Comscore Tracker

7 Keripik Renyah Khas Lebaran, Salah Satunya Wajib Ada di Meja

Ngobrol sambil ngemil bikin tambah asyik

Tidak terasa kita sudah sangat dekat dengan momen hari raya. Di kesempatan yang fitri ini pasti ada tradisi untuk saling mengunjungi rumah kerabat dan saudara untuk menyambung silaturahim dan saling memaafkan.

Nah, di bawah ini ada beberapa jenis jajanan renyah nan gurih yang tidak pernah absen dari meja rumah saat momen idul fitri datang. Apa saja? Yuk, simak selengkapnya!

1. Rengginang

7 Keripik Renyah Khas Lebaran, Salah Satunya Wajib Ada di MejaRengginang (instagram.com/faridganio)

Siapa, sih, yang tidak tahu rengginang? Kerupuk yang terbuat dari beras ketan ini memiliki bentuk bulat pipih yang dikeringkan dengan cara dijemur di bawah terik matahari kemudian dimasak dengan cara digoreng dengan minyak panas.

Jajanan ini cukup terkenal, khususnya di Jawa, dan menjadi primadona saat lebaran tiba. Rengginang juga sering dijadikan jebakan dengan meletakannya pada kaleng kue-kue yang bikin tamunya salah sasaran.

2. Krupuk Rambak

7 Keripik Renyah Khas Lebaran, Salah Satunya Wajib Ada di MejaKerupuk kulit (instagram.com/kerupukkulit_tantan)

Kerupuk rambak atau jangek atau dorokdok ini adalah jenis kerupuk yang terbuat dari kulit sapi atau kerbau yang dikeringkan dan diolah dengan tambahan bumbu-bumbu rempah dan penyedap rasa.

Makanan berwarna putih tulang dengan tekstur ringan dan isi kopong ini memiliki rasa sangat gurih dan bikin siapapun enggak cukup makan hanya satu. Selain memanjakan lidah, kerupuk rambak ini juga rendah kalori, lho. Jadi, untuk kamu yang sedang diet, tidak perlu khawatir, ya.

3. Keripik Melinjo

7 Keripik Renyah Khas Lebaran, Salah Satunya Wajib Ada di MejaEmping melinjo (instagram.com/konconengemil)

Keripik melinjo atau emping ini adalah jajanan renyah yang terbuat dari biji melinjo yang dipipihkan dan digoreng kering. Meskipun memiliki rasa yang agak pahit, camilan ini juga memiliki banyak penggemar.

Enaknya lagi, sekarang kamu gak perlu khawatir. Olahan keripik melinjo sudah banyak divariasikan dengan berbagai rasa seperti asin, pedas, bahkan manis yang diberi gula karamel.

Baca Juga: 5 Kue dengan Selai untuk Inspirasi Lebaran, Manisnya Kebangetan!

4. Opak Gadung

7 Keripik Renyah Khas Lebaran, Salah Satunya Wajib Ada di MejaKeripik gadung (instagram.com/kedai.mami.ls)

Bagi kamu yang orangtuanya sering hunting jajan lebaran di pasar, mungkin sudah tidak asing dengan nama keripik gadung atau orang Jawa menyebutnya opak gadung. Cara mengolahnya dengan cara umbi gadung diiris tipis dan dijemur, kemudian digoreng hingga renyah.

Jajanan ini memiliki bentuk agak tebal dibanding keripik lainnya. Rasa opak gadung ini gurih dan sedikit manis. Oh ya, kamu perlu teliti saat mengolah dan konsumsi dalam jumlah wajar agar tidak menimbulkan efek samping berupa sakit kepala dan mual.

5. Ceriping Pisang

7 Keripik Renyah Khas Lebaran, Salah Satunya Wajib Ada di MejaCeriping pisang (instagram.com/grosirbueni)

Ceriping merupakan semacam keripik di mana bahan utamanya diiris tipis-tipis kemudian digoreng dengan menambahkan bumbu rasa sesuai selera. Perpaduan rasa gurih dan manis membuat siapapun suka dengan jajanan ini.

Ceriping pisang menjadi jajanan yang sangat populer saat lebaran tiba. Umumnya banyak gerai snack yang menjual dengan banyak varian seperti ceriping pisang karamel, coklat, gula bubuk, dan masih banyak variasi lainnya. Kalau kamu lebih suka yang rasa apa?

6. Keripik Bawang

7 Keripik Renyah Khas Lebaran, Salah Satunya Wajib Ada di MejaKeripik bawang (instagram.com/kuebawang_mika)

Jajanan sejuta umat saat lebaran kali ini adalah keripik bawang. Makanan ini terbuat dari tepung, bawang merah dan bawang putih, serta bumbu penyedap lainnya.

Biasanya ibu-ibu akan membuatnya sendiri karena cara membuatnya tergolong mudah. Selain bisa lebih menghemat budget jajanan lebaran, keripik jenis ini juga enak sebagai teman ngobrol.

Nah, demikian enam jenis jajanan renyah yang salah satunya wajib ada di meja rumah saat lebaran tiba. Bagaimana, apa salah satu jajanan di atas ada yang sudah tersedia di meja rumahmu?

Baca Juga: 10 Makanan Pedas Paling Enak yang Bisa Kamu Pilih untuk Sajian Lebaran

Mega Ansav Photo Verified Writer Mega Ansav

Waspada dulu, tenang kemudian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya