Comscore Tracker

9 Bakso Bakar Paling Maknyus di Malang, Pasti Ngunyah Terus!

Makan bakso tanpa kuah, mantul juga!

Suhu udara kota Malang pada hari biasa memang sudah dingin apalagi saat sedang hujan sekarang ini, pasti tambah menggigil. Kalau sudah begini perut ini bawaannya jadi cepat keroncongan deh!

So, untuk penawar lapar ada banyak kuliner autentik dari Malang yang siap menggoyang lidah kalian. Salah satu yang paling ikonik yakni bakso. Tapi kali ini berbeda, baksonya tidak direbus kuah melainkan dibakar.

Varian bakso non kuah ini masaknya mirip sate. Bakso disusun dengan tusukan saat dibakar di atas arang. Tak ketinggalan dioles bumbu biar makin mantap rasanya.

Teksturnya ada krenyesnya dan aroma bakarannya bikin makin berselera. Jajan bakso bakar ini rasanya lebih enak lagi kalau dicemil saat masih panas, dijamin bikin kalian ngunyah terus.

Selagi liburan ke Malang, pastikan icip di 9 tempat makan bakso bakar paling maknyus berikut ya!

1. Bakso Bakar Pak Man

9 Bakso Bakar Paling Maknyus di Malang, Pasti Ngunyah Terus!instagram.com/eat.time.story

Bakso bakar Pak Man ada di Jalan Diponegoro No 19, Klojen, Malang. Kedai yang eksis sejak 1965 ini selalu ramai didatangi pengunjung buat makan bakso bakar pakai level pedas yang menantang. Satu tusuknya bisa kenyangin perut, isi 15 bakso dimana harga satuannya dibanderol Rp 3.000.

Gak perlu tambah sambal lagi deh kalau makan bakso bakar disini. Bumbu oles bakarnya ini pedasnya udah kelewatan banget, meresap sampai ke dalam. Tapi kalau gak tahan rasa sangat pedas kalian bisa pesan level yang pedas sedang.  

Kecuali bakso bakar, kalau mau yang porsi komplit komposisi pelengkapnya bebas ngeracik sesuai selera. Tinggal ambil sendiri bakso rebus, tahu, siomay, bihun, lontong dan kuahnya.

2.Bakso Bakar Kedai Buka Baju

9 Bakso Bakar Paling Maknyus di Malang, Pasti Ngunyah Terus!instagram.com/bukabaju

Lokasinya berada di dua tempat yakni di Jalan MT Haryono 148 dan Jalan A Yani No 20D, Malang. Bakso khas disini gak polosan tapi ada isiannya seperti keju, rawit dan urat. Favorit disini sih yang varian bakso isi kejunya, begitu digigit langsung lumer dalam mulut.

Aroma smokey-nya saat dibakar di atas arang juga mengundang rasa lapar. Ditambah bumbu barbeque yang dioles selama pembakaran sedap banget.

Untuk tingkat kepedasan bisa diatur sendiri, bebas. Mulai level buka mulut, buka kancing dan yang terpedas yakni buka baju. Selain enak, jajanan khas Malang ini terjangkau dimana satu tusuk isi lima dibanderol Rp 18.000.

Gak sekedar camilan, bakso bakar khas kedai ini bisa jadi lauk yang pas buat disantap bersama nasi.

Kalau mau jajan bakso versi non kuah lainnya ada juga bakso goreng. Gurihnya nikmat dan teksturnya kriuk banget. Biasanya dimakan bersama cocolan saus barbeque.

3. Bakso Bakar President

9 Bakso Bakar Paling Maknyus di Malang, Pasti Ngunyah Terus!instagram.com/jogjabikinlaper

Bakso bakar ini cukup sederhana dioles kecap usai dibakar di atas arang. Rasa manisnya kecap ternyata sangat cocok dipadukan dengan daging bakso yang gurih. Taburan bawang goreng di atasnya juga bikin nikmatnya kian melejit lho!

Dengan menebus Rp 12.000 kalian bisa makan setusuk bakso bakar ukuran besar yang bumbunya nikmat. Bakso yang digunakan jenis bakso urat jadi teksturnya kasar tapi nikmat. Tersedia kuah terpisah yang bisa diseruput saat makan bakso bakar.

Untuk mampir bisa datang ke Jalan Batanghari No 5 Rampal Celaket, Klojen, Malang. Makan disini seru banget karena posisi tempat makannya ada di pinggir rel jadi jika beruntung dapat bonus pemandangan kereta api yang melintas tepat di depan mata.

4. STMJ Bakso Bakar

9 Bakso Bakar Paling Maknyus di Malang, Pasti Ngunyah Terus!instagram.com/foolyid

Berlokasi di Jalan Danau Baratan Raya G6J-12 dan Jalan Kolonel Sugiono No 191, Malang, Kedai ini punya menu andalan bakso yang dibakar dengan lumuran bumbu pedas. Bahkan bagian dalam baksonya diisi sambal rawit. Pas banget dijajal para penghobi makan pedas.

Kalau takut pedas, ada bakso bakar keju kejutan yang rasanya cenderung asin gurih dengan isinya keju campur mayonnaise. Setiap varian dibanderol sama yakni Rp 15.000 dapat lima biji bakso bakar. 

Sesuai nama tempatnya, mampir kesini rugi kalau cuma makan bakso bakar. Pesan sekalian minuman STMJnya buat hangatin perut di suhu dinginnya Malang ini. Kalau masih kurang kenyang, roti bakar disini wajib dipesan juga nih buat teman nongkrong.

Baca Juga: Ramah Kantong, 5 Nasi Goreng Enak di Malang Ini Wajib Kamu Coba

5. Bakso Bakar Trowulan

9 Bakso Bakar Paling Maknyus di Malang, Pasti Ngunyah Terus!instagram.com/bianca_cp94

Beralamat di Jalan Candi Trowulan 65, Malang, kedai ini mulai buka jam sepuluh pagi sampai setengah delapan malam. Bakso bakar dibanderol Rp 30.000 dapat sepuluh biji. Baksonya disini ada tiga macam yakni bakso halus, bakso urat, dan campur. Tinggal pilih suka yang mana.

Baksonya nanti disayat dulu sebelum dilumuri saus lalu dibakar deh. Mungkin teknik inilah yang bikin rasa bakso bakar disini laris. Habisnya, bumbu sausnya meresap sampai kedalam dengan aroma khas bebakaran yang sedap.

Kalau mau versi klasik disini juga tersedia bakso kuah yang isinya bisa diracik sendiri. Ada mie, tahu, dan kuah kaldu tentunya. Usai bersantap kalian bisa bawa oleh oleh bakso beku buat keluarga tercinta dirumah.

6. Bakso Bakar Pahlawan Trip

9 Bakso Bakar Paling Maknyus di Malang, Pasti Ngunyah Terus!instagram.com/baksobakar_pahlawantrip

Lokasinya ada di Jalan Pahlawan Trip, Oro Oro Dowo, Klojen, Malang. Bukanya dari jam sembilan pagi sampai dua belas malam. Kedai ini tawarkan bakso bakar dengan tiga macam pilihan bumbu olesan bakar yakni pedas manis, manis dan super pedas.

Seporsi bakso bakar tersaji dengan taburan bawang goreng yang bikin sedapnya lebih menggoda. Tekstur baksonya sangat pas gak over, empuk tapi masih ada kenyalnya. Harganya masih ramah dikantong yakni Rp 15.000 dapat lima bakso bakar.

Makan bakso bakar biasanya wajib didampingi siomay bakar. Menu unik ini disukai karena teksturnya jadi lebih renyah dan sedap daripada digoreng.

7. Bakso Bakar Garuda

9 Bakso Bakar Paling Maknyus di Malang, Pasti Ngunyah Terus!instagram.com/baksobakargaruda

Untuk menyantap seporsi bakso bakar dibanderol Rp 12.000. Terkenal dengan bakso bakar yang lebih kaya rasa dimana sausnya ada tiga macam mulai dari bumbu kacang, saus madu, dan kecap bawang.

Selain bakso bakar, siomay bakarnya yang dicampur dengan saus kacang atau mayonnaise wajib dicicipi. Biar makin kenyang pesan semangkuk mie ayam juga. Kalau mampir langsung datang ke alamatnya di Jalan Raya Bandulan 187, Malang.

8. Bakso Bakar Bu Kaji

9 Bakso Bakar Paling Maknyus di Malang, Pasti Ngunyah Terus!instagram.com/bakso.bukaji

Bakso bakar ini khas dengan baluran bumbu kacang yang rasanya gurih, pedas dan manis. Untuk baksonya sendiri juga enak dimana komposisi dari dagingnya terasa sekali. Ukurannya cukup besar jadi bikin puas.

Makan bakso bakar di Jalan Cokroaminoto No 2 ini enaknya ditemani mie setrum. Mie setrum mirip banget sama mie setan yang terkenal pedas menyengat lidah. 

Kedai yang telah berdiri sejak tahun 1956 ini uniknya juga menjual bumbu rawon yang dikemas siap pakai. Jadi lebih praktis buat dijadikan oleh oleh. 

9. Bakso Bakar Maknyoosee 042

9 Bakso Bakar Paling Maknyus di Malang, Pasti Ngunyah Terus!instagram.com/baksobakarmanyoosee042

Bertempat di Jalan Sawojajar Mas M26, Malang. Bakso bakarnya diberi topping saus mayonnaise. Jadi bukan hanya gurih, makan bakso bakar ini ada juga sensasi asin manis pedas.

Bahan baksonya gak cuma daging sapi tapi ada ikan juga. Pasti menggoda ya buat pecinta seafood yang pengen menyantap ikan dengan racikan berbeda. Selain bakso kedai ini punya menu serba bakar lainnya yakni tiram dan sosis bakar. Enak semua dan harganya bikin bahagia yakni Rp 2.500 per tusuk.

Duh, udah ngiler belum dengan menu bakso bakar di atas? Yuk cobain saat kamu main ke Malang!

Baca Juga: 5 Resep Bakso Buat Camilan, Rasanya Bikin Gak Bisa Berhenti Ngunyah

Fatiya Photo Verified Writer Fatiya

Semangat Arek Laros!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya