Comscore Tracker

5 Rahasia agar Kunyit Tak Getir dan Langu Saat Dimasak, Gak Bohong!

Kunyit agaknya selalu ada di dapur, ya

Kunyit merupakan rempah yang kadung lazim dipakai dalam masakan. Dalam dunia masak-memasak, kunyit biasanya digunakan sebagai pewarna alami, memperkaya cita rasa, dan memperkuat aroma rempah pada makanan.

Akan tetapi, penggunaan kunyit tersebut kadang kurang tepat sehingga malah menjadi getir dan langu. Nah, di bawah ini adalah kiat-kiat untuk menghindarinya. 

1. Pilih kunyit yang cukup tua, berumbi besar, bertekstur keras, dan berkulit tanpa keriput

5 Rahasia agar Kunyit Tak Getir dan Langu Saat Dimasak, Gak Bohong!ilustrasi kunyit (glamourmagazine.co.uk)

Saat membeli kunyit, pilihlah kunyit yang masih segar. Selain itu, kunyit tersebut sebaiknya sudah cukup tua tapi jangan terlalu tua.

Umbinya berukuran relatif besar, bertekstur keras, serta kulit yang tak kering dan berkeriput. Pasalnya, kunyit dengan ciri ini biasanya akan menghasilkan aroma dan warna yang lebih baik pada masakan.

2. Bakar kunyit lengkap dengan kulitnya, kemudian kupas dan haluskan

5 Rahasia agar Kunyit Tak Getir dan Langu Saat Dimasak, Gak Bohong!ilustrasi kunyit (bhg.com)

Rasa getir dan aroma langu pada kunyit umumnya disebabkan oleh penggunaan kunyit mentah. Sebelum digunakan, bakarlah kunyit terlebih dahulu lengkap dengan kulitnya.

Proses ini dapat langsung melalui api kompor ataupun membungkus kunyit dengan aluminium foil untuk kemudian dibakar. Bakarlah hingga kunyit tampak berubah warna (bukan gosong). Setelah itu, kupas kulit dan haluskan kunyit sesuai kebutuhan.

Baca Juga: 5 Manfaat Kunyit untuk Kulit, Mengatasi Jerawat hingga Cegah Penuaan

3. Bubuhkan kunyit bubuk secara bertahap sembari menakar dan mengoreksi cita rasa

5 Rahasia agar Kunyit Tak Getir dan Langu Saat Dimasak, Gak Bohong!ilustrasi kunyit (allkme.com)

Kunyit versi yang lebih praktis pun telah lazim dikomersilkan di pasar tradisional maupun supermarket. Misalnya saja adalah kunyit bubuk. Saat menggunakan kunyit bubuk, pastikan untuk membubuhkannya ke dalam masakan secara bertahap

Mulailah dari sedikit demi sedikit. Hal ini bertujuan untuk menakar serta mengoreksi cita rasa.

4. Usahakan menggunakan kunyit bubuk yang berasal dari toko/pedagang terpercaya

5 Rahasia agar Kunyit Tak Getir dan Langu Saat Dimasak, Gak Bohong!ilustrasi kunyit (cookinglight.com)

Usahakan kunyit bubuk yang digunakan masih dalam kualitas baik. Belilah kunyit bubuk tersebut di toko atau pedagang yang memang terpercaya. Tujuannya untuk menghindari penggunaan kunyit bubuk yang berasal dari hasil olahan sisa kunyit yang sudah tak segar.

Kunyit berkualitas rendah inilah yang diolah menjadi kunyit bubuk. Imbasnya, kualitas masakan pun tentu tak prima.

5. Atur takaran penggunaan kunyit baik kunyit bubuk maupun kunyit yang diolah manual

5 Rahasia agar Kunyit Tak Getir dan Langu Saat Dimasak, Gak Bohong!ilustrasi kunyit (blog.myfitnesspal.com)

Salah satu rahasia kelezatan masakan adalah pada takarannya. Hal berlaku pada kunyit bubuk dan kunyit yang diproses manual. Atur takaran kunyit dengan tepat.

Pasalnya, penggunaan kunyit yang terlalu banyak justru membuat masakan terasa getir dan berbau langu. Bahkan, cita rasa dan aromanya tetap bertahan kendati dimasak lama.

Hidangan nusantara kerap menggunakan aneka rempah yang salah satunya adalah kunyit. Kunyit pun merupakan rempah yang agaknya selalu hadir di dapur. Nah, semoga tips di atas membuat masakanmu menjadi lebih sedap, ya!

Baca Juga: 5 Olahan Nasi Bumbu dari Lebanon yang Bikin Perut Keroncongan!

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya