Comscore Tracker

5 Warung Pecel Punten Termaknyus Di Kediri, Gurihnya Mantap!

Jodohnya pecel gak melulu nasi loh!

Pecel memang umumnya disantap bersama nasi. Tapi pecel khas Kediri berbeda dengan daerah lain karena mengganti nasi dengan punten. Punten ini teksturnya padat mirip lontong. Bahannya juga sama pakai beras. Tapi bedanya rasa punten ini sangat gurih karena dimasak dengan campuran santan. Tak heran meski dicemil tanpa apapun punten ini udah nikmat banget.

Biar makin doyan, kalau di Kediri punten ini disiram sama bumbu pecel. Kombinasi keduanya dinamakan pecel punten. Penyajiannya dimulai dari punten yang diiris kotak lalu diberi sayuran rebus dan bumbu kacang. Dilengkapi sama lauk sesuai selera misal ayam goreng, tempe goreng, lele goreng dan lain lain.

Jangan lupa biar ada tekstur kriuk, makannya sama kerupuk. Kerupuknya juga harus otentik dari Kediri. Namanya kerupuk pok atau upil yang masaknya gak pakai minyak sama sekali tapi pasir. Unik kan?

Sajian lokal yang jadi favorit buat sarapan di Kediri ini enak juga untuk buka puasa. Buat referensi, 5 warung pecel punten termaknyus di Kediri ini bisa dicoba.

1. Pecel Punten Istana Jambu

5 Warung Pecel Punten Termaknyus Di Kediri, Gurihnya Mantap!instagram.com/afterworking

Cukup bayar Rp 5.000 untuk masuk destinasi agrowisata ini. Selanjutnya, kalian bisa langsung petik buah jambu segar yang matang dipohon. Tak hanya itu, masih banyak kegiatan lain yang bisa dilakukan.

Tak ketinggalan berwisata kuliner sajian khas Kediri. Apalagi kalau bukan pecel punten. Terdiri dari potongan punten dengan sayuran rebus, kemangi, dan tahu tempe goreng. Tambah telur rebus enak juga. Pokoknya rasanya pas karena gurih dari punten dipadukan dengan bumbu kacang yang kaya rasa. Untuk menyantap sajian ini cukup tebus dengan harga Rp 8.000 sepiring.

Lokasi Istana Jambu ada di Jalan Raya Kediri-Nganjuk 108, Sonorejo, Grogol, Kediri. Kalian bisa mampir dari jam 9 pagi hingga 5 sore.

2. Pecel Punten Mbenjing Mriki Maleh

5 Warung Pecel Punten Termaknyus Di Kediri, Gurihnya Mantap!instagram.com/e_ndro

Berada di Jalan Totot Kerot No 1, Desa Ketami, Pesantren, Kediri, Pecel Punten Mbenjing Mriki Maleh buka dari jam 7 pagi hingga 5 sore.

Tempat makan yang telah ada sejak tahun 1995 ini mengusung tema prasmanan. Kalian akan dibebaskan meracik komposisi pecel punten sesuai selera. Tinggal merogoh kocek lebih dalam kalau mau nambah lauknya.

Biasanya kalau polosan harganya murah saja cuma 8.000 seporsi. Berisi potongan punten yang banyak dipadukan dengan sayur rebus seperti kacang panjang, kenikir, sawi, pakis, bunga turi dan kecambah kemudian diguyur bumbu pecel yang pedas manis.

Tekstur puntennya agak kenyal, rasanya gurih banget. Cocoknya disantap dengan lauk yang digoreng seperti lele, ayam, empal dan lainnya. Makannya biar makin heboh ditambah dengan kerupuk upil.

Karena berada di sekitar persawahan maka saat makan semilir angin dijamin bisa membuat kalian betah. Selain makanannya lezat, pelayanannya sangat ramah. Di setiap akhir kunjungan mereka akan berkata mbenjing mriki maleh. Pesan berbahasa jawa itu artinya besok kesini lagi ya. Unik kan?

Baca Juga: Resep Pecel Tumpang, Kuliner Khas Kediri yang Legendaris

3. Warung Pecel Punten dan Gorengan

5 Warung Pecel Punten Termaknyus Di Kediri, Gurihnya Mantap!instagram.com/nikolijoo

Cukup dengan menebus Rp 5000 kalian sudah dapat sepiring pecel punten komplit. Meski murah bumbu kacangnya gak pelit. Nyaris punten dan sayuran rebusnya tertutup bumbu. Rasanya cenderung pedas jadi cocok deh buat penggila rawit.

Jangan lupa makannya sambil minum es tape. Isian es ini cuma tape ketan hitam yang manis. Sekaligus ada sensasi rasa alkohol dari air tape ketannya. Enak banget tapi gak bikin mabuk. Malahan akan terasa segar sekaligus hangat di perut.

Menu lainnya yang berkomposisi potongan lontong adalah rujak cingur dan gado gado.

Untuk mencicipi kalian bisa mampir di sebrang RWS, Kilisuci, Kediri.

4. Pecel Punten Warung Bu Wit

5 Warung Pecel Punten Termaknyus Di Kediri, Gurihnya Mantap!instagram.com/theresiaandrias

Di sini cukup bayar Rp 6.000 per porsi. Pengunjung bisa melengkapinya lagi dengan aneka gorengan hangat seperti bakwan dan tahu isi.

Kalau pecel punten belum bisa membuat perut kenyang, manjakan perut dengan aneka penyetan di sini. Lauknya macam macam. Rasanya enak semua apalagi sambalnya terkenal nendang. Pasti cocok di lidah dan bikin nambah nasi terus

Buat penyuka kuah, sajian garang asem iga dan rawon bisa jadi pilihan.

Lokasinya di Jalan Singosari No 26, Dandangan, Kediri.

5. Dpunten Bu Sri

5 Warung Pecel Punten Termaknyus Di Kediri, Gurihnya Mantap!instagram.com/dpunten_busri

Bertempat di Jalan Joyoboyo 26, Tepus, Kediri, Dpunten Bu Sri buka setiap hari dari jam 9 pagi sampai 9 malam.

Dari segi tempat memang lebih cozy. Konsepnya zaman now gitu. Tapi sajian pecel puntennya tetap otentik. Potongan punten diberi sayuran rebus lalu disiram bumbu pecel. Tak lupa kerupuk biar ada tekstur krenyesnya.

Kalau mau yang lebih ringan, cobain rujak manis andalan di sini. Terdiri dari irisan aneka buah segar disiram bumbu kacang nan legit. Beda bumbunya dari pecel, bumbu kacang rujak manis lebih simpel karena terdiri dari asam, cabe, gula merah dan kacang goreng yang diuleg. Sesuai namanya rasanya cenderung manis dan kental.

Nah, kalian tertarik untuk mengunjungi yang mana nih?

Baca Juga: 5 Makanan Khas Madiun Ini Rasanya Enak Banget, Tak Hanya Pecel!

Fatiya Photo Community Writer Fatiya

Care & Share

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You