5 Manfaat Mengonsumsi Sup Kaldu Tulang, Sarat Nutrisi yang Baik

Mulai sekarang jangan sia-siakan tulang, deh.

Pernahkah kamu menikmati sup kaldu tulang? Banyak orang belum pernah menikmati semangkuk sup kaldu tulang yang gurih, meskipun hidangan pembuka ini sarat dengan nutrisi yang baik.

Ini sebenarnya adalah salah satu makanan paling mudah untuk disiapkan, dan telah dikonsumsi sejak dahulu kala, dibuktikan dengan diet yang dikonsumsi oleh suku-suku asli di seluruh dunia. Saat ini, kita tampaknya telah tersesat dalam konsumsi produk daging dan biasanya membuang tulang, padahal ini memiliki beberapa manfaat untuk meningkatkan kesehatan. Berikut adalah berbagai manfaat dari mengonsumsi kaldu tulang:

1. Meningkatkan kesehatan sendi

5 Manfaat Mengonsumsi Sup Kaldu Tulang, Sarat Nutrisi yang Baikgardavita.com

Kaldu tulang kemungkinan besar terkenal karena manfaatnya bagi kesehatan sendi, menjadi salah satu sumber kolagen terbaik dari semua makanan. Pada hewan, protein kolagen membentuk bagian yang sangat penting dari sistem struktural, yang berlimpah di jaringan tulang.

Ketika masih muda, kita mungkin tidak merasakan masalah sendi, tetapi seiring bertambahnya usia dan persendian kita mengalami keausan kumulatif, efek dari kerusakan mulai terjadi.

Meskipun kolagen itu sendiri tidak terlalu mudah dicerna, untungnya di bawah suhu tinggi, struktur tulang maupun jaringan ikat memecah dan membentuk gelatin, yang mudah dicerna serta dapat digunakan untuk sintesis kolagen sekali lagi ketika dikonsumsi. Konversi ini membutuhkan waktu agak lama, dan menjelaskan mengapa persiapan sup kaldu tulang berkualitas baik membutuhkan waktu.

2. Memperlambat proses penuaan alami

5 Manfaat Mengonsumsi Sup Kaldu Tulang, Sarat Nutrisi yang Baikinforrm.com

Tidak ada yang alami tentang cara kita menua saat ini, sebagian besar karena stres dan beban toksin tinggi yang kita alami setiap hari. Hasil dari ini adalah kerusakan sel yang dipercepat, membuat kita terlihat jauh lebih tua dari usia kronologis kita. Sebagai akibatnya, industri suplemen dan kecantikan menawarkan kepada kita produk-produk yang dapat membuat awet muda. Banyak dari produk ini mengandung bentuk kolagen, meskipun penyerapannya dipertanyakan pada awalnya.

Opsi yang unggul? Kaldu tulang tentu saja. Seperti yang disebutkan sebelumnya, proses ini mengurangi kolagen menjadi gelatin yang dapat diserap, dan spektrum asam amino yang baik meningkatkan produk hormon. Dalam hal ini hormon pertumbuhan yang merupakan zat anti-penuaan kuat yang ditawarkan tubuh kita. Selain itu, kaldu tulang juga mendukung kesehatan kulit, persendian, dan tulang kita.

3. Membantu pemulihan dari pilek

5 Manfaat Mengonsumsi Sup Kaldu Tulang, Sarat Nutrisi yang Baikstar2.com

Studi yang dilakukan menemukan bahwa sup kaldu tulang ayam membantu pemulihan lebih cepat dari pilek, membantu menghilangkan lendir dan membuat pernapasan menjadi lebih mudah. Karena pilek pada dasarnya adalah infeksi saluran pernapasan, mudah untuk melihat bagaimana sup membantu gejala-gejala ini. Belum lagi ketika sakit, kemungkinan besar kita tidak menginginkan banyak makanan, atau bahkan makanan padat. Maka sup kaldu tulang menjadi pilihan yang sempurna.

Baca Juga: 5 Resep Sup Lezat Pembakar Lemak, Bisa Dikonsumsi untuk Diet

4. Meningkatkan kesehatan usus

5 Manfaat Mengonsumsi Sup Kaldu Tulang, Sarat Nutrisi yang Baikfoodrevolution.org

Ada suatu kondisi yang dikenal sebagai sindrom usus bocor, ditandai dengan "bocornya" partikel makanan kecil yang tidak tercerna langsung ke dalam darah, melewati mekanisme keselamatan tubuh dan menimbulkan bahaya nyata bagi kesehatan kita.

Gelatin dalam kaldu tulang juga membantu memperkuat integritas dinding usus, serta mengurangi peradangan akibat intoleransi makanan. Ini juga membantu mendukung integritas lapisan di seluruh saluran pencernaan, termasuk usus besar. Kaldu tulang juga mendukung pertumbuhan bakteri probiotik yang sehat di seluruh sistem pencernaan.

5. Mendukung fungsi hati

5 Manfaat Mengonsumsi Sup Kaldu Tulang, Sarat Nutrisi yang Baikprohealth.com

Hati adalah organ terpenting untuk detoksifikasi dalam tubuh, diterima begitu saja karena ketahanannya. Kaldu tulang dapat membantu mengasuransikan hati kita, membantu proses detoksifikasi, membuat kapasitas anti-oksidan alami lebih efisien.

Ini juga mengurangi stres oksidatif pada organ ini, dan memasok asam amino yang diperlukan untuk menjaga sel-sel yang melapisi itu tetap sehat. Selain itu, kaldu tulang juga mendukung detoksifikasi, karena dapat meningkatkan pembuangan logam berat beracun yang mungkin terakumulasi dalam tubuh kita, berkat kemampuannya untuk mempromosikan ekskresi racun dalam jaringan berbasis lemak.

Kaldu tulang harus menjadi bagian penting dari diet, terlepas dari usia atau kesehatan kita saat ini. Berbagai manfaat yang penting dan berkat kemudahan dalam persiapannya, menjadikannya bukanlah sebuah alasan.

Baca Juga: Fakta Unik Kaldu Jamur, Pengganti Micin yang Tak Kalah Sedap

Rangga Dio Hayyunuski Photo Community Writer Rangga Dio Hayyunuski

Workhard, Playhard, Istirahard..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You