Comscore Tracker

7 Jenis Beras dari Berbagai Negara, Mana yang Paling Pulen? 

Kamu pernah coba yang mana?

Beras merupakan makanan pokok penghasil karbohidrat. Keseimbangan menu makanan dilengkapi dengan karbohidrat pada beras. Mengubahnya menjadi nasi atau makanan lain akan menambah energi dalam tubuh. Untuk orang Indonesia, beras menjadi kebutuhan pokok yang dijadikan makanan sehari-hari.

Ternyata beras memiliki varietas yang berbeda di seluruh dunia. Bukan hanya Indonesia, negara lain pun memiliki produk beras unggul. Kamu harus tahu berbagai jenis beras dari berbagai negara yang memiliki rasa dan keunikan sendiri.

Berikut 7 jenis beras yang terkenal dari berbagai belahan dunia.

1. Beras arborio

7 Jenis Beras dari Berbagai Negara, Mana yang Paling Pulen? essentialingredient.com.au

Beras arborio berasal dari Italia. Beras ini memiliki butir yang pendek, tebal dan memiliki bercak putih pada tengahnya. Teksturnya yang kenyal memiliki rasa yang pulen. Beras ini biasanya dibentuk arancini atau bola nasi karena bentuknya yang bulat. Selain itu, beras ini memiliki kemampuan untuk meresap pada makanan sehingga cocok untuk dibuat risotto. Kamu pernah coba gak?

2. Beras basmati

7 Jenis Beras dari Berbagai Negara, Mana yang Paling Pulen? thespruceeats.com

Beras basmati ditanam di wilayah Pakistan dan India. Bentuknya yang memanjang hampir mirip dengan beras Indonesia. Beras ini dipanen dalam waktu setahun sehingga mendapatkan harum yang khas. Biasanya beras ini cocok untuk disandingkan dengan kari. Ditambahkan dengan sayuran dan rempah-rempah akan mudah meresap. Kamu mau coba rasa dari beras basmati yang dipanen setahun sekali ini?

3. Beras hitam kaisar

7 Jenis Beras dari Berbagai Negara, Mana yang Paling Pulen? draxe.com

Beras hitam kaisar berasal dari negara China. Beras ini dinamakan kaisar karena merupakan makanan spesial yang disajikan untuk kaisar di China. Warnanya yang hitam ternyata mengandung anthocyanin sebagai antioksidan yang ditemukan pula pada terong,blueberry dan jagung ungu. Rasanya yang kenyal dapat dipadukan dengan tumis jamur. Dapat juga dijadikan puding yang segar. Wah, mirip seperti beras ketan di Indonesia ya?

Baca Juga: 5 Makanan Ini Selalu Hadir Pada Saat Bulan Suci Ramadan

4. Beras merah Thailand

7 Jenis Beras dari Berbagai Negara, Mana yang Paling Pulen? ourcryptojournal.com

Beras merah Thailand memiliki bentuk memanjang yang membuat beras ini unik. Warna merah ini dihasilkan dari proses penggilingan khusus sehingga mendapatkan beras berwarna cokelat kemerahan. Kandungan nutrisi pada beras merah ini lebih banyak dibandingkan dengan beras putih. Untuk memasaknya sebagai nasi membutuhkan waktu yang lama karena teksturnya yang kenyal dan pulen. Kamu dapat menyandingkannya dengan ikan, nasi atau dicampur dalam isian salad.

5. Beras Jepang

7 Jenis Beras dari Berbagai Negara, Mana yang Paling Pulen? wattention.com.sg

Beras ini menjadi bahan utama dalam pembuatan sushi. Kandungan pati membuat nasi ini kenyal dan lengket sehingga cocok untuk membuat sushi favoritmu. Kekenyalan inilah yang membuat nasi ini pulen. Warnanya yang putih akan membuat masakanmu lebih lezat. Menyandingkannya bersama saus lezat akan mudah meresap dalam nasi . Buat kamu pecinta sushi pasti sudah pernah merasakan kenikmatan dari beras Jepang ini.

6. Beras rosematta

7 Jenis Beras dari Berbagai Negara, Mana yang Paling Pulen? Indiamart.com

Selain beras basmati, di India tumbuh varietas beras yang dinamakan beras rosematta. Beras ini berwarna kemerahan dengan nutrisi yang baik untuk tubuh. Dikenal dengan rasanya yang wangi dan khas, beras ini cocok diolah bersama daging atau kari. Perbedaannya dari beras basmati adalah bentuknya yang agak sedikit bulat. Kelegitan beras ini harus kamu coba untuk menghadirkan menu spesial dalam hidanganmu.

7. Beras pandan wangi

7 Jenis Beras dari Berbagai Negara, Mana yang Paling Pulen? medium.com

Beras pandan wangi berasal dari Indonesia tepatnya tumbuh di wilayah Cianjur. Beras ini paling populer di negara kita. Bentuknya yang sedikit bulat dan putih bersih menambah keunikan beras. Wanginya yang seperti pandan dan rasanya yang pulen membuat beras ini layak kamu masukan dalam list hidangan favoritmu. Selain pandan wangi, Indonesia memiliki banyak beras lain seperti beras ramos, beras rojolele, beras menthik, beras solok dan beras pera. Kalau kamu lebih suka yang mana?

Semua beras ini merupakan produk unggulan yang memiliki rasa pulen dan tekstur yang legit. Setiap beras memiliki bentuk khas dan rasa masing-masing. Menurutmu, manakah beras yang memiliki rasa pulen? Coba deh!

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Nurul Aulia Photo Verified Writer Nurul Aulia

Ketika dia sedang tidak menulis, kamu akan menemukan dia sedang sibuk rebahan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya