Comscore Tracker

6 Tempat Makan Tteokbokki Paling Enak di Surabaya, Gak Bakal Nyesel!

Pecinta makanan Korea wajib coba nih

Penyuka makanan Korea jelas gak asing sama makanan satu ini. Tteokbokki adalah kue beras berbentuk silinder dengan saus pedas manis. Warnanya yang merah menyala jelas menggugah selera makan orang.

Tteokbokki juga sering banget muncul di drama atau film Korea. Hal itu memicu rasa penasaran orang, seenak apa sih rasanya? 

Seiring demam "Hallyu" yang terus berkembang di Indonesia, banyak restoran atau kedai yang menjual makanan Korea. Di Surabaya contohnya. Dulu kita hanya bisa menikmati tteokbokki di restoran otentik Korea yang harganya selangit!

Nah, sekarang kamu bisa menikmatinya di 6 tempat makan di Surabaya ini, yang semuanya sudah pernah dicoba langsung sama penulis.

1. Tteok-Tteok

6 Tempat Makan Tteokbokki Paling Enak di Surabaya, Gak Bakal Nyesel!Imgrum

Pertama adalah Tteok-Tteok yang ada di Food Wave Ciputra World Mall. Seporsi Tteokbokki di sini terdiri dari rice cake, fish cake, sosis, dan telur rebus setengah potong. Dari penampilan, warna sausnya tidak terlalu merah dan terkesan kering, karena bumbunya tak terlalu banyak.

Soal rasa bisa dibilang sedikit hambar. Rasa manisnya tipis dan terasa agak getir, mungkin karena pilihan gochujang (pasta cabai Korea) atau bubuk cabe yang digunakan.

Tapi kue berasnya kenyal dan lembut. Penulis pernah juga mencoba cabang dari outlet Tteok-Tteok di City of Tomorrow, dan rasanya sama. Seporsi cheese tteokbokki dihargai Rp 28 ribu (termasuk pajak)

2. Ahjumma

6 Tempat Makan Tteokbokki Paling Enak di Surabaya, Gak Bakal Nyesel!Instagram.com/ahjummaskitchensby

Dalam bahasa Korea, Ahjumma berarti "Bibi". Kafe ini bisa dibilang baru karena buka pada 2017, tapi soal rasa bisa diadu. So far, tteokbokki di Ahjumma punya rasa yang paling nendang.

Sedangkan, tekstur kue berasnya sama dengan Tteok-Tteok, kenyal dan empuk. Sausnya merah pekat, pedas dan manisnya pun terasa. Mungkin karena kafe dikelola langsung sang owner yang memang orang Korea asli.

Hanya saja harga yang dipatok cukup pricey untuk porsi yang gak terlalu banyak, yakni Rp 45 ribu. Isiannya standar, terdiri dari rice cake, fish cake, dan telur rebus. Ahjumma berada di kawasan Spazio, Surabaya Barat.

3. Myoung-Ga

6 Tempat Makan Tteokbokki Paling Enak di Surabaya, Gak Bakal Nyesel!Foodgrapher

Restoran otentik Korea ini ada di  Apartemen Puri Matahari, Jl. HR. Muhammad. Penulis sengaja datang untuk memesan tteokbokki dengan ekspektasi tinggi, karena kabarnya sang chef adalah orang Korea.

Tapi ketika makanan sampai, sedikit pun tak sesuai dugaan. Yang paling mengganggu adalah tekstur kue berasnya yang lembek dan lengket ketika digigit. 

6 Tempat Makan Tteokbokki Paling Enak di Surabaya, Gak Bakal Nyesel!dataresto.com

Kuahnya cenderung berwarna oranye, padahal tteokbokki biasanya berwarna merah. Rasanya juga tak terlalu spesial, tapi disajikan jumbo cukup untuk tiga orang. Satu porsi tteokbokki berisi kue beras, fish cake, telur utuh, dan bakso ikan dihargai Rp 120 ribu. 

Baca juga: 14 Agenda Wisata Paling Seru di Bengkulu Selama 2018, Catat Waktunya!

4. Kimchi-Go

6 Tempat Makan Tteokbokki Paling Enak di Surabaya, Gak Bakal Nyesel!pritadewii.blogspot.co.id

Outlet Kimchi-Go sudah banyak tersedia di kota-kota besar di Indonesia, termasuk di Surabaya. Penulis mencoba membandingkan menu tteokbokki di cabang Tunjungan Plaza, Marvell City, bazar kuliner kekinian Galaxy Mall, dan Royal Plaza (kini sudah tidak ada).

Anehnya, tempat-tempat tersebut punya rasa tteookbokki yang jauh berbeda walau dalam satu brand. Rasa yang paling enak ada di Kimchi-Go Marvell City, karena hampir mirip dengan rasa tteokbokki di Ahjumma.

Kedua di TP, Royal Plaza, baru di Bazar Kuliner. Kamu bisa menikmati original tteokbokki dengan harga Rp 45 ribu per porsinya.

5. Yong Cheekeen

6 Tempat Makan Tteokbokki Paling Enak di Surabaya, Gak Bakal Nyesel!Instagram.com/yongcheekeen.id

Dibanding yang lain, Yong Cheekeen punya harga paling murah yakni Rp 25 ribu. Sebenarnya produk unggulan mereka adalah ayam krispi dengan bermacam bumbu, tapi penulis sangat merekomendasikan kamu mencicipi tteokbokkinya. 

Sepertinya saus tteokbokki di sini sudah "dimofiikasi" sehingga lebih familiar untuk lidah Indonesia. Tapi, sayang porsinya mini banget, sampai-sampai gak cukup kalau beli satu. Salah satu outletnya bisa kamu temukan di Food Court Royal Plaza Surabaya.

6. Tteokbokki Queen

6 Tempat Makan Tteokbokki Paling Enak di Surabaya, Gak Bakal Nyesel!Instagram.com/tteokbokkiqueen

Pemilik Kedai Tteokbokki Queen juga asli Korea, lho! Bahkan, dia sendiri yang memasaknya. Tempatnya ada di G Walk Citraland, Jl. Gapura Niaga, Blok. K. 12.

Berbeda dari yang lain, gochujang yang digunakan homemade alias bikin sendiri. Kalau kamu masuk, akan ada tumpukan box plastik berisi pasta cabai korea yang sedang difermentasi.

Dengan harga Rp 45 ribu, porsi tteokbokki di sini banyak banget, bisa sampai dua kali lipat porsi biasa. Secara personal, penulis merasa sausnya sedikit terlalu manis. Selain tteokbokki, tuna gimbab yang ada di sini juga super recommended!

Review di atas semuanya berdasarkan selera pribadi, jadi bisa saja terdapat perbedaan selera. Nah, kalau kamu juga pernah coba, jangan lupa tulis review kamu di kolom komentar, ya!

Baca juga: Kumpulan 11 Dapur Outdoor Terbaik, Muat Meski Lahan Terbatas!

Topic:

Just For You