Comscore Tracker

5 Bumbu Dapur Sederhana yang Bikin Rasa Steak Naik Kelas

Gak perlu bumbu yang aneh-aneh, deh

Saat mengolah steak, gak perlu risau dengan bumbu seperti apa yang hendak digunakan. Itu disebabkan oleh makanan ini yang memiliki rasa alami sangat sedap dan akan bertambah maksimal setelah dicampur bumbu sederhana.

Bahkan, kamu bisa menggunakan bumbu dapur di sekitar untuk memaksimalkan rasa dari sajian tersebut. Kelima bahan itu sudah dirangkum dalam pilihan berikut ini. Siapa tahu kamu ingin mencoba salah satunya supaya rasa hidangan makin naik kelas.

1. Garam

5 Bumbu Dapur Sederhana yang Bikin Rasa Steak Naik Kelasilustrasi garam (pexels.com/Marek Kupiec)

Pernahkah kamu memperhatikan bahwa pada tiap pengolahan steak selalu muncul garam? Ternyata fungsi garam tersebut bukan cuma untuk menambah rasa, tetapi ada manfaat lain yang bisa membuat daging tersebut makin lezat untuk dinikmati.

Biasanya garam digunakan sebagai salah satu cara untuk membuat daging lebih empuk. Bukan cuma itu, garam akan menjaga air daging supaya tidak mengering saat proses pembakaran, sehingga steak tetap juicy saat diolah dengan teknik pemasakan yang tepat.

2. Lada hitam

5 Bumbu Dapur Sederhana yang Bikin Rasa Steak Naik Kelasilustrasi lada hitam (pexels.com/Victoria Bowers)

Lada hitam sering digunakan sebagai bahan marinasi sederhana saat membuat steak. Bahan dapur ini memang memiliki macam-macam keunggulan yang membuatnya sering dipakai untuk menambah rasa bagi aneka masakan favorit.

Penggunaan lada hitam pada olahan steak akan membantu supaya masakan ini jadi makin enak. Lada hitam akan memberi dorongan supaya rasa natural daging keluar. Makanya, meskipun cuma dibumbui pakai lada dan garam, steak bisa memiliki rasa yang gurih maksimal.

Baca Juga: 5 Tips Menyimpan Bumbu Dapur di Kulkas, Dijamin Awet!

3. Bawang putih

5 Bumbu Dapur Sederhana yang Bikin Rasa Steak Naik Kelasilustrasi bawang putih (pexels.com/Cats Coming)

Bawang putih adalah bahan berikutnya yang mampu memberikan cita rasa lain pada olahan steak. Keberadaan bahan ini diperlukan dalam menciptakan sensasi gurih maksimal tanpa meninggalkan after taste yang mengganggu.

Bahan dapur ini juga menyumbang wangi rempah-rempah yang bikin ngiler saat steak baru selesai dimasak. Gak heran kalau kita sering melihat bahan dapur ini ada dalam proses pengolahan daging.

4. Rosemary

5 Bumbu Dapur Sederhana yang Bikin Rasa Steak Naik Kelasilustrasi rosemary (pexels.com/Nikolett Emmert)

Rosemary adalah dedaunan aromatik berbentuk agak memanjang dengan daun yang cenderung tipis. Umumnya rempah ini digunakan untuk memberikan aroma yang lebih intens dan menyegarkan pada aneka masakan, termasuk saat membuat steak.

Hal yang membuat rosemary terasa penting adalah karena bahan tersebut mampu memberikan aroma greasy yang membuat sajian tambah istimewa. Tinggal dikreasikan bersama bahan lain, steak akan berkali-kali lipat terasa nikmat.

5. Paprika bubuk

5 Bumbu Dapur Sederhana yang Bikin Rasa Steak Naik Kelasilustrasi paprika bubuk (pexels.com/Karolina Grabowska)

Paprika merupakan bahan dapur berikutnya yang paling sering digunakan sebagai penambah rasa bagi makanan utama. Kegunaan dari bahan ini memang sangat beragam, belum lagi jika ditambahkan ke dalam olahan daging.

Paprika memiliki bentuk yang variatif. Beberapa di antaranya dikemas dalam versi bubuk dengan pilihan smoked atau biasa. Ini yang mampu membuat rasa makanan terdorong jadi lebih maksimal. Sensasi deep flavour yang ada pada bahan dapur tersebut mampu menyumbang kelezatan ekstra pada olahan steak.

Steak dengan bumbu-bumbu sederhana seperti lima bumbu dapur ini sudah cukup untuk membuat rasanya enak. Cocok sekali bagi kamu yang suka menikmati rasa dominan daging dengan sentuhan rempah yang menggugah selera.

Baca Juga: 9 Bumbu Dapur Pengganti Cabai yang Gak Kalah Pedas, Pakai Lada!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya