Comscore Tracker

6 Fakta Kue Cubit, Makanan yang Tetap Eksis Sejak Zaman Kolonial

Kue cubit gak lekang oleh zaman

Kue cubit adalah kue mungil berukuran kecil kira-kira 4 cm dengan bentuk bulat. Kue lucu satu ini adalah kue khas Jakarta yang berbahan dasar susu dan tepung terigu. Kue ini juga mudah dijumpai di berbagai tempat penjual kue, mulai dari penjual kaki lima hingga kafe.

Masuk dalam deretan kue lawas, faktanya, kue cubit selalu eksis hingga kini lho. Bahkan, kue cubit sekarang memiliki bermacam-macam rasa dan topping. Selain itu, bentuknya pun tidak selalu bulat akan tetapi memiliki bentuk lain yang gak kalah lucu dan unik.

Kue cubit memiliki rasa yang khas, enak dan manis. Tak hanya itu, aromanya pun harum menggugah selera. Dan, sangat enak dimakan ketika masih dalam keadaan hangat. Yuk simak deretan fakta kue cubit yang legendaris ini.

1. Kue lawas yang usianya lebih tua dari anak generasi 90-an

6 Fakta Kue Cubit, Makanan yang Tetap Eksis Sejak Zaman KolonialTokopedia.com/akila market

Kue cubit masuk dalam deretan kue lawas. Sudah ada sejak lama, kue cubit usianya lebih tua dari anak generasi 90-an lho. Uniknya, sekalipun masuk dalam kue lawas. Kue cubit justru menjadi salah satu kue favorit anak generasi millennials saat ini. 

2. Kue cubit warisan dari Belanda lho

6 Fakta Kue Cubit, Makanan yang Tetap Eksis Sejak Zaman KolonialTokopedia.com/culinary tastes99

Sudah ada sejak zaman penjajahan, kue cubit ternyata adalah kue khas Belanda yang diturunkan ke Indonesia. Kue mungil ini masih terus eksis di Indonesia dan selalu mendapatkan tempat di hati para penggemarnya hingga sekarang lho. 

3. Kenapa diberi nama kue cubit ya?

6 Fakta Kue Cubit, Makanan yang Tetap Eksis Sejak Zaman KolonialTokopedia.com/baidy bakery

Kue cubit memiliki nama yang aneh dan nyentrik sehingga mudah diingat oleh banyak orang. Kenapa harus kue cubit ya? Ya, filosofinya berasal dari proses memasak kue cubit yang dimasukkan ke dalam cetakan-cetakan kecil, ditunggu beberapa menit untuk proses pematangan. Dan pedagang kue akan mencubit kue-kue tersebut menggunakan penjepit kue. Nah, dari situ lah kue tersebut diberi nama kue cubit. Unik ya?

Baca Juga: Resep Membuat Kue Cubit Taro ala Yummy dalam Lima Langkah Mudah

4. Semakin banyak variasi rasa, topping dan bentuknya

6 Fakta Kue Cubit, Makanan yang Tetap Eksis Sejak Zaman KolonialTokopedia.com/Kue Cubit Cubiten

Masuk dalam deretan kue lawas. Kue cubit tidak mau kalah dengan kue-kue kekinian saat ini. Kue cubit adalah kue lawas yang gak pernah mati gaya, karena selalu ada variasi baru baik dari rasa, topping dan bentuknya. Jadi, tak sekadar rasa original akan tetapi juga ada rasa greentea, Nutella, KitKat, cokelat, strawberry dan lain-lain.

Variasi topping pun bermacam-macam tak hanya cokelat dan keju tapi juga ada variasi lainnya seperti oreo hingga buah-buahan. Sehingga rasanya yang enak dan bentuknya yang lucu menambah daya tarik bagi para penggemarnya. Gak heran jika kue cubit masih terus eksis hingga sekarang, ya. 

5. Kue cubit paling enak dimakan pas lagi hangat-hangatnya

6 Fakta Kue Cubit, Makanan yang Tetap Eksis Sejak Zaman KolonialTokopedia.com/Cubity Hits

Menikmati kue cubit, paling enak dimasak setengah matang dan dimakan saat masih hangat-hangatnya. Karena ada rasa khas yang keluar dari kue cubit tersebut. Rasa yummy dengan sensasi unik dan tekstur yang lembut ditambah lelehan topping yang memperkaya cita rasa kue.

6. Jangan membiarkan kue cubit lama-lama. Rasa enaknya bisa berubah jadi berbahaya buat kesehatan kamu

6 Fakta Kue Cubit, Makanan yang Tetap Eksis Sejak Zaman KolonialTokopedia.com/Katrina Epicerie

Disarankan menikmati kue dalam keadaan hangat dan menghindari membiarkan kue cubit lama-lama jika dimasak setengah matang. Karena selain rasanya yang menurun, mengonsumsi kue cubit dengan cara yang tidak tepat, serta dibiarkan lebih dari 4 jam dapat membahayakan kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan komposisi telur dan tepung terigu di dalamnya.

Kue cubit yang dimasak setengah matang dengan kandungan telur di dalamnya membuat bakteri salmonella dalam telur ayam membuatmu mual-mual dan diare. Serta kandungan karbohidrat dalam tepung terigu yang cepat rusak ketika dimasak setengah matang dapat menimbulkan penyakit.

Penyakit yang ditimbulkannya pun berbeda-beda tiap orang, tergantung daya tahan tubuh. Jadi, disarankan masaklah kue cubit dengan kematangan yang pas jika tak ingin segera memakannya.

Apakah kamu penggemar kue cubit sudah mengetahui fakta menarik di atas? Meski jadul kue cubit akan tetap jadi makanan idola, gak kalah dengan yang modern.

Baca Juga: Resep Praktis Kue Cubit Tanpa Mixer, Nikmat dan Anti Bantat

Susi Yanti Nurraini Photo Verified Writer Susi Yanti Nurraini

Keep shining, keep inspiring! engineer, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You