Comscore Tracker

5 Kuliner Asli Hulu Sungai Tengah yang Bikin Nambah Porsi, Yummy Abis!

Ya ampun bikin lapar aja! #IDNTimesFood

Hulu Sungai Tengah merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Kalimantan Selatan dengan Barabai sebagai pusat pemerintahan. Berjarak sekitar 165 kilometer dari Kota Banjarmasin, Hulu Sungai Tengah memang belum sepopuler daerah di Kalimantan lainnya.

Meski begitu, Kabupaten Hulu Sungai Tengah ini juga memiliki ragam kuliner khas yang kelezatannya dijamin bisa menggoyangkan lidah siapa saja yang mencobanya, lho. Mulai dari jajanan hingga menu kudapan dijamin bisa memberikan khasanah baru pada kekayaan kuliner Nusantara. 

Kira-kira apa saja ya hidangan yang wajib dicicipi? Yuk, cari tahu di bawah ini!

1. Balikuhai

5 Kuliner Asli Hulu Sungai Tengah yang Bikin Nambah Porsi, Yummy Abis!balikuhai (instagram.com/visitkalsel)

Jika diperhatikan, balikuhai sekilas memiliki tampilan mirip waffle. Untuk membuat kue balikuhai yang lezat kamu perlu menyiapkan bahan-bahan yang terdiri dari tepung beras, gula aren, dan rempah adas.

Oleh masyarakat setempat, kue yang sekarang keberadaannya langka ini biasanya disajikan di atas daun pisang.

2. Apam barabai

5 Kuliner Asli Hulu Sungai Tengah yang Bikin Nambah Porsi, Yummy Abis!apam barabai (instagram.com/barabai.banget)

Apam barabai merupakan kue basah khas Hulu Sungai Tengah yang sangat terkenal. Kepopuleran jajanan yang satu ini bahkan sampai membuat Hulu Sungai Tengah dijuluki sebagai kota apam, lho!

Apam barabai terbuat dari tepung beras, santan, gula merah atau gula putih, dan tape singkong. Terdapat dua jenis apam barabai yang bisa kamu cicipi. Jenis yang berwarna merah berarti menggunakan gula merah dan yang berwarna putih berarti menggunakan gula putih.

Baca Juga: 5 Kuliner Nasi Termaknyus di Kota Magelang, Bikin Perut Auto Kenyang!

3. Belibis goreng

5 Kuliner Asli Hulu Sungai Tengah yang Bikin Nambah Porsi, Yummy Abis!belibis goreng (instagram.com/irine.tjahjono)

Sesuai namanya, hidangan yang satu ini bahan dasarnya menggunakan belibis. Belibis merupakan salah satu jenis unggas yang sekilas mirip bebek.

Di kabupaten Hulu Sungai Tengah, belibis goreng merupakan kuliner khas yang banyak digemari. Cita rasanya gurih dengan tekstur daging yang lembut membuat siapa saja tak sabar untuk mencicipinya lagi dan lagi.

4. Pakasam

5 Kuliner Asli Hulu Sungai Tengah yang Bikin Nambah Porsi, Yummy Abis!pekasam (instagram.com/zila_norazila)

Pakasam atau yang disebut juga dengan nama pakasam mahang merupakan hidangan berupa olahan ikan air tawar yang difermentasikan menggunakan garam, ikan peram, dan campuran beras yang sudah digoreng sebelumnya.

Setelah mendapatkan proses fermentasi, pakasam harus didiamkan terlebih dahulu selama kurang lebih 5 hari. Ketika sudah siap disantap, pakasam bakal memberikan sensasi cita rasa yang unik dan sangat lezat bagi siapapun yang menikmatinya.

5. Kue lam

5 Kuliner Asli Hulu Sungai Tengah yang Bikin Nambah Porsi, Yummy Abis!kue lam (instagram.com/fass_snack)

Berasal dari resep turun-turun yang diwariskan oleh orang-orang Arab yang singgah dahulu, kue lam lantas menjadi jajanan yang ikut membangun jati diri masyarakat Hulu Sungai Tengah. Bentuk kue iam sekilas memang mirip seperti kue lapis legit.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue iam terdiri dari tepung terigu, telur bebek, gula pasir, santan, dan susu cokelat kental manis. 

Nah, itulah beberapa kuliner khas Hulu Sungai Tengah yang terkenal dengan cita rasa yang unik dan kelezatannya. Kalian jangan lupa coba ya saat mampir di kawasan ini!

Baca Juga: Kuliner Pulau Madura, 10 Restoran di Bangkalan yang Ciamik Pol!

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya