Comscore Tracker

7 Teknik Memasak Kering yang Wajib Kamu Pahami 

Gak hanya digoreng aja lho

Teknik memasak kering merupakan metode memasak tanpa menggunakan air. Mayoritas masyarakat menganggap teknik memasak kering hanya sebatas pada menggoreng. Karena itu, teknik memasak ini kerap kali dinilai tidak sehat karena membutuhkan banyak minyak dalam prosesnya. Padahal teknik ini sendiri terdiri dari 7 jenis dan tidak semuanya menggunakan minyak. Selain itu, ke-7 teknik juga akan memberikan cita rasa yang khas pada setiap masakan. Lantas apa sajakah teknik memasak kering? Ini dia jawabannya.

1. Deep frying

7 Teknik Memasak Kering yang Wajib Kamu Pahami foodal.com

Deep frying merupakan teknik memasak di mana bahan makanan digoreng dalam minyak panas yang jumlahnya cukup banyak agar masakan terendam dengan sempurna. Walaupun menggunakan banyak minyak, tapi teknik ini gak akan membuat masakanmu jadi sangat berminyak. Sebaliknya, teknik ini justru akan membuat permukaan makanan buatanmu kering dan krispi. Deep frying cocok digunakan untuk membuat kentang goreng, ayam goreng, keripik, dan sebagainya.

2. Shallow fry

7 Teknik Memasak Kering yang Wajib Kamu Pahami Tastseofsouthern.com

Pada shallow fry, bahan masakan digoreng menggunakan minyak yang jumlahnya hanya sepertiga bagian masakan. Pada teknik ini, bahan makanan yang kamu masak harus dibolak-balik sampai matang. Teknik ini biasa digunakan untuk mengolah ikan, daging, telur.

3. Saute

7 Teknik Memasak Kering yang Wajib Kamu Pahami thegreatcoursesdaily.com

Teknik memasak ini membutuhkan sedikit sekali minyak dengan api yang kecil. Saute biasa disebut juga dengan menumis, tujuannya adalah untuk menyoklatkan bahan hingga mengeluarkan aroma harum. Bahan masakan yang bisa diolah dengan cara saute adalah bumbu, sayur, jamur, hingga seafood.

Baca Juga: 7 Teknik Memasak Basah yang Wajib Kamu Ketahui

4. Grilling

7 Teknik Memasak Kering yang Wajib Kamu Pahami seriouseats.com

Grilling merupakan proses mematangkan bahan makanan menggunakan api secara langsung. Teknik ini biasanya digunakan untuk Memasak sate. Agar masakan bisa cepat matang, bahan haruslah dipotong-potong terlebih dahulu dan menggunakan api dengan jarak sangat dekat.

5. Barbecuing

7 Teknik Memasak Kering yang Wajib Kamu Pahami saarbruecken.de

Mirip dengan grilling, barbecuing menggunakan api dalam proses mematangkan makanan. Bedanya, kalau grilling merupakan teknik fast cooking, sedangkan barbecuing slow cooking. Pada proses barbecuing, bahan makanan yang dimasak berukuran besar dan menggunakan api yang tidak terlalu besar dan jarak yang tidak terlalu dekat. Ini lantaran proses barbecuing dilakukan dalam waktu yang lama, dan bertujuan agar masakan bisa matang sempurna tanpa gosong.

6. Roasting

7 Teknik Memasak Kering yang Wajib Kamu Pahami chowhound.com

Kalau pada teknik ini, daging biasanya dimasak secara utuh dengan terlebih dahulu diberi bumbu seperti mentega, saus asam manis, madu, lalu dimatangkan menggunakan oven. Daging yang cocok dimasak dengan teknik ini, yaitu ayam, kalkun, dan bebek.

7. Smoking

7 Teknik Memasak Kering yang Wajib Kamu Pahami peruviancuisinefortheworld.com

Pada teknik ini, bahan makanan dimasak menggunakan udara panas ataupun asap dalam waktu yang lama. Asap yang digunakan haruslah sangat panas dan banyak agar bahan bisa matang dengan sempurna. Yang seru dari proses ini adalah masakanmu akan mengeluarkan aroma yang menggugah selera dan lebih sehat karena kamu tidak perlu menggunakan minyak ataupun mentega sama sekali.

Gimana? Sudah tahu perbedaan ke-7 teknik tersebut? Semuanya memiliki kelebihan dan ciri khas masing-masing. Kamu juga perlu memerhatikan sifat bahan serta hasil akhir yang kamu harapkan sebelum menentukan teknik memasak yang pas.

Baca Juga: 7 Teknik Memasak Basah yang Wajib Kamu Ketahui

Ekaay Photo Community Writer Ekaay

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You