Comscore Tracker

5 Kue Khas Indonesia yang Punya Banyak Nama, Semuanya Enak!

Apakah kamu sudah pernah mencoba kue-kue di bawah ini?

Setiap daerah di Indonesia memiliki kue khas atau kudapan tradisional yang berbeda-beda. Meski begitu tak sedikit pula yang memiliki kesamaan dari segi cita rasa atau bentuknya. Bahan dan cara memasaknya pun serupa.

Namun karena berasal dari daerah yang berbeda, membuat beberapa kue tradisional ini punya nama yang cukup banyak. Enak-enak semua, berikut lima kue khas Indonesia yang punya banyak nama.

1. Odading

5 Kue Khas Indonesia yang Punya Banyak Nama, Semuanya Enak!Odading (instagram.com/jajansolo)

Pernah viral beberapa waktu lalu, odading merupakan kue goreng khas Jawa Barat. Memiliki bentuk kotak dengan taburan wijen di,atasnya, ternyata odading ini juga ada di Jawa Tengah dengan nama berbeda yaitu gembukan.

Di Madiun, camilan yang cukup mengenyangkan ini disebut montoran. Memiliki nama yang berbeda, namun bahan dan cara pembuatan sama. 

2. Gandos

5 Kue Khas Indonesia yang Punya Banyak Nama, Semuanya Enak!Gandos (instagram.com/yolandaliee.kitchen)

Gandos dikenal berasal dari Jawa Tengah. Tapi kudapan gurih ini banyak ditemukan di Jawa Barat dengan nama yang berbeda. Di Bumi Parahiyangan, gandos dikenal dengan nama bandros. Sedangkan di Betawi, banyak orang menyebutnya kue pancong.

Dimasak dengan cetakan berbentuk setengah lingkaran, rasa bandros atau gandos ini banyak jadi favorit masyarakat Jawa. 

Baca Juga: Resep Odading Tanpa Ragi, Camilan Terenak Pendamping Kopi dan Teh

3. Untir untir

5 Kue Khas Indonesia yang Punya Banyak Nama, Semuanya Enak!Untir untir (instagram.com/kardioversuskuliner)

Untir untir atau kue tambang banyak ditemukan di Jawa. Rasanya manis dengan bentuk menyerupai tambang yang dililit. Tekturnya pun sedikit keras tapi renyah.

Untir untir ternyata juga banyak ditemukan di Sulawesi namun dengan nama yang berbeda yaitu otere otere. Di Sulawesi, kue renyah ini banyak dijadikan suguhan saat lebaran. 

4. Kue cucur

5 Kue Khas Indonesia yang Punya Banyak Nama, Semuanya Enak!Kue cucur (instagram.com/chritianian)

Cucur atau kue gula merah goreng dikenal sebagai camilan khas Betawi. Namun kue cucur ternyata banyak juga ditemukan di Padang dengan nama penyiaram. Selain itu di Madura, kue manis ini disebut dengan kue kucur. 

Meski namanya berbeda, namun kue cucur memiliki cita rasa manis dan sangat enak untuk dijadikan camilan

5. Putri mandi

5 Kue Khas Indonesia yang Punya Banyak Nama, Semuanya Enak!Putri mandi (instagram.com/moucup)

Kudapan putri mandi pasti terdengar tak asing bagi masyarakat Sumbawa. Rasanya manis berpadu dengan kuah santan yang gurih.

Di Riau, ada kudapan yang mirip putri mandi khas Sumbawa ini dengan nama galopuong ondam. Keduanya sama-sama memiliki isian gula merah lumer, sama-sama berkuah santan, dan banyak dijadikan menu takjil saat ramadan tiba. 

Nah sekarang sudah tahu kan nama lain dari kue-kue tradisional di atas? Jadi gak perlu kaget lagi saat mendengar nama-namanya, ya! 

Baca Juga: Resep Yangko, Kue Kenyal Manis dari Yogyakarta yang Bikin Kangen

Natasha Wiyanti Photo Verified Writer Natasha Wiyanti

Ibu dua anak yang ingin belajar menulis lebih baik lagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya