Comscore Tracker

7 Makanan Korea Selatan ini Ternyata Mirip Sama Makanan Indonesia Lho

Gak usah jauh-jauh ke Korea

Maraknya drama Korea membuat banyak orang yang penasaran dengan kehidupan di negeri gingseng sana. Apalagi kalau sudah adegan makan bareng gitu, kamu pasti dibikin ngiler deh sama sajian di sana. Pengen ngerasain kimbab, bibimbap, ramyun, odeng dan lain-lain. Sayangnya di Indonesia ini masih jarang yang jualan makanan Korea Selatan. Nah, kamu gak perlu yang penasaran setengah mati kok karena sebenarnya banyak makanan Korea Selatan yang mirip secara rasa atau bentuk dengan makanan Indonesia lho. Apa sajakah itu?

1. Kimbab dan lemper

7 Makanan Korea Selatan ini Ternyata Mirip Sama Makanan Indonesia Lhosafieraputriauliyah.wordpress.com & resepcaramasak.com

Kimbab adalah hidangan yang sering dimakan orang Korea Selatan saat sarapan. Terbuat dari nasi yang digulung dengan rumput laut dengan isian wortel, bayam, telur dan daging. Coba ingat deh ada lho makanan Indonesia yang juga sama seperti kimbab. Yup benar, jawabannya lemper. Bedangnya hanya di lemper isinya daging semua. Kalau kamu mau berinovasi bisa kok bikin lemper isi sayuran dan daging, udah mirip sama kimbab.

2. Bibimbab dan nasi pecel

7 Makanan Korea Selatan ini Ternyata Mirip Sama Makanan Indonesia Lhotaste.com.au & masakandapurku.com

Bibimbab ini sebenarnya sajian yang paling gampang lho, isinya cuma nasi, wortel, sayuran hijau lalu diberi saus gochujang dan sedikit minyak setelah itu diaduk jadi satu. Nah di Indonesia ada lho makanan sejenis itu dan sudah sering kita makan setiap hari yakni nasi pecel. Sama-sama punya konsep nasi dan sayuran yang dicampur. Cuma bedanya nasi pecel menggunakan saus kacang. Nah kalau kamu suka yang mana nih?

3. Kimchi dan asinan

7 Makanan Korea Selatan ini Ternyata Mirip Sama Makanan Indonesia Lhosurakoreancuisine.com & kompas.com

Bagi orang luar Korea Selatan, rasa Kimchi mungkin terasa sangat aneh saat pertama mencobanya. Perpaduan asam dan pedas membuat banyak lidah tak kuat merasakannya. Namun rasa seperti itu sudah ada lho sebenarnya pada makanan Indonesia yakni asinan sayur. Perpaduan sayur segar dengan kuah asinan itu rasanya juga asam pedas kok, persis seperti kimchi.

4. Jjangmyun dan mie yamin

7 Makanan Korea Selatan ini Ternyata Mirip Sama Makanan Indonesia Lhomaangchi.com & selerasa.com

Jjangmyun itu mie dengan saus kacang hitam campur potongan ayam yang menggoda selera. Untuk rasa sebenarnya tidak jauh berbeda kok dengan mie yamin yang biasa kamu santap, sama-sama ada rasa manisnya. Bedanya jjangmyun sedikit hambar sedangkan mie yamin mendapat tambahan rasa gurih yang didapatkan dari kuahnya.

Baca Juga : Begini Reaksi Orang Asing Saat Mencicipi Durian, Kocak Sampai Ada yang Bilang Bau Kaki!

5. Toppoki dan cilok

7 Makanan Korea Selatan ini Ternyata Mirip Sama Makanan Indonesia Lhofeed.merdeka.com & dapurkobe.co.id

Toppoki menjadi camilan setiap orang di Korea Selatan. Terbuat dari tepung beras dengan tekstur memanjang dan berwarna putih, rasa toppoki ini adalah kenyal dan pedas dari saus gochujang. Nah makanan kenyal di Indonesia ini banyak lho, salah satunya adalah cilok. Yup, secara rasa toppoki ini mirip dengan cilok yang kenyal-kenyal. Apalagi jika ciloknya ditambah saus merah, makin mirip deh toppoki.

6. Pajeon dan ote-ote

7 Makanan Korea Selatan ini Ternyata Mirip Sama Makanan Indonesia Lhofood.com & bukumasakan.com

Pajeon ini semacam martabak jika di Korea Selatan, cocok dimakan malam-malam dengan minum soju. Terbuat dari adonan tepung dan sayur lalu digoreng dengan bentuk melingkar. Rasanya hampir mirip dengan ote-ote atau bakwan kalau di Indonesia. Sama-sama terbuat dari adonan tepung dengan tambahan sayur di dalamnya. Rasa pajeon ini juga gurih kok seperti gorengan.

7. Patbingsoo dan es serut

7 Makanan Korea Selatan ini Ternyata Mirip Sama Makanan Indonesia Lhothesweetsdesserts.blogspot.co.id & sayangi.com

Patbingsoo ini menjadi dessert kesukaan orang Korea Selatan tatkala musim panas datang. Patbingsoo merupakan es serut yang diberi lelehan susu dan kacang merah di atasnya, rasanya seger banget. Nah di era sekarang patbingsoo sudah ditambah dengan beberapa topping lainnya agar tampak lebih cantik seperti buah-buahan dan jelly. Kamu gak perlu ke Korea Selatan kok untuk mencicipi patbingsoo ini karena konsep es serut ini juga sudah ada lama di Indonesia. Bedanya hanyalah ada di topping-nya saja.

Gimana, kalau kamu suka makanan Korea Selatan atau Indonesia nih?

Baca Juga : Kamu Bisa Kaya Raya Jika Jualan 10 Makanan Indonesia Ini di Luar Negeri

yummy-banner

Topic:

Berita Terkini Lainnya