Comscore Tracker

Wajib Tahu! 6 Cara Memasak Bagian Ayam Menggunakan Air Fryer

Jangan sampai salah, nanti ayamnya gak enak

Air fryer mendadak jadi alat masak yang begitu digandrungi. Selain ukurannya yang tidak terlalu besar, air fryer juga menjadi pilihan karena cara merawatnya tidak sesusah merawat oven. Alat masak ini menjadi salah satu piranti memasak yang banyak dibeli di tahun 2020 akibat pandemik yang mengharuskan kita untuk tetap di rumah.

Mulai dari kentang goreng hingga cake, kamu bisa memasak apa pun menggunakan air fryer. Kebanyakan orang akan mulai memasak daging ayam saat pertama kali menggunakan air fryer, untuk itu kamu perlu memperhatikan enam tips saat memasak bagian-bagian ayam berikut ini!

1. Sayap ayam

Wajib Tahu! 6 Cara Memasak Bagian Ayam Menggunakan Air Fryerfoodandwine.com

Kunci sukses memasak sayap ayam dengan air fryer adalah dengan memasaknya secara bertahap. Sayap harus diletakkan dalam satu lapisan, hampir tidak bersentuhan satu sama lain, sehingga setiap sayap dapat matang merata oleh udara panas. Sebagian besar air fryer dapat memuat sekitar 10-12 potong sayap ayam. 

Petunjuk: Sayap akan menjadi paling baik jika memasaknya secara bertahap: 180 ° C selama 25 menit, lalu balik sayapnya saat setengah jalan. Kemudian, naikkan api hingga 200 ° C dan terus masak sampai bagian luarnya bagus dan renyah sekitar 5 menit.

2. Dada ayam

Wajib Tahu! 6 Cara Memasak Bagian Ayam Menggunakan Air Fryerfoodnetwork.com

Bosan dengan dada ayam yang biasa saja dan kering? Coba masak di air fryer! Aliran udara konveksi mampu dengan baik menjaga daging tetap juicy. Mungkin kamu hanya dapat memasukkan satu atau dua dada ayam ke dalam air fryer, tetapi rasa dada ayamnya tentu tidak akan membosankan lagi karena dimasak dengan cara yang berbeda.

Petunjuk: Masukkan dada ayam pada suhu 190 ° C. Balik saat setengah jalan, masak selama 15 hingga 20 menit.

3. Paha atas

Wajib Tahu! 6 Cara Memasak Bagian Ayam Menggunakan Air Fryermarthastewart.com

Sebagian besar air fryer dapat memuat sekitar enam hingga delapan paha atas ayam, tergantung apakah tanpa tulang atau bertulang. 

Petunjuk: Suhu 190 ° C tampaknya bekerja paling baik, tetapi waktu memasak akan bervariasi: 15 hingga 17 menit untuk tanpa tulang dan 22 hingga 25 menit untuk paha bertulang, jangan lupa untuk membaliknya di tengah jalan. 

Baca Juga: 5 Tips Menggunakan Air Fryer yang Tepat, Enggak Cepat Rusak!

4. Paha bawah (drumsticks)

Wajib Tahu! 6 Cara Memasak Bagian Ayam Menggunakan Air Fryerthestayathomechef.com

Paha bawah bisa jadi sulit untuk dimasak karena memiliki lebih banyak tendon dibandingkan potongan ayam lainnya. Tapi, rasanya super juicy dan lezat jika kamu memasaknya dengan benar. Kamu mungkin hanya dapat memasukkan enam stik drum ke dalam air fryer sekaligus, tetapi tentu saja rasanya akan berbeda jika dibandingkan dengan paha bawah yang dimasak dengan cara biasa.

Petunjuk: Setel air fryer ke 190 ° C dan masak selama 15 menit. Balik ayam dan masak selama 10 hingga 15 menit lagi, sampai ayam berwarna cokelat keemasan dan matang.

5. Chicken tender/chicken fingers

Wajib Tahu! 6 Cara Memasak Bagian Ayam Menggunakan Air Fryerbettycrocker.com

Chicken fingers (bukan jari atau cakar ayam beneran) yang dimasak dengan air fryer adalah cara mudah untuk menyiapkan camilan, hidangan pembuka, atau makan malam yang cepat dan mudah. Air fryer mungkin akan mampu memuat sekitar 500gr daging, tetapi itu bisa berkisar antara tiga hingga delapan potong tergantung pada ukuran potongan ayam. 

Petunjuk: Resep ini dapat digunakan untuk potongan ayam dilapisi tepung roti. Atur penggorengan udara ke suhu 200 ° C dan masak ayam dalam satu lapisan. Setelah 6 menit, balik ayam dan masak selama 6 hingga 8 menit lagi, sampai ayam renyah dan tidak lagi berwarna merah muda.

6. Ayam utuh

Wajib Tahu! 6 Cara Memasak Bagian Ayam Menggunakan Air Fryerfinecooking.com

Ayam utuh yang dimasak dengan air fryer biasanya disebut ayam rotisserie: renyah di luar dan juicy di dalam. Tidak perlu memotong ayam menjadi beberapa bagian; sebagian besar keranjang air fryer bisa memuat satu ekor ayam utuh.

Petunjuk: Bumbui ayam merata dan semprot dengan minyak goreng. Masak dengan bagian dada menghadap ke bawah dalam penggorengan udara 190 ° C selama sekitar 40 hingga 50 menit. Balik ayam dan masak selama 10 hingga 20 menit lagi.

Itulah enam cara memasak bagian-bagian ayam dengan menggunakan air fryer, nah kira-kira minggu ini mau masak apa nih?

Baca Juga: Lebih Sehat, Ini 5 Manfaat Dahsyat Menggoreng dengan Air Fryer

Anastasia Jaladriana Photo Verified Writer Anastasia Jaladriana

Moonlight bae.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya