Comscore Tracker

Kenali 10 Jenis Sushi Ini, biar Gak Salah Sebut Saat Memesannya

Jangan sampai nyebut sushi A, keluarnya sushi C

Jepang memang dikenal akan ragam kulinernya. Salah satu yang paling populer di seluruh penjuru dunia adalah sushi. Sushi terbuat dari nasi yang dibentuk bersama lauk berupa makanan laut, daging, atau sayuran.

Nasi sushi mempunyai rasa yang asam dan lembut karena dibumbui campuran cuka beras, garam, dan gula. Di Jepang, ada lebih dari 50 sebutan untuk sushi. Beberapa di antaranya populer di Indonesia.

Nah, berikut beberapa jenis sushi yang perlu kamu tahu, biar gak salah saat memesannya.

1. Norimaki

Kenali 10 Jenis Sushi Ini, biar Gak Salah Sebut Saat Memesannyalocalparent.ca

Dimulai dari norimaki, jenis sushi yang paling sering dijumpai di Indonesia. Norimaki dibalut kertas nori (rumput laut) dengan isian nasi dan aneka lauk, seperti telur, daging sapi, salmon, tuna, belut, gurita, atau irisan mentimun.

2. Oshizushi

Kenali 10 Jenis Sushi Ini, biar Gak Salah Sebut Saat Memesannyacookingwithdog.com

Oshizushi hampir mirip norimaki, tapi bentuknya berbeda. Kalau norimaki biasanya berbentuk bulat atau lingkaran, oshizushi biasanya berbentuk kotak atau persegi panjang.

3. Inarizushi

Kenali 10 Jenis Sushi Ini, biar Gak Salah Sebut Saat Memesannyagurunavi.com

Inarizushi merupakan jenis sushi yang lapisan luarnya terbuat dari tofu yang digoreng. Sedangkan, di dalamnya berisi nasi halus.

4. Nigiri

Kenali 10 Jenis Sushi Ini, biar Gak Salah Sebut Saat Memesannyacookingwithdog.com

Nigiri merupakan salah satu jenis sushi yang paling favorit. Nigiri disajikan dengan nasi yang di atasnya diberi potongan ikan mentah. Jenis ikannya bisa beraneka macam, mulai dari ikan salmon, tuna, cumi-cumi, belut, atau gurita.

5. Sashimi

Kenali 10 Jenis Sushi Ini, biar Gak Salah Sebut Saat Memesannyalionfishsd.com

Sashimi terdiri dari potongan daging ikan yang disajikan mentah. Berbeda dengan sushi lainnya yang biasanya berisi nasi, sashimi biasanya tanpa nasi dan cukup dicelupkan di saus yang telah disediakan.

6. Chirashi

Kenali 10 Jenis Sushi Ini, biar Gak Salah Sebut Saat Memesannyapinterest.com/Tere Cruz-Tenorio

Chirashi merupakan jenis sushi yang disajikan dalam bentuk rice bowl yang di atasnya diberi aneka topping. Biasanya berupa makanan laut seperti udang, salmon, dan telur ikan.

Baca Juga: 10 Sajian Enak dan Unik Kintaro Sushi, Mendadak Bikin Ngiler!

7. Uramaki

Kenali 10 Jenis Sushi Ini, biar Gak Salah Sebut Saat Memesannyawalterpurkisandsons.com

Jenis sushi ini biasanya menukar letak pembungkus nori dengan nasi. Kertas norinya berada di dalam dan nasinya justru berada di luar sebagai pembungkus. Isiannya bisa berupa buah, sayur, atau aneka makanan laut.

8. Gunkan

Kenali 10 Jenis Sushi Ini, biar Gak Salah Sebut Saat Memesannyainstagram.com/grantkawasaki

Dalam bahasa Jepang, gunkan berarti kapal perang. Yap, sushi yang satu ini bentuknya mirip kapal. Gunkan merupakan sushi yang dibungkus kertas nori atau irisan tipis mentimun. Biasanya terdiri dari beraneka ragam makanan di dalamnya.

9. Temaki

Kenali 10 Jenis Sushi Ini, biar Gak Salah Sebut Saat Memesannyacreatemindfully.com

Temaki dalam bahasa Jepang memiliki arti 'digulung dengan tangan'. Sushi jenis ini dihidangkan dengan cara membuat sendiri bentuk sushi rollnya. Jadi tanpa alat dan bisa mengambil nasi dan isian sesuai selera.

10. Futomaki

Kenali 10 Jenis Sushi Ini, biar Gak Salah Sebut Saat Memesannyaazia.pl

Futomaki merupakan varian sushi yang memiliki ketebalan lebih besar daripada sushi pada umumnya. Biasanya berisi aneka isian berjumlah tujuh macam. Isiannya sudah dimasak terlebih dahulu, seperti ayam dan selada.

Kalau kamu paling suka yang mana?

Baca Juga: Hadir di Surabaya, 10 Potret Unik Burger-Sushi Ini Bikin Ngiler

Topic:

  • Dewi Suci R.

Just For You