Comscore Tracker

5 Jajanan Favorit Indonesia dengan Kuah Chili Oil, Nagih!

Rasanya benar-benar gurih dan pedas nikmat

Chili oil alias minyak cabai sering digunakan demi memberi sensasi rasa gurih dan pedas terhadap suatu masakan. Namun bukan cuma hidangan Chinese food saja yang cocok disandingkan bersama bahan populer ini, lho.

Nah, di Indonesia sendiri ada beberapa jajanan favorit yang hampir gak bisa dijauhkan dari percampuran bersama chili oil. Lima santapan tersebut sudah dirangkum dalam lima sajian berikut ini. Simak sampai tuntas, yuk!

1. Baso aci kuah chili oil

5 Jajanan Favorit Indonesia dengan Kuah Chili Oil, Nagih!ilustrasi baso aci kuah chili oil (unsplash.com/Advocator SY)

Baso aci adalah salah satu varian makanan berkuah yang sangat populer sampai saat ini. Seperti namanya, bakso dibuat dari adonan tepung sagu sehingga teksturnya lebih kenyal dan terkadang isiannya ditambah menggunakan lemak sapi.

Dalam setiap kemasan baso aci, bukan cuma si bulat sagu yang bisa ditemukan, tetapi ada juga cuanki lidah, tahu aci, jeruk nipis, dan bumbu yang paling penting tentu saja chili oil. Jadi, rasanya semakin segar serta tidak kalah nikmat dari makanan kuah lainnya.

2. Cirambay pedas

5 Jajanan Favorit Indonesia dengan Kuah Chili Oil, Nagih!ilustrasi cirambay pedas (Yummy/Puspitasari Anggradewi)

Salah satu sajian yang terkenal memiliki bentuk unik dan sensasi rasa pedas, ada yang dikenal dengan sebutan cirambay. Makanan ini dibuat menggunakan sagu, jadi hasil akhir makanan lebih kenyal ketika dinikmati.

Hidangan tersebut juga punya bentuk seperti mie. Namun proses pengolahannya bisa dilakukan dengan cara dimasak bersama minyak goreng. Kemudian siapkan mangkuk dan tuang kuah chili oil sebagai penambah rasa dari jajanan unik tersebut.

3. Bakso kuah chili oil

5 Jajanan Favorit Indonesia dengan Kuah Chili Oil, Nagih!ilustrasi bakso kuah chili oil (unsplash.com/Brittani Carter)

Gak ingin ketinggalan tren, bukan cuma baso aci yang punya kuah chili oil. Olahan seniornya, bakso sapi pun rupanya sudah banyak disulap sehingga kuah merah yang dihasilkan menjadi lebih pekat.

Hidangan ini benar-benar membuat terobosan baru di dunia kuliner. Sebab rasa kuah yang pedas, gurih, dan segar begitu cocok berpadu dengan si bulat berisikan daging tersebut. Tak lupa lengkapi pula dengan isian melimpah agar makin bikin kenyang.

Baca Juga: 10 Bakso Paling Populer di Asia, Ada Bakso Goreng dari Indonesia Lho! 

4. Cipak koceak

5 Jajanan Favorit Indonesia dengan Kuah Chili Oil, Nagih!ilustrasi cipak koceak (Yummy/Enggar Nugraheni Putri)

Cipak koceak adalah jajanan selanjutnya yang akan lebih mantap begitu dipertemukan dengan chili oil yang menggugah selera. Berkat kombinasi keduanya, kamu akan mendapatkan jajanan menarik dan sukses memikat lidah.

Jajanan ini sendiri dibuat dari bahan baku berupa tepung kanji, sedikit terigu, dan bawang putih. Olahan ini perlu dibentuk pipih dan dimatangkan dengan cara digoreng. Bila sudah siap, tinggal siram dengan kuah pedas serta gurih yang bikin makin sempurna.

5. Pangsit chili oil

5 Jajanan Favorit Indonesia dengan Kuah Chili Oil, Nagih!ilustrasi pangsit chili oil (unsplash.com/Luke Johnson)

Bila kamu memiliki stok kulit pangsit di rumah, ada baiknya manfaatkan bahan tersebut menjadi salah satu sajian enak dan mengenyangkan. Hidangan ini gak harus selalu digoreng, karena dibikin sebagai makanan kuah pun tetap enak.

Kulit pangsit bisa diisi menggunakan campuran dari daging ayam, sayur-mayur, dan tepung sagu. Kemudian rebus sampai bagian dalamnya matang dengan baik. Lalu sajikan bersama kuah yang dibuat dari chili oil biar makin sempurna.

Ternyata jajanan favorit di Indonesia banyak juga yang menggunakan chili oil sebagai sumber perasa yang memikat lidah. Gimana, kamu tertarik mencicipi salah satu sajian kuliner pedas di atas?

Baca Juga: 6 Menu Kuliner Pedas Khas Sulawesi, Bikin Ngiler Berat!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya