Comscore Tracker

8 Langkah Sebelum Mengolah Kangkung Sebelum Dimasak, Pemula Wajib Tahu

Bukan sekadar dicuci dan ditumis ya

Beberapa orang terkadang enggan mengolah kangkung ke dalam menu masakan. Hal tersebut merupakan cikal bakal dari anggapan bahwa sayuran hijau yang satu ini merupakan media pengantar ulat ataupun cacing sebab lazimnya kangkung ditanam di pinggiran sawah.

Padahal, apabila kangkung dibersihkan dengan tepat, kangkung termasuk sayuran yang enak banget lho. Berikut cara mengolah kangkung sebelum dimasak. Pemula wajib tahu nih!

1. Sebaiknya, lekas gunakan kangkung yang kesegarannya masih prima

8 Langkah Sebelum Mengolah Kangkung Sebelum Dimasak, Pemula Wajib Tahurotinrice.com

Kangkung darat maupun kangkung air sebaiknya lekas diolah selagi kesegarannya masih baik. Misalnya saja ketika keseluruhan daunnya masih berwarna hijau (belum menguning) dan batangnya pun masih padat (belum lembek).

2. Cuci kangkung menggunakan air mengalir sambil menggosok batangnya perlahan

8 Langkah Sebelum Mengolah Kangkung Sebelum Dimasak, Pemula Wajib Tahufinlandforum.org

Cucilah kangkung di bawah air mengalir seperti air kran sambil menggosok-gosok perlahan pada bagian batang. Tujuannya, supaya serangga atau cacing yang sekiranya terdapat di sana dapat dikeluarkan. Selanjutnya, tiriskan kangkung tersebut.

3. Potong kangkung dengan ukuran yang pas, dan belah batangnya menjadi dua bagian

8 Langkah Sebelum Mengolah Kangkung Sebelum Dimasak, Pemula Wajib Tahuorientalproduce.com.au

Potonglah kangkung dengan ukuran yang pas. Dianjurkan pula untuk membelah batang kangkung menjadi dua bagian. Hal ini bertujuan agar daun dan batang pada kangkung dapat matang dengan durasi yang relatif sama. Selain itu, membelah batang kangkung agaknya juga membantu menyingkirkan ulat atau telur ulat pada kangkung.

Baca Juga: Tak Sulit Kok! Ini Resep Bikin Kangkung Belacan yang Renyah ala Yummy

4. Cuci kembali kangkung yang sudah dipotong tadi

8 Langkah Sebelum Mengolah Kangkung Sebelum Dimasak, Pemula Wajib Tahuculinarycornerkitchen.com

Selanjutnya, cuci kembali kangkung yang sudah dipotong tadi menggunakan air mengalir. Tujuannya, supaya sisa kotoran yang mungkin masih tersangkut pada kangkung dapat ikut mengalir dari air keran.

5. Rendam kangkung di dalam wadah berisi air garam selama 5-10 menit

8 Langkah Sebelum Mengolah Kangkung Sebelum Dimasak, Pemula Wajib Tahudrhealthbenefits.com

Rendam kangkung dalam wadah berisi air bersih yang dicampur 1-2 sdm garam. Biarkan selama 5-10 menit, lalu tiriskan. Hal ini dimaksudkan supaya serangga atau (telur) ulat dapat benar mati, dan kotoran yang sekiranya membandel pun dapat luruh. 

6. Alternatif selain garam yakni merendam kangkung dalam campuran air dan cuka

8 Langkah Sebelum Mengolah Kangkung Sebelum Dimasak, Pemula Wajib Tahuzliving.com

Alternatif lain selain garam yakni dengan menggunakan cuka. Masukkan kangkung ke dalam wadah berisi air bersih yang dicampur1-2 sdm cuka, biarkan sekitar 5-10 menit. Kemudian, tiriskan.

7. Cuci kembali kangkung dengan air mengalir

8 Langkah Sebelum Mengolah Kangkung Sebelum Dimasak, Pemula Wajib Tahuvermilionroots.com

Ini akan membuat aroma cuka ataupun garam dapat dilepaskan dari proses perendaman sebelumnya, serta lebih memastikan kotoran dan serangga/ulat sudah luruh dari kangkung tersebut. Alhasil, kangkung pun lebih siap untuk diolah ke dalam masakan.

8. Rebus sebentar, tiriskan, lalu masukkan ke dalam wadah berisi air es

8 Langkah Sebelum Mengolah Kangkung Sebelum Dimasak, Pemula Wajib Tahucommons.wikimedia.org

Merebus kangkung sesaat sebelum diolah bertujuan untuk lebih memastikan kangkung terbebas dari serangga/(telur) ulat. Tunggu hingga kangkung mulai tampak berubah warna dan layu. Kemudian, lekas tiriskan dan masukkan ke dalam wadah berisi air es supaya warna hijaunya tetap tampak segar dengan teksur yang renyah.

Wah, ternyata prosesnya lumayan panjang juga, ya.

Baca Juga: Biar Gak Bosan, Ini 5 Resep Kreasi Olahan Kangkung ala Rumahan!

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You