Comscore Tracker

5 Perbedaan Siomay dan Dimsum yang Sering Dianggap Sama, padahal Beda

Terlihat dari bahan dan tekstunya, lho

Siomay kerap dijadikan camilan yang sehat, tapi rasanya tetap nikmat. Tak sulit untuk menemukan kuliner satu ini. Namun, masih banyak orang yang menganggap siomay dan dimsum adalah dua hal yang sama, padahal sangat berbeda.

Sekilas memang keduanya terlihat serupa. Apalagi sama-sama menggunakan kulit pembungkus, jadi makin mirip. Nah, biar gak salah pesan, berikut beberapa perbedaan siomay dan dimsum yang harus kamu pahami.

1. Penggunaan bahan baku utamanya

5 Perbedaan Siomay dan Dimsum yang Sering Dianggap Sama, padahal Beda(ilustrasi bahan baku) readerdigest.com.au

Saat digigit, rasa siomay atau dimsum mungkin mirip, meski keduanya terbuat dari protein yang berbeda. Siomay menggunakan bahan daging ikan, sehingga rasa dan aromanya lebih kuat. Jenis ikan yang digunakan adalah ikan tenggiri.

Sedangkan, dimsum bisa menggunakan berbagai jenis protein, seperti ikan, ayam, daging sapi, sampai cincangan kepiting. Walau tampaknya lebih kaya isian, aroma dimsum tak sekuat siomay.

2. Perbedaan pada tekstur

5 Perbedaan Siomay dan Dimsum yang Sering Dianggap Sama, padahal Beda(ilustrasi dimsum) bklyner.com

Perbedaan lainnya ada pada teksturnya. Hal ini tergantung dari kadar tepung sagu yang digunakan. Biasanya, siomay menggunakan lebih banyak tepung sagu daripada dimsum, sehingga terasa lebih kenyal.

Meski tekstur siomay dan dimsum sama-sama padat, tetapi kebanyakan dimsum terasa lebih lembut saat digigit. 

3. Jenis bumbu pun berbeda, lho

5 Perbedaan Siomay dan Dimsum yang Sering Dianggap Sama, padahal Beda(ilustrasi bumbu bawang putih) mountainfeed.com

Penggunaan bumbu sangat dipengaruhi dari asal kedua kuliner ini. Siomay yang asli dari Bandung menggunakan lebih banyak jenis bumbu khas Indonesia. Seperti bawang putih, merica, garam, dan kaldu.

Sedangkan, dimsum dari Tiongkok tak membutuhkan berbagai bumbu untuk membuatnya nikmat. Cukup dengan cincangan bawang putih, kecap manis, dan minyak wijen saja. Rasanya jadi oriental banget, deh!

Baca Juga: Resep Membuat Siomay Udang, Camilan Sehat Saat Kumpul Keluarga

4. Terlihat dari kulit pembungkusnya

5 Perbedaan Siomay dan Dimsum yang Sering Dianggap Sama, padahal Beda(ilustrasi siomay) instagram.com/rde.portio

Baik siomay maupun dimsum, keduanya disajikan dalam keadaan terbungkus kulit. Namun, kulit pembungkusnya jelas berbeda. Bahan kulit siomay adalah tepung terigu, tepung maizena, garam, dan air panas, sehingga terasa lebih kenyal, tebal, dan keras.

Kulit pembungkus dimsum jauh lebih lembut, tipis, dan halus. Sebab, hanya terbuat dari dua bahan saja, yakni tepung terigu dan air hangat. 

5. Saus pelengkap yang sangat berbeda

5 Perbedaan Siomay dan Dimsum yang Sering Dianggap Sama, padahal Beda(ilustrasi siomay) instagram.com/kulineryogya

Perbedaan selanjutnya ada pada saus pendampingnya. Seperti yang kita tahu, siomay mengggunakan saus bumbu kacang untuk menambah cita rasa. Tanpanya, rasa siomay tak akan nikmat.

Sedangkan, saus pendamping dimsum biasanya berupa sambal yang biasanya rasa asam manis seperti sambal bangkok. Sebagian orang mengonsumsinya tanpa sambal, karena merasa dimsum sudah enak tanpa pendamping apa pun.

Nah, itulah beberapa perbedaan siomay dan dimsum yang harus kamu pahami, supaya gak salah pesan. Kamu sendiri lebih suka yang mana?

Download aplikasi makanan Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi bahan makanan dan masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 5 Tips Membuat Dimsum Sendiri di Rumah, Lezat dan Lembut!

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Dewi Suci R.
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya