Comscore Tracker

Gak Hanya untuk Sayur, 5 Kue dari Olahan Daun Katuk

Cocok buat kamu yang gak suka makan sayur

Daun katuk menjadi andalan para ibu yang menyusui untuk mendukung kualitas ASI-nya. Umumnya daun katuk hanya dijadikan sebagai sayuran, baik diolah sebagai sayur bening maupun diolah dengan kuah santan. Tapi buat kamu yang kurang suka dengan sayur yang satu ini, kamu bisa mengolahnya menjadi aneka hidangan. 

Warna hijau pada daun katuk mampu membuat tampilan kue yang menggiurkan lidah dan juga sehat. Berikut lima kue yang bisa kamu olah menggunakan daun katuk.

1. Bolu daun katuk

Gak Hanya untuk Sayur, 5 Kue dari Olahan Daun Katukoetker.com.my

Jika selama ini pandan sering dijadikan andalan untuk membuat warna hijau yang memikat pada bolu, kini kamu bisa menggunakan daun katuk. Pilih daun katuk yang baru dipetik dan masih segar agar teksturnya mudah menyatu dengan adonan.

Kukus daun katuk kemudian blender hingga halus. Buat adonan margarin, gula dan putih telur. Mixer tepung terigu dan baking powder hingga membentuk adonan. Masukkan cairan daun katuk dan susu hingga kalis. Panggang dengan suhu 160 derajat hingga 40 menit. 

2. Kue kipo

Gak Hanya untuk Sayur, 5 Kue dari Olahan Daun KatukInstagram.com/rimasyamlan

Warga Yogyakarta pasti gak asing lagi dengan kuliner yang satu. Kue kipo jadi kue tradisional asal Kotagede yang masih bertahan hingga saat ini. Paduan tepung ketan dan daun katuk menjadi kuliner yang baru dan enak. 

Campurkan tepung ketan, santan dan daun katuk yang sudah dihaluskan. Bentuk adonan dengan bentuk lonjong. Agar rasanya legit, masukkan kelapa dengan gula jawa yang telah diberi garam untuk bahan isian. Kukus dengan waktu kurang lebih 60 menit.

3. Risol daun katuk

Gak Hanya untuk Sayur, 5 Kue dari Olahan Daun KatukInstagram.com/mamanta.snackbox

Risol daun katuk bisa jadi alternatif risol sayur yang sehat dan lezat. Kuliner yang biasanya berwarna kuning keemasan ini bisa diubah menjadi kue hijau yang nikmat.

Cukup siapkan kulit risol yang siap saji dan larutkan dalam daun katuk yang telah dihaluskan. Siapkan isi risol yang serba hijau, seperti selada agar warnanya senada. Goreng dengan tepung panir dengan minyak yang tak terlalu panas. 

Baca Juga: 5 Manfaat Sehat Daun Katuk, Bagus untuk Ibu Menyusui 

4. Kue cubit daun katuk

Gak Hanya untuk Sayur, 5 Kue dari Olahan Daun KatukInstagram.com/meongculinary

Ringan dan rasanya yang pas di lidah membuat kue cubit masih digemari dari generasi terdahulu hingga anak masa kini. Kamu bisa membuat kue cubit sendiri di rumah dengan bahan daun katuk dan bahan lainnya yang murah. 

Siapkan tepung terigu, margarin, putih telur, dan soda kue menjadi satu. Masukkan ekstrak daun katuk hingga berwarna hijau alami. Masukkan ke dalam cetakan yang sudah diberi minyak agar tidak lengket. Angkat jika sudah berbentuk sempurna.

5. Cookies

Gak Hanya untuk Sayur, 5 Kue dari Olahan Daun Katukbakingoffthehook.com

Salah satu kudapan yang banyak digemari banyak orang, siapa sangka jika daun katuk juga bisa diolah menjadi bahan cookies. Siapkan tepung terigu, putih telur, margarin dan daun katuk yang telah diambil sari patinya. Aduk hingga kalis. Bentuk sesuai selera dan panggang dalam oven dengan suhu 120 derajat dengan durasi waktu 60 menit. 

Bagaimana, tertarik untuk mencoba kreasi kue di atas menggunakan daun katuk? Pastikan daun katuk yang diolah masih segar agar rasanya menyatu dengan bahan adonan di dalamnya, ya!

Baca Juga: Gak Cuma untuk ASI, 8 Manfaat Lain Daun Katuk Ini Baik untuk Pria

Akbar Photo Community Writer Akbar

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You