Comscore Tracker

5 Jenis Keju Khas Spanyol yang Paling Terkenal, Kualitas Terbaik!

Rasa yang autentik!

Negara Spanyol memiliki banyak sekali bahan makanan tradisional yang sangat terkenal, dan salah satunya adalah jenis kejunya. Selama beratus-ratus tahun lamanya masyarakat Spanyol sangat piawai dalam membuat beberapa macam jenis keju yang resepnya telah diwariskan secara turun-temurun. Nantinya, keju tersebut akan diolah kembali untuk dijadikan hidangan yang menggugah selera.

Dikenal mempunyai aroma dan rasa yang sangat kuat serta mengandung berbagai vitamin dan gizi. Inilah lima jenis keju khas negara Spanyol yang paling populer, sebagai berikut:

1. Tupi

5 Jenis Keju Khas Spanyol yang Paling Terkenal, Kualitas Terbaik!essavia.com

Tupi merupakan keju tradisional yang berasal dari wilayah Catalonia, Spanyol. Keju ini terbuat dari susu sapi yang dicampur dengan minuman berakohol tinggi serta minyak zaitun. Sedangkan cara pembuatan tupi terbilang sangat unik dimana keju difermentasikan di dalam sebuah pot tanah liat yang biasa disebut oleh masyarakat Spanyol dengan sebutan tupi sesuai dengan nama keju ini.

Dari segi rasa, tupi memiliki rasa serta aroma yang sangat kuat dan tajam. Bahkan untuk mengurangi rasanya yang terlalu tajam, tupi sering dicampur dengan bawang putih, madu atau mentega.

2. Cuajada

5 Jenis Keju Khas Spanyol yang Paling Terkenal, Kualitas Terbaik!cheesewiki.com

Dalam bahasa Spanyol cuajada memiliki arti mengental yang mengacu kepada proses pembuatan dari keju ini. Cuajada merupakan jenis keju segar yang terbuat dari susu domba yang dicampur dengan rennet dan cuka kemudian dibiarkan hingga ketiga campuran bahan tersebut mengental. Jika tidak mempunyai persediaan susu domba, keju ini juga bisa dibuat dengan menggunakan berbagai jenis susu lainnya termasuk susu sapi.

Cuajada biasanya dinikmati oleh masyarakat Spanyol sebagai hidangan penutup karena memiliki tekstur yang sangat lembut serta dapat dicampur atau dioleskan ke beberapa hidangan dessert lainnya.

3. San simon da costa

5 Jenis Keju Khas Spanyol yang Paling Terkenal, Kualitas Terbaik!lunya.co.uk

San simon da costa mempunyai dua jenis varian yaitu keju yang berumur 45 hari yang biasa dijual dalam ukuran besar atau keju yang berumur 30 hari dengan ukuran lebih kecil. Keju ini berasal dari daerah Terra Cha yang berada di provinsi Lugo. San simon da costa dikenal dengan aromanya yang khas dan wangi karena melalui proses pengasapan menggunakan kayu bakar khusus yaitu kayu birch dan beberapa jenis kayu lokal lainnya. Dari segi tampilan, San simon da costa memiliki warna kuning dan biasanya dinikmati bersama roti.

Baca Juga: Resep Butter Cake Tapai Keju, Tekstur Lembutnya Melekat di Lidah!

4. Machego cheese

5 Jenis Keju Khas Spanyol yang Paling Terkenal, Kualitas Terbaik!gourmetfoodstore.com

Dengan rasa yang agak asam serta tekstur padat, manchego cheese mempunyai warna kuning pucat dan hitam kehijauan. Manchego terbuat dari susu domba yang dibiarkan hidup di padang rumput liar yang terdapat di beberapa provinsi di Spanyol seperti Albacete, Ciudad Real dan Toledo. Susu mentah domba tersebut dipasteurisasi lalu difermentasikan selama beberapa minggu hingga menjadi manchego cheese. Keju ini memiliki banyak kandungan gizi dan vitamin seperti A,D, E hingga kalsium namun juga mengandung kadar lemak yang cukup tinggi.

5. Mahon

5 Jenis Keju Khas Spanyol yang Paling Terkenal, Kualitas Terbaik!butchersalley.com

Mahon merupakan keju tradisional dari masyarakat Menorca yang terbuat dari susu sapi murni. Di pasaran, mahon memiliki tiga varian berbeda menurut berapa lama usia dari keju tersebut mulai dari tierno, semi curado dan curado yang memakan waktu paling lama delapan bulan untuk proses pematangannnya. Salah satu alasan mengapa jenis keju ini sangat terkenal dikarenakan mahon sangat sering digunakan oleh koki profesional di Spanyol untuk dicampurkan ke berbagai hidangan istimewa.

Nah, itulah beberapa jenis keju khas Spanyol paling terkenal yang memiliki aroma dan rasa yang autentik. Kebanyakan dari jenis keju di atas banyak diolah untuk menjadi hidangan pembuka dan penutup yang lezat.

Baca Juga: 5 Jenis Keju Khas Prancis dengan Kualitas Terbaik, Lebih Aromatik!

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya