Comscore Tracker

5 Hidden Gem Cafe di Bandung, dari Vintage hingga Tropical Bohemian!

Ada yang dalamnya full of arts juga lho #LokalIDN

Keberadaan coffee shop di kota-kota besar sudah sangat menjamur, termasuk di Bandung. Ada banyak pilihan makanan dan kopi untuk menemani waktu santai kamu.

Namun, jika kamu bosan dengan ambience coffee shop perkotaan, kamu bisa mencoba yang letaknya agak tersembunyi. Di sana kamu bisa menikmati secangkir kopi dengan suasana nyaman, tenang, dan jauh dari kebisingan kota.

Walaupun jika dilihat sepintas, kamu gak akan menyangka bahwa tempat tersebut bisa menjadi kafe yang cocok buat tempat nongkrong. Berikut hidden gem kafe yang bisa kamu datangi di Bandung. Dicatat, ya!

1. Sama Dengan Coffee 

5 Hidden Gem Cafe di Bandung, dari Vintage hingga Tropical Bohemian!sama dengan coffee (instagram.com/foodiekeliling)

Sama Dengan Coffee menempati lokasi terbarunya di Jalan Cipaganti, yakni di belakang Hotel Frances. Tempatnya agak tersembunyi, jadi kamu harus masuk sedikit lagi melewati jalan kecil.

Kafe ini sangat artistik dan earthy. Kamu akan mendapati bangunan rusak, atap yang jebol, dan tembok yang rapuh. Tema rumah tuanya kerasa banget. Ruangan depan kafe juga dihiasi bunga dan tanaman kering yang menambah kesan vintage. Atmosfir dan desain unik di kafe ini bikin kamu betah nongkrong lama. Area outdoor nya berasa di teras dengan rumput ilalang tinggi.

Di setiap sudut ruangan kafe ini sangat instagenic. Banyak pilihan spot foto untuk menambah koleksi galeri foto kamu. Menu kopi yang tersedia ada espresso, cappuccino, coffee latte, dan manual brew. Rasa kopinya tipical yang light. Minuman non kopinya ada green tea, chocolate drinks, mocktail, dan fresh juice. Aneka dessert dan pastry sebagai teman ngopi juga tersedia.

Di sini tidak menyediakan buku menu fisik, kamu bisa scan barcode yang sudah tersedia di setiap meja.

Alamat: Jalan Cipaganti No 150-152, Bandung.

Jam operasional: setiap hari, pukul 10.00-22.00 WIB.

Harga: mulai dari Rp 20rb.

2. Warung Niis 

5 Hidden Gem Cafe di Bandung, dari Vintage hingga Tropical Bohemian!warung niis (instagram.com/rika_dinarjanti)

Di bagian utara Bandung ada tempat ngopi yang berlokasi sedikit jauh dari perkotaan, namanya Warung Niis. Tempat ini berdiri pada tahun 2020. View-nya sangat indah, apalagi jika dinikmati saat malam hari dengan udara yang terasa lebih dingin dari biasanya. Area outdoor mendominasi tempat ini. Penggunaan unsur kayu membuat menyatu dengan alam sekitarnya.

Ada beraneka macam appetizer yang tersedia di sin  seperti cimplung, combro, dan keju aroma. Menu utamanya ada beef taco, ayam bakar lengkuas, sate maranggi, dan lainnya. Tak lupa disediakan juga dessert sebagai penutupnya. Minumannya juga cukup beragam, mulai dari berbagai macam teh, kopi dan jus.

Selain makan, kamu juga bisa camping dan BBQ serta menikmati api unggun di sini.

Alamat: Jalan Pasir Cangkudu, Ciburial, Dago, Bandung.

Jam operasional: setiap hari, pukul 13.00-21.00 WIB.

Harga: mulai dari Rp 10rb.

Baca Juga: 5 Kafe Instagrammable Bandung Ini Bikin Serasa Berada di Tengah Hutan

3. Kolam Langit  

5 Hidden Gem Cafe di Bandung, dari Vintage hingga Tropical Bohemian!kolam langit (instagram.com/kolam_langit)

Kafe Kolam Langit berada di belakang Terminal Ledeng, Bandung. Bangunan ini menempati halaman luas dari sebuah rumah besar. Penamaan Kolam Langit berawal dari adanya kolam yang dikosongkan airnya, lalu diletakkan meja dan kursi di dalamnya.

Area outdoor lebih banyak mendominasi dengan pepohonan dan tanaman yang membuat sejuk suasana. Pemandangannya langsung mengarah ke daerah Cipaku. Suasananya pun tenang karena tempatnya memang agak masuk ke dalam kompleks perumahan.

Menu makanan di kafe ini sangat beragam. Dari Asia hingga western, makanan ringan dan makanan berat pun tersedia di sini. Ada sweddish meatball yang dagingnya empuk, buncis sapi sezhuan dengan sensasi sedikit pedas, nasi kondangan, dan thai beef basil. Minumannya ada ice coffee gula aren, ice strawberry coffee, artisan tea, dan ice peach tea.

Tak ketinggalan ada pula dessert yang menggoda, seperti croffle cheese caramel sauce dan pisang goreng wijen.

Alamat: Jalan Cipaku Indah II Kavling Nomor 23, masuk dari Sersan Surip 128 (belakang terminal ledeng), Bandung.

Jam operasional: setiap hari, pukul 11.00-21.00 WIB.

Harga: mulai dari Rp 18rb.

4. Happy Space

5 Hidden Gem Cafe di Bandung, dari Vintage hingga Tropical Bohemian!happy space (instagram.com/foodnotestories)

Hidden gem kafe yang satu ini berlokasi di Dago atas. Kafe ini ada di ujung sebuah kompleks perumahan dan tidak jauh dari tempat kos. Tempatnya sejuk dan terang. Tersedia koneksi Wi-Fi dan colokan yang bisa diandalkan. Coffee bar-nya ada di tengah area indoor. Area outdoor-nya cukup luas dan nyaman dengan adanya tanaman di sekelilingnya.

Menjelang sore view-nya bagus di mana kamu bisa lihat pemandangan kota Dago dari atas. Jika membutuhkan area yang lebih private, kafe ini juga menyatu dengan sebuah co-working space bernama Happy Co Creative.

Harga makanan dan minuman di kafe ini terjangkau dengan rasa ala hotel karena masih satu management dengan hotelnya, yaitu Happy Hills Dago.

Ada masakan Indonesia dan masakan barat mulai dari nasi goreng rempah, mie goreng, beef mac & cheese, hingga aneka pasta. Minuman signature di sini ada rosalinda, black citric, dan cleansing salvation. Rosalinda adalah minuman perpaduan antara cold brew coffee, jus apel, dan rose.

Menu pastry yang bisa kamu cobain ada croissant icing sugar, blueberry danish, pisang bolen, dan cinnamon roll.

Alamat: Jalan Resort Dago Pakar, Graha Kencana Nomor 1, Bandung.

Jam operasional:

Senin-Kamis: pukul 11.00-21.00 WIB.

Jumat-Minggu: pukul 08.00-21.00 WIB.

Harga: mulai dari Rp 15rb.

5. Ruang Santap Cafe & Gallery 

5 Hidden Gem Cafe di Bandung, dari Vintage hingga Tropical Bohemian!ruang santap (instagram.com/ryanliemb)

Ruang Santap berada di dalam kompleks perumahan Green Residence. Kafe ini konsepnya menyatu dengan galeri kerajinan. Jadi kamu bisa makan sambil melihat-lihat, berfoto, bahkan bisa membeli barang-barang kerajinan seni di dalam kafe ini. Oleh karenanya, Ruang Santap ini dinamakan dengan cafe & gallery.

Nuansa homey sangat terasa sekali, dipadukan dengan dekorasi bergaya tropical bohemian. Baik dari kursinya hingga pernak-perniknya. Tempat ini kecil tapi bersih dan kids friendly. Karena dalamnya full of arts, jadi setiap sudutnya aesthetic banget. Banyak spot menarik buat foto, cocok buat kamu yang suka foto OOTD.

Rasa makanannya juga enak. Menu yang tersedia adalah masakan rumahan seperti cumi cabe merah, paru penyet manis, dan nasi goreng honje. Parunya gak bau, nasinya juga pulen.

Untuk camilannya ada cilok, cireng, seblak, dan risoles.

Minumannya ada es limau sensasi jahe, es teh pandan aloe vera, kopi vietnam drip, es susu pandan jahe, dan sam brewok bubble gum. Harganya juga murah, kok!

Alamat: Jalan Cijerokaso, Cluster Green Residence Unit F, Sarijadi, Bandung.

Jam operasional:

Senin-Jumat: pukul 11.00-20.00 WIB.

Sabtu-Minggu: pukul 10.00-20.00 WIB.

Harga: mulai dari Rp 8rb.

Tempatnya memang pada ngumpet, mungkin kamu akan kesulitan ketika pertama kali mengunjungi kafe hidden gem yang ada di Bandung ini. Tapi setelah masuk, terbayar dengan suasana yang nyaman, makanan yang enak, minuman yang bikin segar, dan harganya yang juga terjangkau. Cocok buat santai dan ngopi di akhir pekan.

Kafe hidden gem pilihan kamu yang mana nih?

Baca Juga: 7 Kafe Unik di Bandung dengan Pemandangan Indah, Pernah ke Sini?

Ika Larasati Photo Verified Writer Ika Larasati

keep calm and keep writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya