Comscore Tracker

5 Kuliner Khas Bagansiapiapi Ini Sajikan Cita Rasa Unik, Yummy Abis!

Begitu melihatnya langsung ingin mencicipi

Setiap wilayah di Indonesia memiliki kuliner khas yang menjadi identitas dari wilayah tersebut, tak terkecuali bagi Bagansiapiapi yang merupakan pusat pemerintahan kabupaten Rokan Hilir di provinsi Riau.

Cita rasanya lezat, harganya murah, dan keberadaannya yang mudah ditemukan tentu akan memudahkanmu untuk mencicipi beragam hidangan yang ada. Kira-kira apa saja ya? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Kemi

5 Kuliner Khas Bagansiapiapi Ini Sajikan Cita Rasa Unik, Yummy Abis!lancangkuning.com

Dalam seporsi kemi terdiri dari mie yang terbuat dari sagu dan tepung terigu, bawang putih yang sebelumnya sudah dihaluskan, bakso ikan, daging, serta udang. Karena terbuat dari sagu, kemi memiliki tekstur yang kenyal. Cita rasanya gurih dan khas aroma rempah-rempah.

2. Cicongpan

5 Kuliner Khas Bagansiapiapi Ini Sajikan Cita Rasa Unik, Yummy Abis!instagram.com/antonio_thefoodfather

Bahan-bahan utama yang diperlukan untuk membuat cicongpan yaitu tepung beras dan sagu. Bahan-bahannya memang sama seperti saat membuat kwetiau.

Cicongpan disajikan dengan kacang tanah, ebi yang merupakan udang kering, bawang goreng, dan seledri. Bagi yang suka pedas, bisa menambahkan cabai ke dalamnya.

Baca Juga: 6 Tempat Favorit Makan Mie Aceh di Medan, Ada yang Hadir Sejak 1996

3. Kiamke

5 Kuliner Khas Bagansiapiapi Ini Sajikan Cita Rasa Unik, Yummy Abis!instagram.com/herawaty_lu

Bahan-bahan untuk membuat kiamke sama seperti saat membuat cicongpan dan kwetiau, yaitu tepung beras dan sagu. Tapi, kamu juga bisa menggunakan bahan-bahan lain sebagai alternatifnya.

Sisa bubur putih polos yang tidak dimakan kamu blender bersama sagu hingga teksturnya semakin halus. Kemudian tambahkan perasa lalu dikukus. Setelah matang, kiamke disajikan dengan ebi, kacang tanah, bawang goreng, seledri, dan cabai.

4. Miso

5 Kuliner Khas Bagansiapiapi Ini Sajikan Cita Rasa Unik, Yummy Abis!instagram.com/fen.z

Miso merupakan kuliner khas Bagansiapiapi yang berupa mie sop. Seporsi miso terdiri dari mie, irisan daging ayam, tahu yang sudah digoreng, telur, seledri, cabai, dan bawang goreng.

Sementara itu bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kuah miso yang gurih nan lezat adalah lada, jintan, pala, cengkeh, kembang pala, bunga lawang, kayu manis, lada hitam, dan ketumbar. Miso akan semakin lezat disantap saat masih hangat.

5. Heci

5 Kuliner Khas Bagansiapiapi Ini Sajikan Cita Rasa Unik, Yummy Abis!instagram.com/ariemadione

Heci merupakan hidangan yang terbuat dari adonan tepung terigu yang dicampur dengan sawi, kol, dan wortel. Kemudian adonan tersebut digoreng dengan tak lupa meletakkan udang di atasnya. Setelah matang dan warnanya berubah menjadi sedikit kecokelatan, kamu bisa menyantapnya dengan cabai.

Nah, itulah beberapa oleh-oleh khas Bagansiapiapi yang lezat. Kamu tertarik untuk mencicipinya?

Baca Juga: 7 Kuliner Istimewa Kepulauan Riau yang Jarang Ada di Daerah Lain

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya