Comscore Tracker

7 Oleh-oleh Khas Brebes Paling Populer, Wajib Borong Banyak!

Harga terjangkau dengan rasa enak #LokalIDN

Brebes merupakan salah satu kabupaten yang ada di provinsi Jawa Tengah. Terletak di jalur pantura membuat Brebes selalu ramai dilewati oleh para pemudik.

Bebes tidak hanya terkenal dengan wisata alamnya yang mengagumkan, tapi juga ragam kuliner khasnya yang lezat dan tentu saja bergizi. Nah, di bawah ini terdapat rekomendasi beberapa oleh-oleh khas Brebes yang bisa kamu bawa pulang. Simak ya.

1. Telur Asin

7 Oleh-oleh Khas Brebes Paling Populer, Wajib Borong Banyak!instagram.com/jualtelurasinbrebes

Telur asin yang memiliki warna kehijauan ini akan menghasilkan warna kuning di bagian dalamnya ketika dibelah dan mengeluarkan lelehan minyak yang bentuknya mirip madu.

Telur asin dibuat dari telur bebek yang direndam di dalam abu atau batu bata lalu diberi garam dan didiamkan selama beberapa hari. Harga telur asin matang mulai dari Rp10.000 per butir.

2. Kerupuk Telur Asin

7 Oleh-oleh Khas Brebes Paling Populer, Wajib Borong Banyak!instagram.com/kerupuk.telurasin

Kerupuk telur asin berbentuk bulat dengan warna kuning di bagian tengahnya. Cara membuatnya cukup mudah. Mula-mula telur asin diiris tipis kemudian dijemur sampai kering. Setelah itu baru digoreng.

Memiliki rasa yang unik, kerupuk telur asin dibanderol dengan harga Rp10.000 per bungkus.

3. Bawang Merah

7 Oleh-oleh Khas Brebes Paling Populer, Wajib Borong Banyak!instagram.com/bawangmerah101

Tanah dan cuaca di Brebes sangat cocok untuk menanam bawang merah. Bahkan bawang merah di daerah ini tumbuh dengan subur dan memiliki kualitas super.

Kamu pun bisa memperoleh bawang merah dengan harga lebih murah dengan cara membeli langsung dari petani, yaitu mulai dari Rp25.000 per kilogram.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Air Terjun di Kabupaten Brebes, Indah dan Eksotis!

4. Bawang Goreng

7 Oleh-oleh Khas Brebes Paling Populer, Wajib Borong Banyak!instagram.com/kulinerbrebeshits

Jika ingin lebih praktis, kamu bisa membeli bawang goreng sebagai oleh-oleh. Untuk menarik minat pembeli, saat ini bawang goreng dijual dalam kemasan plastik yang lebih kekinian.

Bawang goreng khas Brebes terkenal renyah dan harum. Cocok menjadi teman makan nasi goreng, soto, bakso, gado-gado, mie ayam, dan lain-lain. Harganya dibanderol Rp25.000 per 100 gram.

5. Ikan Bandeng

7 Oleh-oleh Khas Brebes Paling Populer, Wajib Borong Banyak!instagram.com/tooacitaa

Ikan bandeng yang dijadikan sebagai oleh-oleh biasanya sudah diolah menjadi bandeng presto. Namun, kamu juga bisa membelinya dalam keadaan yang masih mentah untuk diolah sendiri di rumah.

Ikan bandeng banyak dijual di pasar-pasar tradisional di Brebes. Harganya mulai dari Rp30.000 per kilogram.

6. Kerupuk Tulang Bandeng

7 Oleh-oleh Khas Brebes Paling Populer, Wajib Borong Banyak!instagram.com/sate.bandeng

Oleh-oleh khas Brebes ini tergolong unik karena terbuat dari tulang ikan bandeng. Tulang ikan bandeng yang keras diolah menjadi kerupuk yang memiliki kandungan kalsium yang tinggi untuk menjaga kesehatan tulang.

Supaya lezat, kerupuk tersebut diberi beberapa bumbu atau rempah-rempah. Harganya pun terjangkau, yaitu mulai dari Rp28.000 per bungkus.

7. Kerupuk Rumput Laut

7 Oleh-oleh Khas Brebes Paling Populer, Wajib Borong Banyak!instagram.com/christian_wijaya06

Di Brebes banyak orang yang membudidayakan rumput laut jenis Gracilaria untuk kemudian dijadikan sebagai kerupuk rumput laut. Selain gurih, oleh-oleh khas Brebes yang satu ini juga baik untuk kesehatan karena mengandung banyak vitamin dan mineral.

Kamu bisa dengan mudah membelinya di toko oleh-oleh dengan harga mulai dari Rp50.000 per 100 gram.

Nah, itulah oleh-oleh khas Brebes yang bisa kamu berikan untuk sanak keluarga. Belilah sesuai dengan budget yang kamu miliki ya.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Tempat Wisata Jawa Tengah, biar Gak Melulu ke Yogyakarta

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya