Comscore Tracker

Biar Gak Keliru, Ini 5 Cara Bedakan Madu Murni dan Madu Palsu

#MasakItuGampang: Kamu harus jeli dan teliti nih sebelum membeli

Selama ini mungkin kita masih sering keliru dan bingung tentang bagaimana cara membedakan madu asli atau palsu. Sebab di zaman serba modern ini semua terasa mungkin untuk dilakukan termasuk dengan memalsukan madu dengan mencampur bahan lain kedalamnya seperti air dan gula. 

Jika ternyata madu yang selama ini kita konsumsi palsu atau hasil campuran maka efeknya bisa sangat berbahaya. Bukannya sehat karena mendapat khasiatnya justru kita malah terancam terserang berbagai penyakit nih gara-gara ulah nakal oknum yang tidak bertanggung jawab.

Biar gak salah lagi, yuk simak 5 cara untuk membuktikan apakah madu yang kalian konsumsi asli atau palsu. 

1. Melihat warna madu

Biar Gak Keliru, Ini 5 Cara Bedakan Madu Murni dan Madu Palsushopify.com

Cara yang paling mudah untuk melihat apakah madu tersebut asli atau tidak adalah dengan melihat warnanya. Madu asli memiliki warna yang keruh akibat sisa serbuk sari atau sangkar madu yang tersisa saat proses pengambilan. Berbeda halnya dengan madu campuran yang terlihat lebih bersih dan bening sebab telah dicampur dengan air dan gula.

2. Membakar madu

Biar Gak Keliru, Ini 5 Cara Bedakan Madu Murni dan Madu Palsuchateaurouge.uk

Mungkin uji coba yang satu ini sedikit berbahaya karena untuk mengetahuinya kita menggunakan korek kayu yang dilumuri madu. Korek kayu ini kemudian digesekkan (dinyalakan) seperti biasa, jika korek tersebut berhasil menyala meskipun dilumuri madu, maka madu tersebut asli. Jika korek tidak bisa menyala maka madu tersebut tidak murni dan terdapat bahan campuran di dalamnya. 

3. Meneteskan madu di atas kertas

Biar Gak Keliru, Ini 5 Cara Bedakan Madu Murni dan Madu Palsucheerios.com

Madu murni memiliki kekentalan yang cukup pekat dan tidak mengandung air. Jadi cara yang bisa membuktikan madu itu asli atau tidak adalah dengan menguji kadar air yang tersimpan di dalamnya. 

Kita bisa menggunakan kertas sebagai alat bantu penguji madu, caranya dengan mengambil selembar kertas dan meneteskan 3-5 tetes madu ke atasnya. Tunggu dan diamkan sekitar 5 menit, bila setelah 5 menit kertas tidak basah maka madu tersebut murni. Bila hal sebaliknya terjadi, kertas basah bahkan hingga berlubang artinya madu tersebut tidak asli sebab mengandung air. 

4. Menyimpan madu dalam freezer

Biar Gak Keliru, Ini 5 Cara Bedakan Madu Murni dan Madu Palsusplendidtable.org

Jika 3 cara di atas masih belum meyakinkan kalian, maka cara keempat yang bisa dicoba dengan mengambil satu sendok madu yang dimasukkan kedalam freezer. Hal ini bermaksud menguji ketahanan madu terhadap suhu dingin, sebab madu asli tidak akan terpengaruh dengan suhu sedingin apapun.

Jika dalam waktu 30 menit madu yang berada dalam freezer membeku, tandanya madu itu palsu/tidak murni. Sebaliknya jika madu tetap berada dalam tekstur dan konsitensinya maka madu tersebut asli. 

5. Memasukkan madu ke dalam air

Biar Gak Keliru, Ini 5 Cara Bedakan Madu Murni dan Madu Palsulecremedelacrumb.com

Cara terakhir untuk menguji keaslian madu yang kalian miliki adalah dengan mengujinya dengan air. Caranya masukkan satu sendok makan madu kedalam segelas air. Perhatikan reaksi yang terjadi, jika madu larut dengan air maka dipastikan madu itu tidak asli sebab mengandung air. Namun jika madu tetap pada konsistensinya dengan berada secara terpisah dengan air layaknya air dan minyak, berarti madu tersebut asli alias murni. 

Itu dia 5 cara untuk mendeteksi mana madu murni dan madu campuran/palsu. Kalau kalian sendiri udah pernah cara yang nomor berapa nih?

alys Photo Verified Writer alys

find your passion&love to life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya