Comscore Tracker

Di Balik Rasa Pahitnya, Kunyit Punya 6 Manfaat Dahsyat Ini Lho!

Yang sering galau, baca poin nomor 5 ya

Kalian pasti sudah sering mendengar nama kunyit atau kencur. Tapi, sepertinya tak banyak yang tahu kalau salah satu bumbu kari ini bisa menyembuhkan beragam penyakit.

Ya, bubuk kunyit bisa jadi bumbu paling sehat di bumi, lho. Diproses dengan cara menggiling akar kering tanaman yang biasa disebut curcuma longa, kunyit telah dijadikan obat penyembuh selama berabad-abad.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, komunitas ilmiah telah mulai menunjukkan ketertarikan pada potensi manfaat kesehatan dari akar kunyit. Dan memang, rempah-rempah ini terbukti secara ilmiah menyehatkan tubuh kita.

Dari berbagai manfaat ajaibnya, ini enam khasiat paling dahsyat ketika kita mengonsumsi kunyit:

1. Penyembuh luka

Di Balik Rasa Pahitnya, Kunyit Punya 6 Manfaat Dahsyat Ini Lho!wikimedia.org

Sejumlah penelitian telah mendokumentasikan sifat antiinflamasi dan antiarthritis yang kuat dari bubuk kunyit. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Arthritis and Rheumatism edisi November 2006, tiga kurkuminoid utama dalam kunyit bertanggung jawab atas efek anti-arthritisnya. Artinya, lukamu  bakal cepat sembuh kalau mengonsumsi jamu kunyit.

2. Penangkal alzheimer

Di Balik Rasa Pahitnya, Kunyit Punya 6 Manfaat Dahsyat Ini Lho!organicfacts.net

Penyakit yang identik dengan orang tua ini pada dasarnya bisa ditangkal menggunakan kunyit. Sebuah studi dalam jurnal Stem Cell Research & Therapy, September 2014, menjelaskan kunyit mengandung Aromatik (ar-) turmerone. Senyawa bioaktif ini dapat menumbuhkan sel induk saraf.

Dengan kata lain, kunyit mampu melindungi kita dari alzheimer, serta mengembalikan kerusakan yang dilakukan penyakit tersebut dengan menumbuhkan kembali sel-sel di otak.

3. Penyembuh gatal-gatal

Di Balik Rasa Pahitnya, Kunyit Punya 6 Manfaat Dahsyat Ini Lho!wikimedia.org

Kurkumin, senyawa aktif utama dalam bubuk akar kunyit, telah dilaporkan menghambat pelepasan histamin dari sel yang sering bikin gatal-gatal dan alergi. Praktis, kunyit pas banget bagi penderita eksim.

Baca juga: 5 Jamu Enak yang Ampuh Bikin Kamu Kurus, Berani Coba?

4. Melawan asma

Di Balik Rasa Pahitnya, Kunyit Punya 6 Manfaat Dahsyat Ini Lho!wikimedia.org

Histamin juga dikenal dapat meningkatkan peradangan dan menyebabkan penyempitan otot polos pada beberapa orang dengan asma. Oleh karena itu, tak heran jika kunyit dianggap sebagai salah satu makanan terbaik untuk melawan asma.

5. Obat antidepresi alami

Di Balik Rasa Pahitnya, Kunyit Punya 6 Manfaat Dahsyat Ini Lho!wikiayurveda.com

Menurut sebuah studi yang dilakukan Sanmukhani bersama timnya 2014 lalu, kurkumin sama efektifnya dengan antidepresan. Dalam sebuah percobaan terkontrol, 60 pasien diacak menjadi tiga kelompok.

Satu kelompok mengonsumsi prozac, obat yang digunakan untuk mengatasi beberapa gangguan psikologi, seperti depresi. Kelompok lain mengonsumsi satu gram curcumin, sementara kelompok ketiga mengambil prozac dan curcumin.

Setelah 6 minggu, curcumin membawa hasil yang serupa dengan prozac. Kelompok ketiga yang mengonsumsi kombinasi prozac dan curcumin mendapat hasil terbaik dibanding dua kelompok lainnya.

6. Pembunuh kanker

Di Balik Rasa Pahitnya, Kunyit Punya 6 Manfaat Dahsyat Ini Lho!pixabay.com

Last but not least, kamu juga harus tahu bahwa curcumin yang terkandung di kunyit ternyata merupakan senyawa yang paling garang berhadapan dengan sel kanker.

Di beberapa kasus disebutkan bahwa sel kanker bakal melunak secara bertahap. Bahkan di kasus langka, terdapat pula myoma yang sembuh karena konsumsi rutin jamu kunyit.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Duwet, Si Hitam yang Kaya Akan Manfaat

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya