Comscore Tracker

5 Frozen Food Kaya Protein untuk Stok Ramadan, Bergizi Tinggi!

#RamadanMasaKini Praktis banget nih buat sahur

Frozen food alias makanan (yang) dibekukan agaknya dapat menjadi alternatif untuk memasak menu sahur yang praktis. Misalnya, sosis, bakso, nugget, hingga ayam ungkep bumbu kuning. Nilai gizinya pun tak jauh berbeda dibandingkan ketika bahan-bahan tersebut masih begitu segar.

Walaupun akan muncul sedikit perubahan pada tekstur, rasa, ataupun aroma pada frozen food saat dicairkan kembali, tetapi makanan beku tersebut tetap aman dikonsumsi asalkan tak terlampau sering dan berturut-turut.

Nah, apa saja sih frozen food yang dapat menghiasi menu sahur kelak? Tak cuma praktis, tapi juga mengandung protein yang melengkapi gizi untuk kuat berpuasa, lho.

1. Bakso

5 Frozen Food Kaya Protein untuk Stok Ramadan, Bergizi Tinggi!cooktube.in

Bakso yang dijajakan di swalayan ataupun buatan sendiri di rumah, dapat diolah sebagai tambahan pada nasi goreng, mie, capcay, sup, tumis sayuran, hingga dihidangkan sebagai menu utama seperti bakso bakar. Bakso tersebut pun terdiri dari beragam varian, mulai dari bakso sapi, bakso ayam, bakso ikan, bakso udang, sampai bakso telur.

Saat membeli bakso di pasar pilihlah bakso yang bersih, bentuk bulat halus, ukuran seragam, berwarna cokelat muda cerah (atau agak kemerahan yang merata), tak berlendir, tak berjamur, tak kusam, dan tak berbau tengik, asam, basi, ataupun busuk.

2. Sosis

5 Frozen Food Kaya Protein untuk Stok Ramadan, Bergizi Tinggi!tripadvisor.co.za

Daging olahan berbentuk panjang ini agaknya menjadi favorit banyak kalangan, nih. Sosis yang sudah diiris tipis-tipis dapat diolah sebagai tambahan untuk nasi goreng, tumis sayuran, hingga telur orak-arik. Citarasanya pun beraneka ragam, sesuaikan saja dengan selera. Selain itu, pastikan pula bahan pembuatan sosis tersebut adalah halal dikonsumsi untuk muslim, ya.

Baca Juga: Gak Usah Bingung, 6 Menu Ini Cocok untuk Sahur Pertama

3. Otak-otak

5 Frozen Food Kaya Protein untuk Stok Ramadan, Bergizi Tinggi!primarasa.co.id

Berbahan dasar dari ikan tenggiri, otak-otak dapat diolah dengan cara digoreng ataupun sebagai bahan campuran pada hidangan mie, tumisan sayuran, hingga disantap bersama nasi hangat. Apalagi jika sebelumnya dibungkus dengan daun pisang, aromanya tentu akan menjadi lebih menggugah selera.

4. Ayam ungkep

5 Frozen Food Kaya Protein untuk Stok Ramadan, Bergizi Tinggi!istalker.org

Belilah ayam mentah, lalu diungkep dengan bumbu kuning yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, serai, lengkuas, sampai kemiri. Masaklah hingga airnya menyusut dan bumbu kuning tersebut meresap ke dalam daging ayam.

Selanjutnya, simpanlah di dalam freezer. Ayam ungkep ini dapat bertahan hingga seminggu di dalamnya. Saat dihidangkan sebagai sajian, lengkapi pula dengan nasi dan sambal, serta lalapan sayur mentah seperti mentimun dan selada.

5. Nugget

5 Frozen Food Kaya Protein untuk Stok Ramadan, Bergizi Tinggi!cstay.com

Nugget dapat diolah dengan cara digoreng, lalu dihidangkan selagi hangat bersama nasi. Citarasanya yang gurih lagi renyah pun juga dapat disantap dengan cara dicocol dengan mayonnaise hingga sambal. Selain itu, kreasi bahannya pun beragam. Mulai dari ayam, ikan, tahu, tempe, ikan, jamur, hingga sayuran sehingga pas untuk anak-anak yang terbilang susah makan sayur.

Nah, tertarik mengolah frozen food tersebut sebagai menu sahur kelak, guys?

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, currently living in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You