Comscore Tracker

Sering Dianggap Sama, Ini 6 Perbedaan Bawang Daun dan Bawang Prei

Ternyata kedua bawang ini cukup berbeda, lho

Bawang daun dan bawang prei merupakan bahan makanan yang sangat mirip dari segi warna dan bentuk. Kedua bawang ini bisa dapat menambah cita rasa makanan menjadi lebih nikmat.

Masih satu keluarga tumbuhan, bawang daun dapat menghasilkan umbi bawang merah, sedangkan bawang prei menghasilkan umbi bawang putih. Kedua bawang daun ini memiliki perbedaan dari segi fungsi, ukuran, aroma, dan harga.

Meskipun keduanya dapat digunakan sebagai bahan makanan, rasa kedua bawang ini berbeda, lho. Berikut perbedaan bawang daun dan bawang prei yang perlu kamu ketahui, supaya gak salah memanfaatkannya saat memasak. Simak, ya!

1. Ukuran keduanya berbeda

Sering Dianggap Sama, Ini 6 Perbedaan Bawang Daun dan Bawang PreiIlustrasi bawang daun (Pixabay.com/congerdesign)

Perbedaan yang cukup mencolok dari kedua jenis bawang ini adalah ukurannya yang berbeda. Bawang daun berukuran lebih kecil dibandingkan bawang prei yang ukurannya cukup besar.

Selain itu, bentuk daun dan batang kedua jenis bawang ini cukup berbeda. Seluruh perbedaan bawang daun dan bawang prei tersebut bisa bisa terlihat jelas saat kamu ingin membelinya di pasaran.

2. Rasanya berbeda

Sering Dianggap Sama, Ini 6 Perbedaan Bawang Daun dan Bawang PreiIlustrasi bawang daun (Pixabay.com/manfredritcher)

Rasa bawang daun dan bawang prei juga cukup berbeda, lho. Bawang daun rasanya manis di bagian batangnya dan daunnya hambar. Sedangkan, bawang prei rasa manisnya lebih pekat, mulai dari daun hingga batangnya. 

Bawang prei seringkali digunakan sebagai penambah cita rasa dalam tumisan atau makanan berkuah. Bawang daun lebih sering digunakan sebagai taburan makanan yang sudah matang.

3. Aroma cukup berbeda

Sering Dianggap Sama, Ini 6 Perbedaan Bawang Daun dan Bawang PreiIlustrasi bawang daun (Pixabay.com/bazinga1k980)

Sebagai hiasan atau pelengkap makanan, aroma bawang daun cukup kuat. Aroma yang dihasilkan juga cukup wangi. Biasanya ditambahkan pada bubur ayam, sayur, dan makanan berkuah lainnya.

Nah, untuk bawang prei, bawang ini tidak memiliki aroma yang tidak menyengat serta tidak mudah layu. Oleh karena itu, bawang ini sering digunakan sebagai campuran masakan agar lebih sedap.

Baca Juga: Resep Membuat Sambal Daun Bawang, Aromanya Sedap dan Enak Banget

4. Kegunaan bawang cukup berbeda

Sering Dianggap Sama, Ini 6 Perbedaan Bawang Daun dan Bawang PreiIlustrasi bawang prei (Pixabay.com/congerdesign)

Teksturnya yang tidak mudah layu dan rasanya cukup manis membuat bawang prei sering digunakan sebagai bahan makanan. Bawang ini dapat menambah cita rasa dan bentuknya yang tidak mudah gosong.

Bawang prei ini seringkali bisa kamu temukan dalam olahan sup, soto, dan tumisan sayur lainnya. Sedangkan, tekstur daun bawang mudah gosong, sehingga hanya digunakan sebagai garnish atau hiasan dalam masakan yang sudah matang.

5. Satu famili, berbeda nama

Sering Dianggap Sama, Ini 6 Perbedaan Bawang Daun dan Bawang PreiIlustrasi bawang (Pexels.com/Couler)

Bawang prei memiliki nama allium ampeloprasum yang dapat menghasilkan umbi bawang putih. Bawang ini biasa disebut juga dengan leek dalam bahasa Inggris.

Sedangkan daun bawang memiliki nama allium fistulosum yang dapat menghasilkan umbi bawang merah. Dalam Bahasa Inggris, bawang daun ini sering kali disebut scallion atau spring onion.

6. Harga cukup berbeda

Sering Dianggap Sama, Ini 6 Perbedaan Bawang Daun dan Bawang PreiIlustrasi bawang daun (Pexels.com/Toa Heftiba Sinca)

Dari segi harga, bawang daun dan bawang prei memiliki kisaran harga yang cukup berbeda. Bawang prei harganya lebih mahal daripada bawang daun.

Bawang prei bisa kamu beli dengan harga Rp18 ribu untuk ukuran 500 gram. Untuk bawang daun, kamu bisa mendapatkan harga Rp12 ribu untuk ukuran 500 gram.

Setelah mengetahui perbedaan bawang daun dan bawang prei, kini kamu bisa mengolah makanan dengan jenis bawang yang tepat untuk menghasilkan makanan yang lezat.

Baca Juga: 5 Tips Memasak Kue Bawang yang Renyah dan Gurih, Caranya Mudah Kok!

yummy-banner

Topic:

  • Pinka Wima
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya