Comscore Tracker

6 Olahan Ikan Khas Korea Unik, Ada yang Baunya Mirip Toilet!

Meski aromanya unik, namun rasanya luar biasa lezat

Kalau kamu suka menonton drama atau variety show Korea, pasti sudah tak asing dengan olahan ikan yang unik. Bahkan beberapa ikan yang digunakan pada hidangan hanya bisa ditemui saat berkunjung ke Korea langsung, lho.

Mulai dari semur pedas, fermentasi, sampai pancake; Korea cukup pandai dalam mengolah hasil lautnya menjadi hidangan yang unik dan lezat. Berikut ini olahan ikan khas Korea yang wajib kamu tahu. Ada yang aromanya seperti WC umum tapi disukai banyak orang.

1. Chamchi gimbap

6 Olahan Ikan Khas Korea Unik, Ada yang Baunya Mirip Toilet!ilustrasi chamchi gimbap (instagram.com/0hwa__)

Chamchi gimbap adalah salah satu dari sekian banyak jenis gimbap atau nasi gulung khas Korea yang populer. Bahkan tak jarang kamu sering menemui jenis gimbap ini di beberapa scene drama atau film Korea. Sesuai namanya, chamchi gimbap berbahan dasar ikan tuna.

Selain nasi dan ikan tuna, gimbap ini juga berisi sayuran segar atau asinan, telur, dan kue ikan. Ikan tuna pada gimbap biasanya sering dihaluskan, lalu dipadukan dengan mayones atau mustard. Chamchi gimbap disajikan dengan dibungkus rumput laut panggang dan diiris kecil-kecil.

2. Agujjim

6 Olahan Ikan Khas Korea Unik, Ada yang Baunya Mirip Toilet!agujjim (instagram.com/happy._.ys_)

Agujjim adalah hidangan pedas khas Korea yang secara tradisional berbahan dasar monkfish. Namun, saat ini agujjim bisa dimasak menggunakan berbagai jenis ikan sesuai dengan stok yang ada di dapur.

Agujjim biasanya direbus dengan saus pedas, taoge, sayur minari, mideodeok atau sea squirt, dan udang.

Hidangan ini pertama kali dibuat sekitar 1940-an di pasar ikan Masan, saat monkfish dianggap sebagai ikan jelek yang tak punya nilai jual.

3. Maeuntang

6 Olahan Ikan Khas Korea Unik, Ada yang Baunya Mirip Toilet!maeuntang (instagram.com/heokw)

Maeuntang adalah sup ikan pedas khas Korea yang biasanya berbahan dasar ikan air tawar atau air asin, seperti kakap merah, pollock, kod, atau monkfish. Secara tradisional, ikan utuh akan digunakan dalam hidangan, termasuk kepala.

Biasanya ikan dipotong-potong dan direbus dengan kaldu teri, pasta cabai, bubuk cabai, sayuran, dan tahu.

Saat makan di restoran Korea, kamu diizinkan untuk memilih jenis ikan dari akuarium yang nantinya akan digunakan dalam rebusan.

Baca Juga: 7 Hidangan Ikan Mentah di Berbagai Negara, Ada yang dari Indonesia!

4. Hoedeopbap

6 Olahan Ikan Khas Korea Unik, Ada yang Baunya Mirip Toilet!Hoedeopbap (thesubversivetable.com)

Hoedeopbap adalah mangkuk nasi khas Korea yang berisi ikan mentah dan irisan sayuran segar di atasnya. Meskipun mirip dengan kaisendon Jepang, tetapi versi Korea dilengkapi dengan saus manis dan pedas yang biasanya merupakan gabungan dari pasta cabai, cuka, bawang putih, dan gula.

Jenis ikan yang paling sering digunakan dalam hidangan ini seperti salmon, tuna, atau halibut yang bisa diiris atau dipotong tipis. Kunci dari hoedeobap yang lezat adalah penggunaan bahan-bahan segar berkualitas tinggi dan disajikan dalam keadaan dingin.

5. Saengseonjeon

6 Olahan Ikan Khas Korea Unik, Ada yang Baunya Mirip Toilet!saengseonjeon (instagram.com/doreuriga)

Saengseonjeon adalah salah satu jenis jeon atau pancake khas Korea yang berbahan dasar ikan. Jenis jeon ini dibuat dari campuran fillet ikan putih, tepung terigu, garam, dan telur. Namun, saat ini saengseonjeon bisa menggunakan jenis ikan apa pun sesuai selera.

Cara pembuatan jeon ini pertama-tama fillet ikan putih dibumbui dengan garam, kemudian dilapisi dengan tepung terigu dan dicelupkan ke dalam telur kocok. Selanjutnya, ikan digoreng sampai berwarna cokelat keemasan.

Pada zaman dahulu, saengseonjeon hanya disajikan selama hari libur khusus, seperti Tahun Baru Korea atau Chuseok. Namun saat ini saengseonjeon lebih mudah ditemui di restoran Korea sepanjang tahun, lho.

6. Hongeo

6 Olahan Ikan Khas Korea Unik, Ada yang Baunya Mirip Toilet!hongeo (instagram.com/jacobys_2918)

Berasal dari Provinsi Jeolla, hongeo atau hongeo-hoe adalah hidangan yang terdiri dari ikan skate yang difermentasi di dalam urinnya. Ikan bertulang rawan ini dikenal bisa mengeluarkan urin melalui kulitnya sehingga terjadi fermentasi alami di dalam daging.

Namun, proses ini memberi ikan aroma yang khas seperti bau amoniak. Bahkan orang Korea menyebut baunya seperti toilet umum yang kotor. Karena aroma yang tidak sedap ini, pengunjung harus menyimpan jaket mereka dalam kantong tertutup dan memakai deodaran setelah selesai makan.

Meskipun aroma dari ikan skate cukup menyengat, tetapi hongeo tetap menjadi salah satu olahan ikan yang paling digemari di Korea, lho.

Korea memang terkenal dengan jenis ikan-ikannya yang unik. Kalau kamu penggemar variety show Korea, pasti tak asing dengan olahan-olahan ikan di atas.

Baca Juga: 8 Makanan Ekstrem Khas Korea Selatan Ini Dijamin Bikin Merinding!

Anis Photo Verified Writer Anis

من صبر ظفر

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya