Comscore Tracker

5 Serba-serbi Fruit Sando, Sandwich Asal Jepang yang Lagi Viral

Bentuknya menarik, rasanya segar dan manis!

Fruit sando atau fruit sandwich adalah makanan dari Jepang yang bentuknya seperti sandwich atau roti tangkup. Namun, isiannya adalah whipped cream dan buah segar. Sandwich asal Jepang ini sekarang ini sedang naik daun di Indonesia.

Selain rasanya yang manis dengan buah yang segar, bentuknya juga cantik. Nah, ingin tahu serba-serbi dari fruit sando? Simak artikel berikut ini, ya!

1. Fruit sando adalah sandwich asal Jepang dengan isian buah dan krim

5 Serba-serbi Fruit Sando, Sandwich Asal Jepang yang Lagi Viralilustrasi fruit sando (commons.wikimedia.org/Naotake Murayama)

Sandwich pada umumnya terdiri dari roti tangkup yang diisi selada, daging, tomat, dan mayones. Sementara, fruit sando atau furutsu sando (フルーツサンド)–seperti namanya–terdiri dari roti tangkup yang diisi dengan whipped cream dan buah.

Buah yang dipakai adalah buah segar dan bisa berbagai buah seperti stroberi, jeruk, kiwi, blueberry, dan lainnya. Roti yang dipakai untuk membuat fruit sando bernama shokupan atau milk bread dari Jepang. Shokupan memiliki tekstur yang lembut dan fluffy seperti bantal.

2. Masyarakat Jepang mulai mengenal sandwich sekitar tahun 1800-an

5 Serba-serbi Fruit Sando, Sandwich Asal Jepang yang Lagi Viralilustrasi sandwich (freepik.com/azerbaijan_stockers)

Konon, masyarakat Jepang mulai mengenal sandwich pada tahun 1800-an akhir karena sebelum itu Jepang menutup diri dari dunia luar dan memberlakukan pembatasan perdagangan dan diplomasi dengan negara-negara luar Jepang. Di tahun 1854 terjadi perubahan politik di Jepang, yang membuat Jepang akhirnya membuka diri dengan negara lain. Mulai dari situlah terjadi berbagai pengaruh budaya Barat di Jepang, tak terkecuali kuliner, masyarakat Jepang pun mulai mengenal dan mempelajari tentang sandwich.

Pada tahun 1892, sebuah toko makanan dengan western-style di Prefektur Kanagawa menjual sandwich, sandwich tersebut bernama ekiben. Ekiben sendiri berarti bento atau lunch box yang bisa dinikmati saat di perjalanan. Praktis, enak, dan bentuk yang unik, membuat sandwich tersebut naik daun di Jepang.

Baca Juga: 11 Tips Membuat Fruit Sando yang Antigagal, Hasilnya Lebih Rapi

3. Dari kafe dan toko buah, fruit sando ini tercipta

5 Serba-serbi Fruit Sando, Sandwich Asal Jepang yang Lagi Viralilustrasi toko buah (unsplash.com/Redd F)

Di Jepang, buah-buahan tergolong barang yang mahal dan mewah. Namun, di tahun 1912-1926 saat era Taisho, buah-buahan lebih mudah dijangkau. Di acara-acara khusus, buah-buahan diberikan sebagai kado untuk teman atau kolega, baik dalam konteks pribadi atau bisnis. Sehingga, pada tahun 1900-an, banyak toko buah di stasiun kereta dan di kawasan bisnis di Jepang. Selain toko buah, bisnis kafe yang bersebelahan dengan toko buah juga berkembang, kafe-kafe yang dekat dengan toko buah menyediakan berbagai hidangan berbahan buah. Dari sini lah, terlahir fruit sando.

Belum pasti dari mana fruit sando tercipta, namun ada dua teori yang menyebutkan bahwa fruit sando berasal dari Jepang atau Kyoto. Sebab, kedua kota tersebut banyak toko buah dan menjadi kawasan bisnis dan administrasi di Jepang.

4. Fruit sando yang dipotong diagonal membuat penampilannya jadi cantik dan menggiurkan

5 Serba-serbi Fruit Sando, Sandwich Asal Jepang yang Lagi Viralilustrasi fruit sandwich (pexels.com/Yusuke Furuya)

Fruit sando dipotong diagonal untuk menunjukkan isian dari sandwich. Di tahun 1961, pemilik toko kue Furenpan Bakery mencoba suatu hal unik, yaitu memotong sandwich secara diagonal untuk menunjukkan isian sandwich dan membuat sandwich lebih mudah dimakan. Kepopuleran pemotongan sandwich secara diagonal ini meningkat saat Olimpiade Tokyo berlangsung pada tahun 1964. 

Dengan potongan diagonal ini, membuat tampilan sandwich menjadi lebih menarik. Sekarang ini, buah pada fruit sando memiliki potongan besar dan ditempatkan secara strategis untuk membuat tampilannya lebih menarik ketika dipotong.

5. Beberapa modifikasi pada fruit sando

5 Serba-serbi Fruit Sando, Sandwich Asal Jepang yang Lagi Viralilustrasi fruit sandwich (pexels.com/Cats Coming)

Seiring kepopuleran dari fruit sando, ada modifikasi-modifikasi yang dilakukan pada sandwich ini. Roti yang dipakai untuk fruit sando tak hanya shokupan saja, namun bisa diganti dengan roti kismis atau croissant, whipped cream dapat diganti dengan bahan lain seperti krim mascarpone atau yogurt.

Ada juga beberapa jenis fruit sando yang unik, seperti fruit sando dari Daiwa Super, yang populer karena ukurannya besar. Ketebalan dari tiap sandwich sekitar dua inci, dan kebanyakan buah yang dipakai adalah buah musiman seperti mangga di musim panas, anggur di musim gugur, mangga di musim panas, dan apel di musim dingin.

Sandwich di Nihonbashi Sembikiya-Shonten memunyai bentuk dan rasa yang berbeda, fruit sando di sana terdiri dari aneka buah seperti stroberi, kiwi, pepaya dan nanas, whipped cream-nya tidak terlalu manis. Lain lagi dengan anko sandwich, sandwich Jepang yang terdiri dari krim-nya dicampur dengan matcha, stroberi, dan anko (pasta tradisional Jepang yang terbuat dari azuki beans dan gula).

Rasanya yang manis, enak, dan praktis, membuat fruit sando populer tak hanya di Jepang, tetapi juga di berbagai negara. Jika dulu fruit sando dijual di kafe dekat toko buah saja, sekarang fruit sando bisa ditemui di toko kue, restoran, ataupun kafe, bahkan bisa dibuat sendiri, lho. Dari kalian ada yang suka makan fruit sando?

Baca Juga: Resep Fruit Sando, Sandwich Buah ala Jepang yang Segarkan tenggorokan

Wanudya A Photo Verified Writer Wanudya A

You'll never walk alone.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya