Comscore Tracker

5 Manfaat Sup Miso, Bisa Bikin Tubuh Putus Hubungan dengan Penyakit!

Dijadikan pula sebagai menu makanan rumah sakit di Jepang

Kuliner Jepang tidak hanya menyajikan makanan lezat saja, tapi juga memiliki nilai manfaat bagi tubuh. Mengonsumsi ikan segar atau sashimi, salah satu manfaatnya adalah dapat meningkatkan kesehatan otak 

Lalu, apa kabar dengan kuliner Jepang yang bernama sup miso? Terlihat sederhana, sup yang terbuat dari pasta fermentasi kedelai, tofu, daun chard, dan dashi, ini ternyata bisa bikin tubuh putus hubungan dengan penyakit lho!

Kira-kira, ada manfaat apa saja yang akan didapat ketika menikmati semangkuk sup miso? Yuk, kepoin lima manfaatnya berikut ini yang dikutip melalui laman Healthline.

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

5 Manfaat Sup Miso, Bisa Bikin Tubuh Putus Hubungan dengan Penyakit!thespruceeats.com

Bila kekebalan tubuh meningkat, dapat dipastikan lama-lama penyakit pun mulai menjauh dan memutuskan hubungan terlebih dahulu dengan tubuh. Memang, ada apa dengan sup miso?

Sup miso memiliki bahan pembuatan  yang mengandung unsur probiotik. Yang mana, probiotik dalam sup miso dapat membantu memperkuat flora  pada usus. Pada gilirannya, mampu meningkatkan kekebalan dan mengurangi pertumbuhan bakteri.

2. Menjaga kesehatan pencernaan

5 Manfaat Sup Miso, Bisa Bikin Tubuh Putus Hubungan dengan Penyakit!delish.com

Oryzae adalah strain probiotik utama yang ditemukan pada sup miso. Berdasarkan penelitian, probiotik yang terkandung pada racikan bumbu sup miso dapat membantu mengurangi gejala terkait dengan masalah pencernaan, termasuk juga penyakit radang usus.

Selain itu, bahan fermentasi pada sup miso  juga dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dengan mengurangi jumlah antinutrien dalam kedelai. Antinutrien sendiri ialah senyawa yang ditemukan secara alami dalam makanan seperti kacang kedelai dan biji-bijian.

Keberadaan antinutrien cukup mengganggu, karena dapat mengikat nutrisi dalam usus, dan mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerapnya. Karena itulah, semangkuk sup miso dapat menjaga kesehatan pencernaan.

Bagi kalian yang mudah terserang diare, sembelit, dan masalah seputar pencernaan lainnya, sup miso dapat membantu menuntaskannya.

3. Mengurangi risiko beberapa penyakit kanker

5 Manfaat Sup Miso, Bisa Bikin Tubuh Putus Hubungan dengan Penyakit!thespruceeats.com

Meski tidak semua kanker, hangatnya sup miso dapat mengurangi risiko beberapa penyakit kanker tertentu seperti kanker lambung, usus, paru-paru, dan payudara.

Meskipun kandungan garamnya tinggi, sup miso tampaknya tidak meningkatkan risiko kanker lambung seperti yang dilakukan oleh makanan tinggi garam lainnya.

Sebuah studi membandingkan sup miso dengan makanan yang mengandung garam, seperti ikan asin, daging olahan, dan acar. Hasilnya: ikan, daging, dan makanan acar dikaitkan dengan risiko kanker perut 24-27 persen lebih tinggi, sedangkan miso tidak terkait dengan peningkatan risiko.

Lagi-lagi, bumbu pada sup miso ikut andil dalam mengurangi risiko kanker karena kaya antioksidan yang dapat membantu menjaga sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Miso, Bumbu Masak Dari Kedelai Fermentasi Khas Jepang  

4. Meningkatkan kesehatan otak

5 Manfaat Sup Miso, Bisa Bikin Tubuh Putus Hubungan dengan Penyakit!irenamacri.com

Sama halnya dengan sashimi, ternyata sup miso dapat meningkatkan kesehatan otak. Pantas saja, ketika pusing melanda. Menyantap semangkuk sup miso, bisa memberi ketenangan dan mulai meredakan pusing.

Makanan kaya probiotik seperti miso dapat bermanfaat bagi kesehatan otak dengan membantu meningkatkan memori dan mengurangi gejala kecemasan, stres, depresi, autisme, dan gangguan obsesif-kompulsif (OCD).

Hal tersebut didukung pula dengan keberadaan kalsium dan vitamin B yang ditemukan dalam kedelai, terbukti mengurangi stres.

5. Baik untuk kesehatan kulit

5 Manfaat Sup Miso, Bisa Bikin Tubuh Putus Hubungan dengan Penyakit!foodnetwork.com

Di dalam sup miso terdapat kandungan vitamin F (asam linoleat). Vitamin F dapat menjaga kulit tubuh agar tetap lembut, kenyal dan awet muda, mengurangi peradangan dan pigmentasi, serta membantu melembabkan kulit.

Karena sup miso kaya antioksidan juga, tak heran permasalahan kulit lainnya seperti jerawat dan komedo, dapat diminimalisir dari dalam ketika kita menyantapnya.

Nah, itu tadi lima manfaat dari sup miso yang baik untuk kesehatan. Benar-benar bikin tubuh putus hubungan dengan penyakit, kan? Setelah makan daging atau seafood, tidak ada salahnya menikmati hangatnya semangkuk sup miso karena dapat membantu menurunkan kolesterol.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Miso, Bumbu Masak Dari Kedelai Fermentasi Khas Jepang  

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya