Comscore Tracker

5 Tips Mengolah Daging Entog Agar Empuk & Tidak Amis

Gak kalah enak ternyata

Untuk olahan panganan dari unggas, kita mungkin lebih mengenal ayam dan bebek sebagai hewan unggas yang umum dikonsumsi. Namun ternyata, salah satu kerabat dekat dari bebek yaitu entog juga tak kalah enak ketika diolah menjadi sebuah hidangan. Meski begitu, untuk mengolah daging entog memang diperlukan sedikit usaha ekstra karena teksturnya yang terbilang keras dan alot dan juga sedikit berbau amis.

Namun tak usah khawatir, rasa daging entog yang lezat tetap bisa kamu rasakan ketika kamu mengolahnya dengan benar, dan berikut ini 5 tips yang bisa kamu gunakan untuk membuat olahan daging entog yang empuk dan tidak berbau amis.

1. Gunakan teknik slow cooking

5 Tips Mengolah Daging Entog Agar Empuk & Tidak Amistheburningkitchen.com

Tips pertama yang bisa kamu coba adalah, gunakan lah teknik slow cooking ketika merebus daging entog sebelum diolah. Caranya adalah masukan daging entog kedalam air rebusan saat air masih dalam keadaan dingin dan belum mendidih, sehingga pemanasan air nantinya akan seiring dan bersamaan dengan pemanasan daging entog itu sendiri, ini membuat pemanasan terjadi secara merata dan masuk hingga ke area daging paling dalam, dan membuat daging entog menjadi lebih empuk. Perebusan daging entog dilakukan selama 2-3 jam untuk hasil maksimal.

2. Rebus dengan berbagai jenis rempah

5 Tips Mengolah Daging Entog Agar Empuk & Tidak Amiscekpremi.com

Selain dagingnya yang keras dan alot, kendala lain yang harus diperhatikan saat mengilah daging entog adalah bau amisnya yang cukup menyengat. Untuk meminimalisir gangguan ini, saat perebusan kamu bisa menambahkan berbagai rempah rempah sehingga bau amis dapat hilang sekaligus daging menjadi empuk. Kamu bisa coba tambahkan daun salam, jahe, serai atau daun jeruk sebagai penambah aroma untuk olahan daging entog.

3. Balurkan lemon atau jeruk nipis

5 Tips Mengolah Daging Entog Agar Empuk & Tidak Amisxn--c1angiajbchka6h.xn

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi bau amis pada daging entog yaitu dengan cara membalurkan air perasan jeruk lemon ataupun jeruk nipis pada seluruh bagian daging sebelum daging direbus atau diolah. Ini akan membantu membuat bau amis pada daging entog berkurang saat nanti dimasak. Atau jika kebetulan kamu sedang tidak meiliki lemon ataupun jeruk nipis, cuka juga bisa digunakan sebagai penggantinya untuk dibalurkan pada daging entog yang akan diolah.

Baca Juga: 5 Manfaat Daging Burung Unta, Hidangan Khas Berbuka di Pakistan

4. Diamkan semalam

5 Tips Mengolah Daging Entog Agar Empuk & Tidak Amisfoodmayhem.com

Tips lain yang bisa kamu coba untuk mengurangi rasa alot pada daging entog adalah mendiamkan daging entog yang telah direbus selama satu malam.Kamu bisa simpan daging entog yang telah direbus di dalam kulkas ataupun menyimpannya pada wadah atau panci yang tertutup rapat. Usahakan daging entog yang dismpan telah dibaluri dengan bumbu sehingga keesokan harinya tinggal digoreng saja.

5. Jangan goreng terlalu lama

5 Tips Mengolah Daging Entog Agar Empuk & Tidak Amisgimmesomeoven.com

Salah satu kunci penting untuk membuat daging entog goreng yang tidak alot adalah dengan tidak terlalu lama menggoreng daging. Penggorengan cukup dilakukan sampai kulit terlihat kecoklatan dan segera angkat dari penggorengan. Karena jika terlalu lama menggoreng daging entog akan jadi terlalu kering dan menjadi keras. Gunakan juga minyak yang banyak dan mampu menutup keseluruhan bagian daging.

Baca Juga: 7 Kuliner Khas Afrika Selatan Serba Daging yang Menggiurkan Lidah

Vini Krisdiani Photo Community Writer Vini Krisdiani

just write it !

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You