Comscore Tracker

Resep Perkedel Kentang Daging, Cara Membuatnya Sangat Mudah dan Simpel

Bisa jadi lauk yang lezat!

Perkedel kentang memang menjadi salah satu lauk makan yang disukai oleh sebagian besar orang. Cita rasanya yang gurih serta nikmat, membuat perkedel kentang menjadi menu favorit dimeja makan. Olahan perkedel kentang bisa dibuat menjadi beberapa varian. Seperti perkedel kentang daging misalnya.

Nah, buat kamu yang tertarik untuk mencobanya, yuk simak resep berikut ini, ya!

Caranya sangat mudah dan simpel, lho.

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan 

Resep Perkedel Kentang Daging, Cara Membuatnya Sangat Mudah dan Simpelkentang (Pixabay.com/PublicDomainPictures)

Bahan-bahan:

  • 500 gram kentang
  • 50 gram daging sapi
  • 1 butir telur
  • 2 batang daun seledri

Bahan bumbu halus:

  • 3 siung bawang putih
  • 6 butir bawang merah
  • Gula pasir secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Merica secukupnya
  • Kaldu bubuk secukupnya 

2. Kupas dan potong kentang sesuai selera, kemudian goreng 

Resep Perkedel Kentang Daging, Cara Membuatnya Sangat Mudah dan Simpelilustrasi mengupas kentang (Pixabay.com/ArtisticCaptures)

Langkah pertama yaitu siapkan semua bahan, kemudian kupas kentang dan potong menjadi beberapa bagian. Goreng kentang hingga matang, lalu angkat dan tiriskan.

Selanjutnya, iris tipis bawang putih dan bawang merah, lalu goreng hingga kering, dan tiriskan. Masukkan semua bahan bumbu halus ke dalam cobek, lalu ulek bersama kentang yang sudah digoreng.

3. Campurkan daging cincang dengan bahan bumbu halus 

Resep Perkedel Kentang Daging, Cara Membuatnya Sangat Mudah dan Simpelilustrasi mencampurkan bahan perkedel kentang daging (instagram.com/citra_haries)

Baca Juga: Resep Perkedel Kentang Empuk, Pakai Bumbu Ini Lebih Enak dan Wangi!

Berikutnya cincang 50 gram daging sapi, lalu campurkan bersama bahan bumbu yang sudah dihaluskan. Tambahkan daun seledri, lalu aduk hingga tercampur rata.

Selanjutnya ceplok 1 butir telur, kemudian ambil bagian kuningnya saja. Campurkan dengan bahan sebelumnya, lalu aduk dan diamkan selama 5 menit. 

4. Bentuk bulatan dan goreng adonan perkedel 

Resep Perkedel Kentang Daging, Cara Membuatnya Sangat Mudah dan Simpelmembentuk bulatan pada adonan (instagram.com/citra_haries)

Langkah berikutnya, ambil adonan dan bentuk menjadi bulatan-bulatan sambil dipadatkan. Lakukan hingga semua bahan habis.

Panaskan minyak secukupnya, lalu celupkan adonan perkedel ke dalam putih telur. Goreng dengan api kecil hingga matang, angkat dan tiriskan.

5. Sajikan perkedel kentang daging untuk lauk makan 

Resep Perkedel Kentang Daging, Cara Membuatnya Sangat Mudah dan Simpelilustrasi perkedel kentang daging (Pixabay.com/AmalliaEka)

Baca Juga: Resep Perkedel Kentang ala Rumah Makan Padang, Gurihnya Menggoda

Siapkan piring saji, lalu letakkan perkedel diatasnya. Sajikan untuk lauk makanan atau bisa juga dijadikan cemilan dengan cocolan saus sambal. Dijamin makan makin nikmat, deh.

Tips agar perkedel tidak terlalu banyak mengandung minyak, yakni saat menggoreng cukup dibalik sekali saja. Pastinya jadi makin sehat, kan? Tunggu apalagi, yuk buruan coba!

Gilang Khuatul Akhmal Photo Verified Writer Gilang Khuatul Akhmal

IG: @gilang_ka24

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya