Comscore Tracker

8 Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi Segera setelah Olahraga

Bisa mengembalikan energimu, hasil olahragamu gak sia-sia

Usai berolahraga, wajar rasanya jika kita merasakan dahaga. Bahkan, ada pula yang merasa kelaparan. Supaya tubuh tidak lelah, asupan setelah berolahraga memang harus dipenuhi. Namun, bukan berarti bisa asal pilih makanan dan minuman.

Menurut John Ivy, Ph.D., penulis buku Nutrient Timing: The Future of Sports Nutrition, apa pun yang masuk ke tubuh beberapa jam atau sehari setelah olahraga, bisa menggantikan energi, namun prosesnya bisa lambat. Agar bisa mengganti energi pascaolahraga, berikut beberapa ide makanan dan minuman yang sebaiknya dikonsumsi segera setelah olahraga.

1. Susu cokelat tanpa lemak

8 Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi Segera setelah OlahragaIlustrasi susu cokelat (Pexels.com/Fallon Michael)

Menurut Roberta Anding, R.D., Ahli Gizi Olahraga di Rice University dan tim ahli diet untuk NFL's Houston Texas, susu adalah makanan pengganti yang sempurna. Ia mengandung karbohidrat dan protein dengan rasio tepat untuk tubuh.

Perbandingannya sekitar 3-4 gram karbohidrat untuk setiap gram protein. Tapi, penyajiannya harus tetap kamu perhatikan.

Susu yang dibuat sendiri di rumah, harus dijaga tetap dingin suhunya supaya aman diminum. Karenanya, kamu bisa menyimpannya dalam cooler box jika membawanya ke tempat olahraga.

Jika ogah ribet, kamu bisa minum susu cair dalam kemasan karton atau kaleng yang siap diminum. Sementara kamu yang tidak mentoleransi laktosa, cobalah susu kedelai rasa cokelat.

2. Kacang

8 Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi Segera setelah OlahragaIlustrasi kacang tanah (Pexels.com/Lucas Pezeta)

Kamu bisa mencoba varian kacang seperti almon, kenari, kacang tanah, kemiri atau biji bunga matahari. Kacang-kacangan sendiri termasuk bahan bakar pengganti yang alami.

Menurut Peter Lemon, Ph. D., Peneliti Protein dari University of Western Ontario, Kanada, kacang-kacangan adalah penghasil energi yang terdiri dari campuran protein, lemak, dan karbohidrat yang tepat. Semuanya bikin kenyang dan jadi camilan yang tepat guna.

3. Yogurt dan buah

8 Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi Segera setelah OlahragaIlustrasi yogurt (Pexels.com/Lisa)

Yogurt yang mengandung gula atau pemanis alami seperti pisang atau apel, bisa jadi kombinasi yang tepat pula. Kamu juga bisa menambahkan whey protein yang mudah digunakan.

Jika mau resep sederhananya, siapkan saja 1/4 cangkir stroberi, 1/4 cangkir yogurt stroberi, 1/4 cangkir susu skim, 1/4 cangkir jus jeruk, dan 15 gram whey protein. Blender semua jadi satu dan kamu sudah siap menyantapnya.

4. Carb-protein shake

8 Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi Segera setelah OlahragaIlustrasi protein shake (Pexels.com/Fallon Michael)

Jika tidak ingin makan setelah latihan atau olahraga, alternatif yang bisa kamu lakukan adalah meminum suplemen cair sebagai pengisi ulang bahan bakar sekaligus menghindarkanmu dari dehidrasi.

Suplemen carb-protein shake kini sudah mudah ditemukan di mana-mana, termasuk di pusat kebugaran. Frappucino pun bisa kamu pilih karena termasuk minuman dengan karbohidrat dan protein yang baik bagi tubuh.

Baca Juga: 5 Makanan dan Minuman untuk Netralkan Efek Samping dari Makanan Pedas

5. Energy bar

8 Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi Segera setelah OlahragaIlustrasi energy bar (Pexels.com/Annelies Brouw)

Energy bar merupakan makanan ringan yang tepat dikonsumsi setelah latihan. Jika kamu memilih energy bar yang dijual di pusat kebugaran, perhatikan kandungan di dalamnya.

Jauhi energy bar yang kandungannya hanya protein atau rendah karbohidrat. Baca label nutrisi, perhatikan perbandingannya, setidaknya sekitar 30-40 gram karbohidrat untuk 10 gram protein.

6. Jus dan whey powder

8 Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi Segera setelah OlahragaIlustrasi jus apel (Pexels.com/ROMAN ODINTSOV)

Jus buah adalah minuman pascaolahraga yang tepat karena kandungan karbohidratnya yang tinggi. Dengan menambahkan whey protein pada jus apel, kamu akan mendapatkan perbandingan yang tepat.

Namun, kamu perlu memperhatikan kondisi juga. Jika usai berolahraga kondisi tubuh malah terlalu panas, kadang minuman yang baik juga tidak bagus.

7. Selai kacang dan crackers

8 Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi Segera setelah OlahragaIlustrasi crackers (Pexels.com/Pixabay)

Pencinta selai kacang boleh berbahagia. Rupanya, jenis selai ini juga bermanfaat untuk pemulihan energi pascaolahraga.

Selai kacang merupakan campuran dari karbohidrat, lemak baik, dan protein yang pas. Oleskan selainya pada crackers atau roti tawar demi tambahan jumlah karbohidrat dan protein.

8. Roti isi dada ayam

8 Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi Segera setelah OlahragaIlustrasi roti ayam (Pexels.com/jf valeriano)

Paduan roti dan dada ayam bisa menjadi alternatif campuran karbohidrat dan protein yang lebih alami ketimbang makanan yang diproses ala gym. Untuk rotinya, pakailah yang roti tawar putih biasa.

Roti gandum kurang disarankan karena adanya kandungan serat dan nutrisi yang kaya. Padahal, kamu tidak membutuhkan banyak serat usai olahraga karena otot akan menyerap dengan cepat karbohidrat yang tinggi kadar glisemiknya, seperti di roti tawar putih.

Itu dia beberapa ide makanan dan minuman yang bisa dinikmati segera setelah olahraga. Sekarang, kamu tak perlu lagi mengembalikan energimu karena alasan takut proses olahraganya sia-sia, ya!

Baca Juga: 5 Minuman Sehat yang Juga Bisa Berbahaya untuk Kesehatan

Lita Michelle Photo Verified Writer Lita Michelle

I believe the grass is no more greener on the other side

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya