Comscore Tracker

Pahami 5 Hal Ini saat Menggunakan Minyak Zaitun untuk Memasak!

Bisa dipakai berulang kali seperti minyak goreng gak ya?

Minyak zaitun menjadi salah satu alternatif minyak sehat untuk memasak. Bahkan, diklaim sebagai minyak yang memiliki kualitas paling stabil.

Namun, masih banyak orang yang meragukan kualitas minyak zaitun, terutama untuk memasak. Padahal minyak zaitun bisa membuat rasa masakan jadi lebih nikmat dan sehat, lho.

Nah, sebelum menggunakannya, kamu harus memahami dulu beberapa hal tentang minyak zaitun berikut ini.

1. Pilih jenis minyak zaitun yang tepat

Pahami 5 Hal Ini saat Menggunakan Minyak Zaitun untuk Memasak!tastecooking.com

Pastikan kamu memilih jenis minyak zaitun yang tepat, seperti virgin olive oil. Minyak ini dikenal yang paling bagus untuk kesehatan.

Selain itu, kamu juga perlu memerhatikan keterangan pada kemasan. Perhatikan minyak zaitun mana yang bisa digunakan untuk memasak atau hanya untuk makanan yang sudah matang.

2. Gunakan api kecil

Pahami 5 Hal Ini saat Menggunakan Minyak Zaitun untuk Memasak!eatthis.com

Minyak zaitun gak bisa tahan dengan suhu tinggi, karena akan mengurangi kandungan gizinya. Maka dari itu, sebaiknya gunakan api kecil saat memasak dengan minyak zaitun. 

3. Bisa digunakan untuk menggoreng

Pahami 5 Hal Ini saat Menggunakan Minyak Zaitun untuk Memasak!thespruceeats.com

Gak hanya menumis, ternyata minyak zaitun juga bisa digunakan untuk menggoreng, lho. Sebab, minyak zaitun gak akan membentuk radikal bebas berbahaya dalam jumlah yang signifikan. Namun, jangan gunakan api dengan suhu tinggi, ya! 

Baca Juga: 10 Tips Memasak Perkedel Kentang yang Enak dan Gak Mudah Ambyar

4. Bisa digunakan berulang kali

Pahami 5 Hal Ini saat Menggunakan Minyak Zaitun untuk Memasak!healthline.com

Minyak zaitun berbeda dengan minyak sayur biasa. Sebab, minyak ini bisa digunakan berulang kali tanpa mudah teroksidasi.

Minyak ini bisa bertahan lebih lama dibanding jenis minyak lainnya. Bahkan, penggunaan minyak zaitun untuk memasak ini bermanfaat untuk kesehatan jantung. 

5. Simpan di tempat dan suhu yang tepat

Pahami 5 Hal Ini saat Menggunakan Minyak Zaitun untuk Memasak!onlyoliveoil.vas.com.sg

Minyak zaitun untuk memasak sebaiknya disimpan dalam tempat dengan suhu ruang normal.  Hindari terpapar sinar matahari langsung atau di dalam kulkas.

Pasalnya, hal tersebut dapat mengubah rasa minyak zaitun. Biasanya minyak zaitun ini bisa bertahan hingga satu tahun setelah kemasannya dibuka. 

Nah, sekarang sudah tahu, kan hal apa saja yang harus diperhatikan sebelum dan saat menggunakan minyak zaitun? Semoga informasi kali ini bermanfaat buat kamu yang ingin memanfaatkan minyak zaitun, ya!

Baca Juga: 10 Tips Memasak Nasi Uduk yang Gurih dan Pulen, Begini Caranya!

yummy-banner

Topic:

  • Dhiya Awlia Azzahra
  • Dewi Suci R.
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya