Comscore Tracker

Reaksi Kocak Gordon Ramsay Saat Mencicipi Kue Bika Khas Minang

Dia juga sempat membuat bika sendiri

Chef ternama Gordon Ramsay kembali menjadi perbincangan hangat sejak masak rendang di Sumatra Barat. Acara ini tayang dalam program Gordon Ramsay: Uncharted  di kanal Discovery Channel.

Dalam tayangan tersebut, chef yang terkenal lewat acara Hell's Kitchen tersebut berpetualang di Sumatera Barat dan mencicipi berbagai makanan khasnya. Selain rendang, dia juga mencicipi bika khas Minang di sebuah kios kecil di wilayah Koto Baru, Tanah Datar.

Seperti apa reaksinya? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Terpesona dengan aroma pembuatan kue bika

Reaksi Kocak Gordon Ramsay Saat Mencicipi Kue Bika Khas Minangyoutube.com/National Geographic

Ramsay dibuat takjub begitu masuk ke dalam sebuah dapur pembuatan bika. "Ya Tuhan, bau yang luar biasa, apa ini?" ujarnya.

Food writer yang mendampingi Ramsay saat itu, Ade Putri, menjelaskan aroma yang mereka cium berasal dari adonan bika yang dimasak dalam kuali tanah liat dan dibakar dengan kayu bakar dari cinnamon wood.

"Ini hampir seperti macaroon-nya Indonesia," kata Gordon.

Chef asal Inggris itu juga mencoba kue bika yang baru saja matang. Sayangnya, rasa kue yang dibuat dari tepung beras tersebut sepertinya kurang cocok di lidah Ramsay.

Ia terlihat membolak-balik, mencoba sedikit, lalu meninggalkannya begitu saja di meja. Namun Ramsay tetap memuji proses pembuatan Bika di Tanah Minang. "Excellent!" ucapnya.

2. Kaget bisa produksi 2.000 bika per hari

Reaksi Kocak Gordon Ramsay Saat Mencicipi Kue Bika Khas Minangyoutube.com/National Geographic

Tak hanya mencicipi kue bika, Ramsay juga ditantang membuat bika. Setelah diberi contoh, ia pun mencetak kue bika dengan menggunakan sendok, lalu melemparkan adonannya ke dalam kuali beralaskan daun pisang.

Sayangnya, chef internasional tersebut tampak kesulitan dalam memasak kue bika. Kue bika yang ia cetak terlihat berantakan. "Oh, I'm sorry," ucapnya.

Penjual kue Bika Talago mengatakan ia bisa memproduksi hingga 2.000 buah dalam sehari. Mendengar jumlahnya yang ribuan, Ramsay terkejut dan terkesima. Ia tak percaya mereka bisa membuat bika sebanyak 2.000 dalam sehari.

"Stop it, smartass," kelakar Ramsay. "Mereka membuatnya menjadi terlihat sangat mudah."

Baca Juga: Gordon Ramsay Bisa Makan 5 Makanan Esktrem Ini, tapi Bukan Durian

3. Apa itu bika khas Minang?

Reaksi Kocak Gordon Ramsay Saat Mencicipi Kue Bika Khas Minangwisatasumbar.net

Bika sendiri merupakan camilan khas di daerah Koto Baru, Sumatera Barat. Camilan yang berbentuk bulat ini terbuat dari campuran tepung beras, air kelapa, dan gula pasir.

Adonan kemudian dimasak dalam kuali tanah liat yang diberi alas daun pisang, lalu dibakar dengan kayu bakar dari cinnamon wood. Bika memiliki rasa manis dengan tekstur yang lembut dan gurih.

Rasa kelapa akan terasa dengan campuran rasa manis gula pasir. Sementara tepung beras membuat kue menjadi mengenyangkan jika makan lebih dari satu.

Bika juga bisa dicampur dengan bahan lain seperti pisang. Camilan ini cocok diminum bersama teh atau kopi di siang atau sore hari saat santai.

Nah, itulah reaksi Gordon Ramsay saat mencicipi kue bika khas Minang, sekaligus memasaknya. Kamu sendiri sudah pernah cobain bika, belum?

Download aplikasi kuliner Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: Behind the Scene William Wongso Masak Rendang Bareng Gordon Ramsay 

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya