Comscore Tracker

Jalan-jalan ke Makassar, Wajib Cicipi 7 Kuliner Khas yang Lezat Ini

Cita rasanya gak bakal mengecewakanmu #LokalIDN

Terkenal dengan Pantai Losari yang pesona sunset-nya bikin jatuh hati, kota Makassar menantimu untuk dijelajahi beragam kuliner lezatnya. Mulai dari street food, makanan berkuah, hingga dessert, ibukota Sulawesi Selatan ini punya semua.

Saat kamu jalan-jalan ke Makassar, jangan lupa untuk mencicipi beberapa makanan khasnya berikut, ya. Walaupun di kota-kota besar lain sajian tersebut barangkali bisa kamu temui, namun menyantapnya langsung di kota asalnya pasti rasanya lebih nikmat.

1. Pisang epe

https://www.youtube.com/embed/60gl2dnuDR4

Menemukan pisang epe sangatlah mudah karena penjaja street food ini ada di sepanjang tepi Pantai Losari. Jajanan tersebut terbuat dari pisang kepok atau pisang raja setengah matang yang dibakar sebentar, lalu digeprek atau dipipihkan, kemudian dibakar lagi dan disiram gula aren.

Sebagai pelengkap rasa, para penjual kini juga menyediakan aneka pilihan topping, seperti cokelat, keju, kacang, durian, milo, dan oreo. Sedangkan varian rasanya ada pilihan green tea, thai tea, tiramisu, cappuccino, dan taro. Satu porsi pisang epe biasanya terdiri dari tiga buah pisang dan dijual dengan harga mulai dari Rp8 ribuan.

2. Es pisang ijo

https://www.youtube.com/embed/gFE95RRALHA

Selain pisang epe, sajian khas Makassar lain yang juga berbahan dasar pisang adalah es pisang ijo. Sesuai namanya, dessert tersebut berwarna hijau yang berasal dari tepung terigu dicampur daun pandan yang membalut pisang. Biasanya para penjual menggunakan pisang kepok yang dikusus lebih dulu sebelum dibungkus kulit dari tepung terigu.

Penyajiannya sendiri umumnya menggunakan saus yang dibuat dari tepung beras, dilengkapi serutan es batu, kacang tanah, dan sirup pisang. Disantap di hari yang terik, rasanya pasti lebih menyegarkan.

Baca Juga: 5 Jajanan Khas Jawa Barat yang Memiliki Nama Unik, Yakin Sudah Tahu?

3. Es palu butung

Jalan-jalan ke Makassar, Wajib Cicipi 7 Kuliner Khas yang Lezat Iniinstagram.com/doyanbaking

Satu lagi, nih sajian khas Makassar yang terbuat dari pisang, yaitu es palu butung. Penampilan dan penyajiannya cukup mirip dengan es pisang ijo. Hanya saja pisang pada es palu butung tidak dibalut kulit tepung terigu.

Selain itu, pisang yang sering dipakai pada es palu butung adalah pisang raja alih-alih pisang kepok. Pada es pisang ijo biasanya bakal diberi topping tambahan seperti kacang tanah, cokelat meses, dan susu kental manis. Nah, topping tersebut tak akan kamu jumpai di es palu butung. Jadi, kamu lebih suka yang mana?

4. Coto Makassar

Jalan-jalan ke Makassar, Wajib Cicipi 7 Kuliner Khas yang Lezat Ini@makan2mks via instagram.com/infopromo.makassar

Beralih ke makanan berat, kamu pantang banget melewatkan coto Makassar sebagai pengisi perut. Sajian ini memang sudah jadi ikon kota Makassar dan selalu jadi incaran para wisatawan domestik maupun mancanegara. Bentuknya mirip soto pada umumnya dan sering dihidangkan dengan ketupat atau burasa.

Kuah coto Makassar berasal dari rebusan daging sapi plus bermacam jeroan, seperti paru, hati, jantung, babat, dan usus. Dimasak dengan berbagai jenis rempah, membuat kuah coto Makassar punya cita rasa yang begitu istimewa.

5. Sop konro dan konro bakar

https://www.youtube.com/embed/cHrnL9nl8IQ

Berbeda dengan coto Makassar yang berbahan dasar daging sapi beserta jeroannya, sop konro menggunakan iga sapi sebagai bahan utama pembuatan. Kuahnya berwarna kehitaman karena resep sop konro memakai buah keluwak. Soal rasa, silakan buktikan sendiri kelezatannya.

Serupa dengan sop konro, ada pula konro bakar. Penyajiannya sangat berbeda karena konro bakar umumnya dihidangkan bersama sambal kacang tanpa kuah sop. Meski begitu, rasa konro bakar gak kalah nendang dengan sop konro. Daging iga yang melekat sama-sama terasa empuk dan tentunya bikin ketagihan.

6. Mie titi

Jalan-jalan ke Makassar, Wajib Cicipi 7 Kuliner Khas yang Lezat Iniinstagram.com/williamlive

Mirip dengan sajian i fu mie, kuliner khas Makassar selanjutnya bernama mie titi. Namanya yang cukup unik berasal dari nama panggilan anak bungsu penemu kuliner ini, yaitu "titi" yang dalam Bahasa Tionghoa berarti adik laki-laki.

Mie titi dibuat dari mie yang direbus setengah matang, lalu digoreng hingga kering sehingga menghasilkan tekstur yang crunchy. Sedangkan bahan tambahan lain untuk dituang ke atas mie titi antara lain potongan wortel, sawi hijau, ayam, bakso, atau cumi-cumi yang disiram tepung maizena yang sudah dicairkan.

7. Pallubasa

https://www.youtube.com/embed/tW-uQgJy0BU

Masih ada satu lagi kuliner berkuah khas Makassar dari daging sapi, yaitu pallubasa. Eits, penampakannya memang hampir sama dengan coto Makassar, tapi cita rasa kuah pallubasa lebih menggigit karena memakai kelapa goreng di dalam resepnya. Selain itu, pallubasa biasanya disajikan dengan nasi putih, bukan ketupat atau burasa.

Yang bikin unik, kamu bisa request pallubasa dengan topping telur ayam kampung mentah yang langsung "diceplokkan" di atas kuah yang masih mengepul panas. Sedangkan daging atau jeroan sapi sendiri umumnya serupa dengan yang digunakan pada resep coto Makassar.

Bagaimana? Pokoknya, wajib banget menjajal semua kuliner khas tersebut kalau kamu jalan-jalan Makassar. Kelezatannya bakal terus terbayang hingga kamu kembali pulang.

Baca Juga: 5 Kuliner Khas Sumatera Selatan yang Punya Sensasi Kuah Gurih, Endeus!

Intan Deviana Photo Verified Writer Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya