Comscore Tracker

4 Cara Baking Kue Hanya Menggunakan Kompor, Gampang dan Simpel

Rasanya sama-sama enak, kok

Gak harus selalu oven, ternyata kita juga bisa menggunakan kompor untuk memasak roti, lho. Kita bisa membuat berbagai macam kue hanya dengan kompor, seperti flatbreadmarble cakedan lain-lain.

Buat kamu yang ingin membuat kue, tetapi tidak memiliki oven, coba deh cara berikut ini! 

1. Kukusan

4 Cara Baking Kue Hanya Menggunakan Kompor, Gampang dan Simpelinstagram.com/sanco285

Siapkan dulu panci berisi air, lalu didihkan. Setelah itu, letakkan kukusan di dalamnya, tetapi pastikan tidak menyentuh air secara langsung. Sisihkan.

Siapkan baking pan yang sudah disemprot dengan cooking spray, supaya tidak lengket. Kalau kamu tidak punya, bisa juga menggunakan kertas roti.

Saat semua persiapan telah dilakukan, tuang adonan ke dalam baking pan. Ratakan terlebih dahulu. Setelah itu, jangan lupa tutup rapat-rapat dengan aluminium foil, supaya teksturnya tidak jadi lembek. Masukkan baking pan ke dalam kukusan, tunggu sampai matang.

2. Slow cooker

4 Cara Baking Kue Hanya Menggunakan Kompor, Gampang dan Simpel12tomatoes.com

Slow cooker punya bentuk serupa dengan rice cooker. Bedanya, alat masak ini menggunakan suhu rendah untuk memasak hidangan. Kamu juga bisa menggunakannya sebagai alat baking kue.

Penggunaan slow cooker  lebih mudah dibanding kukusan. Mulailah dari menyemprot dengan cooking spray. Setelah itu, tuang adonan kue yang ingin kamu masak ke dalamnya.

Tutup rapat-rapat dan masak dengan high heat. Cara mengetahui kue sudah matang atau belum, kamu bisa menggunakan tusuk gigi. Kalau tusuk gigi terlihat kering, artinya kue sudah matang. 

Baca Juga: 7 Perbedaan Oven dan Microwave yang Wajib Kamu Ketahui

3. Panci

4 Cara Baking Kue Hanya Menggunakan Kompor, Gampang dan Simpelfoodnessgracious.com

Langkah pertama, siapkan panci besar yang diisi alat berat, seperti batu. Setelah itu, letakkan bread pan yang lebih kecil dari panci ke dalamnya. Jangan lupa olesi bread pan dengan minyak, supaya tidak lengket.

Tuang adonan ke dalam bread pan, lalu tutup rapat-rapat. Bake roti sampai matang dengan sesekali membuka tutupnya untuk mengetahui matang atau tidaknya. 

4. Wajan

4 Cara Baking Kue Hanya Menggunakan Kompor, Gampang dan Simpelthekitchn.com

Kalau kamu menggunakan wajan, siapkan dulu adonan kuenya. Lebih baik membuat kue yang berukuran tipis di wajan, supaya bisa matang sampai ke dalamnya. Kalau adonan terlalu tebal, teksturnya tidak akan enak.

Oleskan minyak atau mentega ke atas wajan sampai merata. Saat sudah mulai panas, masukkan adonan ke dalam panci. Bolak-balik menggunakan spatula sampai kedua sisi roti matang.

Gampang banget, kan? Jadi gak perlu oven deh kalau mau baking kue. Yuk, coba sendiri di rumah!

Baca Juga: Resep Membuat Kue Cucur yang Enak, Camilan Tradisional Khas Indonesia

yummy-banner

Topic:

  • Prila Arofani
  • Dewi Suci R.

Just For You