Comscore Tracker

6 Tips Etika ketika Fine Dining, Supaya Tidak Bingung dan Canggung

Perhatikan supaya pede saat ikutan fine dining

Fine dining terkenal dengan acara makan yang mewah dan berkelas. Pada acara fine dining restoran mengutamakan pelayanan kepada pelanggannya. Saat ini siapa pun dapat melakukan fine dining asal dapat mengikuti etika-etika yang diterapkan dan bersedia mengeluarkan budget lebih untuk makan.

Untuk kamu yang ingin mencoba fine dining tapi masih bingung karena banyak etika-etika yang harus diikuti, yuk simak tips etika untuk fine dining berikut!

1. Menjaga etika ketika makan

6 Tips Etika ketika Fine Dining, Supaya Tidak Bingung dan Canggungilustrasi fine dining (pexels.com/andreapiacquadio)

Selain harus berpakaian rapi dan sopan, ikuti juga aturan yang diterapkan masing-masing restoran saat mengikuti fine dining. Ketika di restoran untuk fine dining, kamu dapat langsung duduk di kursi yang telah disiapkan untukmu.

Duduklah dengan tenang, posisikan tubuh tegap rileks tidak kaku dan tidak menyender ke kursi, dan jangan melipat tangan di atas meja. Hal ini dimaksudkan agar terlihat santun dan elegan.

Kamu juga dapat memulai perbincangan seru dengan siapapun yang akan fine dining denganmu. Perlu diingat, bicaralah dengan sopan dan tidak bersuara terlalu keras.

Jika kamu ingin ke toilet, kamu tidak perlu mengatakan bahwa kamu ingin ke toilet. Kamu hanya perlu mengatakan "sebentar" dan langsung berdiri untuk pergi ke toilet. 

2. Silent handphone milikmu

6 Tips Etika ketika Fine Dining, Supaya Tidak Bingung dan CanggungFine dining (pexels.com/Jepgambardella)

Fine dining adalah acara makan yang menjaga privasi. Jadi untuk menjaga ketenangan dan privasi, kamu disarankan untuk silent smartphone-mu. Selain untuk menjaga ketenangan, kamu juga turut menjaga tata kramamu di depan partner fine dining-mu.

Tetapi jika kamu menerima telepon mendesak, kamu dapat meminta izin untuk menerima telepon dan mengangkatnya di tempat yang lebih privasi untuk mengangkat telepon.

3. Perhatikan peralatan makan yang telah disiapkan

6 Tips Etika ketika Fine Dining, Supaya Tidak Bingung dan Canggungilustrasi peralatan makan (pexels.com/matbrown)

Restoran fine dining selalu mempersiapkan peralatan makan sesuai kebutuhan pelanggan. Jangan kaget bila di atas meja terdapat banyak peralatan makan semisal sendok, garpu, gelas, dan pisau dengan berbagai macam ukuran. Semua peralatan tersebut disiapkan sesuai dengan hidangan yang kamu pesan.

Jika diasumsikan, kamu memesan 3 hidangan yang terdiri dari appetizer, main course, dan dessert. Server akan menyiapkan peralatan makan yang sesuai dengan masing-masing hidangan yang di pesan.

Untuk gelas biasanya server akan menyiapkan 4 gelas; 1 untuk air putih 3 untuk anggur. Jika kamu tidak minum anggur, kamu dapat meminta server untuk mengambil gelas untuk anggur tersebut.

Kamu tidak perlu bingung lagi memilih sendok, garpu, atau pisau mana yang harus digunakan ketika hidangan datang. Karena peralatan makan tersebut sudah disusun sesuai urutan hidanganmu. Kamu hanya tinggal memakainya dari sisi bagian luar tanganmu.

Baca Juga: Harga Gak Pernah Bohong, Ini 5 Restoran Fine Dining di Bandung

4. Menunggu semua hidangan siap

6 Tips Etika ketika Fine Dining, Supaya Tidak Bingung dan Canggungilustrasi fine dining (pexels.com/nicolemichalou)

Saat hidangan akan disajikan server, kamu dapat menggunakan serbet yang telah disiapkan, taruhlah serbet di atas pangkuanmu.

Selain itu, yang penting adalah jika hidanganmu lebih dulu disajikan di atas meja, kamu jangan langsung memakannya. Lihat apakah hidangan partner fine dining-mu juga sudah siap. Jika belum kamu harus menunggu sampai hidangannya datang juga.

Selain itu apabila ada hidangan yang dapat dibagi, kamu dapat menawarkannya ke yang lain dengan sopan.

5. Tidak mengambil makanan yang jauh sendirian

6 Tips Etika ketika Fine Dining, Supaya Tidak Bingung dan Canggungilustrasi membagi makanan (pexels.com/Nicolemichalou)

Saat makanan sudah siap, kamu dapat mulai makan dengan tenang dan berbincang-bincang ringan dengan partner-mu. Perlu diperhatikan untuk tidak membuka mulut lebar-lebar ketika makan.

Adakalanya, saat kamu ingin mengambil makanan yang jauh dari tempat duduk. Tips untuk hal ini adalah dengan meminta bantuan partner-mu yang dekat dengan makanan tersebut untuk mengambilkannya. Jadi kamu tidak perlu berdiri dan mengambil makanan itu sendiri.

6. Ketika selesai makan

6 Tips Etika ketika Fine Dining, Supaya Tidak Bingung dan Canggungilustrasi menyantap makanan (pexels.com/Tarynelliott)

Jika semua hidangan telah disajikan dan kamu juga sudah selesai, kamu dapat menaruh alat makanmu dengan merapatkannya dan menaruh dengan posisi arah jam 4. Hal itu, akan memberi tanda kepada server bahwa kamu sudah selesai dengan makanan mu.
 
Dan apabila kamu ingin meminta bill makananmu, kamu dapat mengangkat tangan setinggi bahu, sedikit kedipkan kedua matamu kepada server, dan ucapkan terima kasih.

Serta, jangan ragu mengucapkan terima kasih saat server menyajikan makanan, menjelaskan tentang makananmu atau menuangkan air untuk minum. Hal itu menunjukkan kamu menghargai orang lain dan mengapresiasi pelayanan yang diberikan.

Jadi, sudah siap untuk ikut fine dining?

Baca Juga: 7 Restoran Fine Dining di Bali, Bikin Momen Indahmu Tak Terlupakan

Rosaline 1 Photo Writer Rosaline 1

Mailrosemary1@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya