama dimanfaatkan suku Indian di Amerika Serikat sebagai penghilang batuk dahak. Dan dunia medis modern, teh mullein sering dimanfaatkan untuk kesehatan paru-paru.

4. Teh hibiscus (bunga sepatu)

10 Teh dari Bunga Ini Bermanfaat untuk Kesehatan, Gak Cuma Daun!myfoodstory.com

Selain digunakan sebagai semir sepatu, hibiscus juga dimanfaatkan sebagai teh yang cukup populer di Amerika Serikat. Dari jurnal yang dirilis oleh America Heart Association, teh bunga sepatu ini bisa menurunkan tekanan darah.

5. Teh bunga mint

10 Teh dari Bunga Ini Bermanfaat untuk Kesehatan, Gak Cuma Daun!jjvirgin.com

Gak hanya daunnya, bunga mint juga bisa digunakan untuk menenangkan pikiran dan menjaga kesehatan mulut. Seringkali bunga mint dicampurkan dengan daun mint dalam pembuatan teh. Menyegarkan banget ya.

Baca Juga: 7 Wisata Kebun Teh di Jawa Tengah, Tempat Asyik buat Melipir Sejenak

6. Teh melati

10 Teh dari Bunga Ini Bermanfaat untuk Kesehatan, Gak Cuma Daun!leaf.tv/derketta/iStock/GettyImages

Melati sering dimanfaatkan untuk mencegah diabetes dan serangan jantung. Mencium aroma melati pada teh juga baik untuk memperbaiki mood lho.

7. Teh mawar

10 Teh dari Bunga Ini Bermanfaat untuk Kesehatan, Gak Cuma Daun!luulla.com

Teh mawar menjadi pilihan minuman hangat sebelum tidur yang tepat. Kelopak mawar yang memiliki aroma menenangkan seringkali meningkatkan kualitas tidurmu. Ingin mencobanya?

8. Teh passion flower

10 Teh dari Bunga Ini Bermanfaat untuk Kesehatan, Gak Cuma Daun!healthline.com

Teh passion flower dapat mengurangi kecemasan yang berlebih. Dilansir dari jurnal yang diterbitkan oleh Public Med Central, teh ini sangat baik menghilangkan ketegangan di otak dan membuat tidur jadi lebih berkualitas.

9. Teh magnolia

10 Teh dari Bunga Ini Bermanfaat untuk Kesehatan, Gak Cuma Daun!creativemarket.com

Sejak ratusan tahun yang lalu, bunga magnolia digunakan dalam pengobatan medis China. Biasanya bunga ini digunakan untuk menyamankan perut, hidung tersumbat, dan mengurangi stres. 

10. Teh telang

10 Teh dari Bunga Ini Bermanfaat untuk Kesehatan, Gak Cuma Daun!greenpotions.com.au

Mirip seperti kupu-kupu, bunga ini juga dikenal dengan nama butterfly pea. Sering tumbuh di sawah atau di pinggiran jalan, kini tanaman telang sudah bisa dibudidayakan. Teh bunga telang ini bisa kamu manfaatkan sebagai penghilang stres, sakit kepala dan batuk, dan anti oksidan.

Baca Juga: Khas Solok, Ini 3 Jenis Teh Andalan  Premium Tea Lugus

iam_lathiva . Photo Verified Writer iam_lathiva .

Love To See, Love To Read, and Love To Share. IG: iam_lathiva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya